Pembuatan Mapping FloorMenggunakan Engine Game Unity dan Barcode

Penulis

  • Imaduddin Abdurrahim Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Estu Sinduningrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Kata Kunci:

Mapping floor, Unity, Barcode dan Engine Game

Abstrak

Peta ruangan dan penanda jalan sangat penting untuk memberitahu lokasi dan tempat yang  ingin dituju. Penanda jalan sudah hamper tersebar dimana mana.  Namun permasalahannya ialah tidak semua tempat memiliki peta ruangan, khususnya di Fakultas Teknik UHAMKA, di tiap lantai tidak terdapat peta ruangan yang menunjukan letak ruangan. Dengan adanya mapping  floor berbasis barcode, mahasiswa ataupun bukan mahasiswa hanya tinggal menscan barcode untuk mencari ruangan dan info ruangan. Barcode mapping ini dibuat dengan mekanisme sederhana untuk memudahkan pengguna mengakses dan mengunduh map offline dengan format PNG yang sudah dibuat dengan tanda lokasi pada saat melakukan scan. Lalu aplikasi mapping  floor dapat memberikan simulasi pemetaan ruangan secara per lantai sehingga pengguna dapat melihat view dengan 360 derajat. Aplikasi tersebut di buat dengan menggunakan engine unity. Pengimplementasian aplikasi dan barcode dilakukan di Gedung Fakultas Teknik UHAMKA. Data yang ditampilkan di dalam barcode berupa nama ruangan, kapasitas ruangan dan keterangan detail ruangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Imaduddin Abdurrahim, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Estu Sinduningrum, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Atiqah Meutia Hilda, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

Referensi

D. Fritsch and M. Kada, "Visualisation using game engines,” Arch. ISPRS, vol. 35, p. B5, 2004.

"Unity - Game engine, tools and multiplatform.” [Online]. Available: http://unity3d.com/unity. [Accessed: 8-Feb 2018].

Siltanen, Sanni. "Theory and application of marker-based augmented reality”. VTT Science3.Espoo:Finland. 2012

Unduhan

Diterbitkan

2019-01-10

Cara Mengutip

Abdurrahim, I., Sinduningrum, E., & Hilda, A. M. (2019). Pembuatan Mapping FloorMenggunakan Engine Game Unity dan Barcode. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3, I17-I21. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2895

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2