Perancangan UI/UX Aplikasi Audio Autonomous Sensoric Meridian Responses (ASMR) Untuk Penderita Insomnia Dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.22236/teknoka.v9i1.17751Kata Kunci:
Insomnia, ASMR, Design Thinking, System Usability Scale (SUS)Abstrak
Teknologi informasi telah meluas ke berbagai sektor kesehatan. Adanya keterbukaan peluang untuk menangani permasalahan mengatasi berbagai masalah melalui penggunaan sistem berbasis mobile. Salah satunya dengan dibuatnya aplikasi untuk mengatasi insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX Audio Autonomous Sensoric Meridian Responses (ASMR) untuk mengatasi insomnia yang optimal dengan menerapkan metode Design Thinking, dimana terdapat 5 langkah yaitu, empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara psikolog, diskusi psikolog dan metode interview kepada 6 responden untuk menggali permasalahan pengguna. Hasil pengujian usability testing menggunakan maze.co menunjukkan nilai report sebesar 93 dengan 6 responden, sedangkan melalui kuesioner didapatkan nilai 85 grade A dengan 10 pertanyaan System Usability Scale (SUS). Dari kedua metode pengujian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa desain prototype aplikasi Hoamz telah memenuhi kebutuhan pengguna.
Unduhan
Referensi
J. Tristianingsih and S. Handayani, “Determinan Kualitas Tidur Mahasiswa Kampus A di Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka,” Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.47034/ppk.v3i2.5275.
R. P. Sahri and M. T. D. Hasibuan, “Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa,” Jurnal Penelitian Perawat Profesional, vol. 5, no. 2, 2023, doi: 10.37287/jppp.v5i2.1459.
M. Sheth and H. Thomas, “Managing Sleep Deprivation in Older Adults A Role for Occupational Therapy,” OT Practice, vol. 24, no. 3, 2019.
S. Purwanto, N. Nur, R. Anganti, and S. Aminy, “Karakteristik gangguan tidur pada usia produktif dan usia pertengahan di Kota Surakarta,” Univeristy Research Colloqulum (URECOL), 2019.
R. Idayati, L. Sufani, and D. A. Syahputra, “Effect of watching autonomous sensory meridian response (AMR) video to heart rate, blood pressure and respiratory rate in students of architectural engineering, universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia,” Bali Medical Journal, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.15562/bmj.v10i2.2338.
D. A. Nur Wulandari, S. Sunarti, and T. Kuspriyono, “Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema,” Jurnal Infortech, vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.31294/infortech.v5i1.15376.
A. Rachman and J. Sutopo, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN UI/UX: TINJAUAN LITERATUR,” SemanTIK : Teknik Informasi, vol. 9, no. 2, 2023, doi: 10.55679/semantik.v9i2.45878.
R. Alamsyah, I. M. Nugroho, and S. Alam, “REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Ilmiah Betrik, vol. 13, no. 2, 2022, doi: 10.36050/betrik.v13i2.506.
A. M. Denasfi and E. G. Wahyuni, “Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling ‘ANGLO’ dengan Metode Design Thinking,” Journal.Uii.Ac.Id, 2020.
S. Soedewi, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN WEBSITE UMKM KIRIHUCI,” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 10, no. 02, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
P. Aprilia, “Mengenal User Interface: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya,” 2020.
Y. S. Jamilah and A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 9, no. 1, 2022.
C. Bisset Delgado, “User experience (UX) in metaverse: realities and challenges,” Metaverse Basic and Applied Research, vol. 1, 2022, doi: 10.56294/mr20229.
S.-A. Park and H. Su Lim, “The Effect of ASMR on Anxiety, Stress, Sleep quality in University Students,” The Journal of the Convergence on Culture Technology (JCCT), vol. 8, no. 2, 2022.
Miftachul Huda, “Mengatasi Insomnia Secara Alami,” in Mengatasi Insomnia Secara Alami, vol. 1, 2020.
Kementerian Kesehatan RI, “Yuks… Mengenal Gangguan Tidur,” Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan, 2022.
A. P. Maharani, “Aroma Terapi Lavender untuk Mengatasi Insomnia pada Remaja,” Jurnal Penelitian Perawat Profesional, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.37287/jppp.v3i1.372.
D. Aryani, P. M. Akhirianto, F. Husnah, and P. Setiawati, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Desain User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Website Education Marketplace,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 6, no. 2, 2021.
H. Dubberly and P. Pangaro, “How Might We Help Designers Understand Systems?,” She Ji, vol. 9, no. 2, 2023, doi: 10.1016/j.sheji.2023.05.003.
S. E. Harianto, “REPRESENTASI KEBUTUHAN PENGGUNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER PERSONA,” Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), vol. 0, no. 6, 2021.
W. A. Kusuma, N. D. Wulansari, and M. I. Fakhriansyah, “Elisitasi Kebutuhan Perangkat Lunak Dengan Metode User Persona Dalam Upaya Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), vol. 0, no. 6, 2021.
M. Telaumbanua, “5 Tahap Design Thinking menurut Stanford (d.school),” medium.com.
C. Browne, “What are User Flows in User Experience (UX) Design,” Careerfoundry. Retrieved March, vol. 20, 2021.
Gartner, “GUI (Graphical User Interface),” Information Technology Gartner, no. 9, 2023.
C. Hass, “A Practical Guide to Usability Testing,” in Consumer Informatics and Digital Health: Solutions for Health and Health Care, 2019. doi: 10.1007/978-3-319-96906-0_6.
T. Will, “System usability scale (SUS),” Iron and Steel Technology, vol. 15, no. 8, 2018.
U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.
V. P. Sabandar and H. B. Santoso, “Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing,” Teknika, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.34148/teknika.v7i1.81.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.