Penggunaan Big Data Untuk Menganalisis Tingkat Keberhasilan Siswa Menempuh Mata Kuliah

Penulis

  • Lydia Liliana Universitas Bunda Mulia
  • Delly Vera Universitas Bunda Mulia
  • Adam Surya Wijaya Universitas Bunda Mulia
  • Devi Yurisca Bernanda Universitas Bunda Mulia

Kata Kunci:

Analisa Big Data, Analisa Pembelajaran, Analisa Akademik, Analisa Proses

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat tentunya menyebabkan data yang terdapat di insitusi pendidikan semakin meningkat. Hal ini akhirnya menimbulkan inovasi baru dalam dunia pendidikan yaitu dengan kemunculan Big Data. Nilai dari Big Data itu sendiri terletak pada hasil analisa dan peramalan atau perbuatan yang berasal dari hasil analisa dan peramalan tersebut. Dalam jurnal ini, akan dijelaskan mengenai usulan penggunaan Analisa Big Data untuk menganalisa tingkat keberhasilan siswa dalam menempuh mata kuliah, yang terdiri atas analisa pembelajaran, analisa akademik dan analisa proses. Pengolahan data-data dalam penelitian ini juga menggunakan tools Power OLAP dengan memasukkan data nilai siswa. Dengan pemanfaatan Analisa Big Data, maka dapat diperoleh wawasan mengenai tingkat keberhasilan siswa sehingga mendukung analisa peramalan dan meningkatkan decision making berdasarkan data-data yang ada dan dapat membantu meningkatkan kinerja keberhasilan siswa dan institusi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lydia Liliana, Universitas Bunda Mulia

Sistem Informasi

Delly Vera, Universitas Bunda Mulia

Sistem Informasi

Adam Surya Wijaya, Universitas Bunda Mulia

Sistem Informasi

Devi Yurisca Bernanda, Universitas Bunda Mulia

Sistem Informasi

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Liliana, L., Vera, D., Wijaya, A. S., & Bernanda, D. Y. (2019). Penggunaan Big Data Untuk Menganalisis Tingkat Keberhasilan Siswa Menempuh Mata Kuliah. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 4, I77-I82. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/4208