Penerapan Sistem Informasi Penerimaan Beasiswa KIP Kuliah Dengan Implementasi Simple Additive Weighting (SAW) : Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Kata Kunci:
Simple Additive Weighting (SAW), Seleksi beasiswa KIP-Kuliah, Efisiensi,Akurasi, Simple Additive Weighting (SAW), KIP-Kuliah scholarship selection, Efficiency, AccuracyAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam seleksi penerimaan beasiswa KIP Kuliah di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Proses permasalahan saat ini mengalami keterlambatan dan ketidakakuratan, mendorong perlunya Sistem Pendukung Keputusan untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi. Dengan kriteria yang disesuaikan dengan kebijakan UHAMKA. Tujuan penelitian ini meningkatkan ketepatan dan mengurangi waktu seleksi. Metode SAW digunakan untuk memberikan bobot pada setiap alternatif dan metode ini dapat membantu proses penyeleksian lebih akurat. Dengan metode ini menghasilkan perangkingan penerima beasiswa KIP Kuliah secara efisien. Hasil pengujian yang dilakukan dengan black box testing menunjukkan bahwa implementasi SAW dapat efisien dan efektif. pengujian berdasarkan pada 2 contoh kasus uji tersebut diperoleh bahwa metode SAW Hasil akurasi metode SAW pada kasus 1 adalah 100%, pada kasus 2 adalah 78% sehingga dapat digunakan dalam menentukan calon penerima beasiswa di UHAMKA dan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan mahasiswa serta citra institusi
Unduhan
Referensi
Abd Rahman BP Dkk. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2 No 1. (2022)
Clemencia Cosentino,Fortson Jane,Liuzzi Sarah, Can scholarships provide equitable access to high-quality university education? Evidence from the Mastercard Foundation Scholars Program, ElSEVIER.,Volume 71,102089 (2019).
Wahyuni Eka Sari,2021. Perbandingan Metode SAW dan Topsis pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa,Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), Volume 10, Nomor 01, PP 52 - 58.
Lubis, D. I., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, Vol 5, No 1, pp 15-24.
Novriansyah, D., 2014, Konsep Data Mining Vs SistemPendukungKeputusan, Ed 1, Deepublish, Yogyakarta.
Fishburn, P. C., A Problem-based selection of multi-attribute decision making methods, Blackwell Publishing, 1967.
Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.
Marinu Waruwu, 2023. Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Volume 7Nomor 1Tahun 2023.
Risnita, 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Vol. 1 No. 2 (2023): Tahun 2023 .
Gounder, S. (2012). jilid 3 -Research methodology and research questions. Research Methodology and Research Method, maret 2012, 84–193.
Risdianto, tahun 2020. Arsitektur Sistem Kecerdasan Pengambilan Keputusan Di Sekolah. Ilkomnika: Journal Of Computer Science And Applied Informatics, 2(3), 288–298.
Rahman Maulana, 2023. Implementasi Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Web dengan Pendekatan Metode Waterfall. Vol. 1 No. 1 (2023): JRIIN : Jurnal Riset Informatika
Hayuningtyas, Tahun 2023. Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus SDN Tegalangus). Informatics and Computer Engineering Journal, 3(1), 1-7.
R. M., Zen, Tahun (2023). Implementasi Sistem Informasi E-Library Berbasis Web Pada Perpustakaan SMAN 1 Binjai. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 275-282.
Florensia, Tahun 2023. SistemPendukung Keputusan Penentuan Jurusan Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol. 17,.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.