Perancangan User Interface (UI) Aplikasi Kuis Anak Usia Dini Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design

Penulis

  • Alvinus Yodi Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya
  • Yosefina Finsensia Riti Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

Kata Kunci:

User Interface (UI), Android, Pendidikan, User-Cantered Desing, User Interface (UI), Android, Education, User-Cantered Desing

Abstrak

Dalam penelitian ini, tujuan utama adalah merancang antarmuka pengguna (UI) inovatif untuk aplikasi kuis berbasis Android yang ditujukan kepada anak-anak usia dini dalam konteks pendidikan. Pendekatan metode User-Cantered Design menjadi landasan dalam seluruh proses perancangan, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna, eksplorasi ide-ide kreatif, dan pengembangan prototipe yang memenuhi harapan mereka. Hasil desain mencakup elemen-elemen khusus yang dirancang untuk mendukung pembelajaran anak-anak, termasuk permainan kuis yang edukatif, tampilan visual yang menarik, dan pengalaman pengguna yang intuitif. Melalui serangkaian tahapan, termasuk identifikasi masalah, pemahaman pengguna, pembuatan persona, brainstorming ide, pembuatan prototipe, dan uji coba dengan anak-anak usia dini sebagai pengguna, penelitian ini berhasil mencapai desain UI yang menarik dan interaktif. Data dari kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan skor 74 terhadap desain UI yang mencerminkan evaluasi positif terhadap antarmuka pengguna. Ini mengindikasikan keberhasilan desain dalam meningkatkan pengalaman belajar anak-anak usia dini. Hasil ini dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan aplikasi kuis pendidikan yang lebih efektif dan menarik bagi anak-anak usia dini, dengan fokus pada pengalaman pengguna yang mendidik dan intuitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Alvinus Yodi, Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

Referensi

Maghfiroh and D. Shofia Suryana, “Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 05, no. 01, p. 1561, 2021.

W. Eka Jayanti, M. Eva, and N. Fahriza, “Game Edukasi ‘Kids Learning’ Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” KOPERTIP J. Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 98–104, 2018, doi: 10.32485/kopertip. v2i2.56.

A. P. Widiasih and S. Yunita, “Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini,” Ceria J. Progr. Stud. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 10, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.31000/ceria. v10i1.4831.

S. Ulfa, “Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini,” Medcomtech, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016, [Online]. Available:http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783.

M. Z. Aziz, F. Fauziah, and N. Nurhayati, “Rekomendasi User Interface Game Edukasi untuk Anak Usia Dini (4-6 tahun) Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24014/coreit. v6i1.8623.

N. Afyuni, D. Junaedi, and V. Effendy, “Pemodelan User Interface pada Aplikasi Penjadwalan Mandiri untuk Melatih Perkembangan Kognitif Anak Menggunakan Goal-Directed Design,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 1, pp. 1606–1614, 2018.

L. Setiyani, “Desain Sistem: Use Case Diagram Pendahuluan,” Pros. Semin. Nas. Inov. Adopsi Teknol. 2021, no. September, pp. 246–260, 2021, [Online]. Available:

H. N. Putra, S. Kom, and M. Kom, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” vol. 2, no. April 2018, 2019.

A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.

M. S. Rejeki and A. Tarmuji, “Membangun aplikasi autogenerate script ke Flowchart untuk mendukung business process Reengineering,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 448–456, 2013.

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” J. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, vol. 2, no. 1, pp. 49–53, 2019.

L. A. Kusumaningrum, F. M. Dewanto, and A. T. jaka Harjanta, “Rancang Bangun Aplikasi Doremi sebagai Pengenalan Alat Musik Berbasis Android dengan Metode User Centered Design,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, p. 13, 2020, doi: 10.36499/jinrpl. v2i1.2771.

W. Gata, “Grace Gata 2) 1) Fakultas Teknologi Informatika, STMIK Nusa Mandiri Jl. Kramat Raya No.25 Jakarta, 10450 2) Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi,” Bit, vol. 10, no. 1, p. 12260, 2013.

A. R. Saifullah, R. M. Putri, and A. A. S. Wibowo, "Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Anak Usia Dini Berbasis Android," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JPTIK), vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2023.

J. Brooke, "SUS: A quick and dirty usability scale," in Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, New York, NY, USA, 1996, pp. 434-439.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Alvinus Yodi, & Yosefina Finsensia Riti. (2023). Perancangan User Interface (UI) Aplikasi Kuis Anak Usia Dini Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 8, 132–141. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/14338