Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Pemesanan Jasa Sablon Pakaian
Kata Kunci:
e-commerce, pakaian jadi, pakaian sablon, sistem informasiAbstrak
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Setiap
orang dapat membeli pakaian untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Bisnis penjualan pakaian jadi
(ready-to-wear) telah membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Selain bisnis pakaian jadi, bisnis
pakaian sablon diminati karena dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih spesifik, baik dalam hal
desain, warna, ukuran, dan kuantitas. Proses pemesanan pakaian sablon pada umumnya dilakukan melalui
dua cara, yaitu; customer datang langsung ke toko, dan customer melakukan pemesanan melalui WhatsApp.
Pemesanan yang dilakukan dengan cara datang ke toko menjadi kurang efisien, karena customer harus
meluangkan waktunya dengan datang ke toko secara langsung untuk melakukan pembelian. Pemesanan yang
dilakukan melalui WhatsApp memiliki kendala untuk penjual, yaitu ketika chat dari customer yang masuk
terlalu banyak sehingga menyebabkan kesulitan untuk melakukan pencatatan pesanan yang masuk. Sistem
usulan dirancang menggunakan metodologi pengembangan sistem waterfall dan dikembangkan
menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter. Pemodelan sistem pada penelitian
ini menggunakan use case diagram, activity diagram, class diagram dan entity relationship diagram. Hasil
akhir dari penelitian yang telah dilakukan adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk
menunjang serta mempermudah transaksi penjualan dan pembelian pakaian sablon jadi (ready-to-wear) dan
pakaian sablon custom.
Unduhan
Referensi
E.S.Soegoto, “The Effect of EntrepreneurshipBased Curriculum on Higher Education Institution Towards Non-Economic Student
Entrepreneurial Interest”, econosains, vol. 16, no. 1, pp. 9 - 22, Apr, 2018.
Kosasi, Sandy, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar,” Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF), Vol. 1, Universitas Muria Kudus, pp. 225-232, 2014.
D. S. Soegoto dan C. Cica, “Design of Webbased Sales Information System on Fashion Shop in Bandung, Indonesia,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 407, p. 012023, 2018.
S. Tangchaiburana dan K. W. Techametheekul, “Development model of web design element for clothing e-commerce based on the concept of mass customization,” Kasetsart Journal of Social Sciences, vol. 38, no. 3, pp. 242–250, 2017.
G. Nusantara, "Panduan praktis cetak sablon". Jakarta: Kawan Pustaka, 2007.
Sahid, Nur, "Sistem Informasi Pemesanan Jasa Sablon Clove Order Information System Screen Printing Service Clove", 2009.
Shintia, Dienna, "Eksplorasi Teknik Sablon Pada Produk Ready to Wear dengan Inspirasi Lukisan Jackson Pollock", 2017.
W. Moody, P. Kinderman, P. Sinha, and K.-S. You, “Identifying the Causal Relationships of Appearance Management through an Analysis of Ones Own Clothing and Wearing Experiences over a 10-day Period,” Journal of the Korean
Society of Clothing and Textiles, vol. 33, no. 6, pp. 841–852, 2009.
T. H. Cham, C. K. Y. Ng, Y. M. Lim, and B. L. Cheng, “Factors influencing clothing interest and purchase intention: a study of Generation Y consumers in Malaysia,” The International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, vol. 28, no. 2, pp. 174–189, 2017.
Laudon, Kenneth dan Laudon Jane, “Management Information System”. Pearson Education, United States, 2010.
Wakoya, Abdeta & Takele, Yitbarek, "The Effect of Mass Customization on Competitive Strategy". Journal of Management Policies and Practices, 2015.
M. V. D. Velden and C. Mörtberg, “Participatory DesignDesign participatory and Design for Values,” Handbook of Ethics,
Values, and Technological Design, pp. 41–66, 2015.
A. Dennis, B.H. Wixom and D. Tegarden, “System Analysis & Design: An Object-Oriented Approach with UML,” 5 ed., Wiley, 2015.
Sommerville, Ian, “Software Engineering”. 9th Edition. America: Pearson Education, Inc, 2011.
Tuunainen, Virpi & Rossi, Matti, "Ebusiness In Apparel Retailing Industry - Critical Issues". 1596-1606, 2002.
Wail, D & Sfenrianto, Sfenrianto, “Analysis of customer satisfaction level on ecommerce web fashion product”. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. 96. 4439-4447, 2018.
Sulistyanto H, Azhari Sn, “Urgensi Pengujian pada Kemajemukan Perangkat Lunak dalam Multi Perspektif”, KomuniTi, Vol. VI, No.1, Publikasi Ilmiah UMS, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.