Transformasi User Interface Website OLU Mobile Apps: Optimalisasi UI/UX Berbasis Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.22236/teknoka.v9i1.17848Kata Kunci:
Transformasi, UI/UX, Pemikiran DesainAbstrak
Penelitian ini berfokus pada transformasi website pembelajaran daring Online Learning Uhamka (OLU) menjadi aplikasi mobile untuk mengatasi kendala aksesibilitas dan tampilan yang sering dikeluhkan pengguna di perangkat mobile. Melalui penerapan metode Design Thinking yang mencakup tahapan empati, perumusan masalah, ideasi, pengembangan prototipe, dan pengujian, penelitian ini berupaya merancang aplikasi yang responsif dan ramah pengguna. Solusi UI/UX yang dikembangkan didasarkan pada analisis kebutuhan pengguna, sehingga aplikasi dapat digunakan dengan nyaman di perangkat Android dan iOS. Dengan menyediakan fitur-fitur utama, seperti pengumpulan tugas, absensi, dan akses materi, aplikasi ini diharapkan dapat memperbaiki keterbatasan pada versi website dan memberikan dampak positif terhadap efektivitas dan pengalaman belajar pengguna dalam konteks pembelajaran daring.
Unduhan
Referensi
I. B. Karo Sekali, C. E. J. C. Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 53–64, Sep. 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.
N. Alam, F. Ariani, K. Rizal, U. Bina, S. Informatika, and U. N. Mandiri, “Penggunaan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Rainbow Kids,” Journal Computer Science, vol. 2, no. 1, 2023.
M. Raschintasofi and H. Yani, “Perancangan UI UX Aplikasi Learning Management System Berbasis Mobile dan Website Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.unama.ac.id/index.php/jms
F. Fujiawati, S. Ulfa, and H. Praherdhiono, “Pendekatan Design Thinking Dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile ‘Teater Tradisional Indonesia,’” CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media, vol. 2, no. 1, pp. 23–28, Mar. 2023, doi: 10.37802/candrarupa.v2i1.303.
R. S. Kurnia and B. Pujiarti, “Perancangan User Interface dan User Experience Adaptive Mobile Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 3, no. 4, pp. 430–437, Sep. 2022, doi: 10.47065/josyc.v3i4.2085.
A. Sekti Aji, N. Rahadyan Budiono, D. Ratnasari, and R. Hajar Puji Sejati, “Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Konsultasi Karir,” vol. 6, 2023.
N. Alam, F. Ariani, K. Rizal, U. Bina, S. Informatika, and U. N. Mandiri, “Penggunaan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Rainbow Kids,” Journal Computer Science, vol. 2, no. 1, 2023.
F. Candra Wardana and I. Gusti Lanang Putra Eka Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” JEISBI, vol. 03, p. 2022.
I. Adhiya Adha et al., “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, 2023.
N. Hamidli, “Introduction to UI/UX Design: Key Concepts and Principles,” 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.