Implementasi E-Swimming Course Pada Usman Harun Sport Center
Kata Kunci:
Renang 1, Sistem Informasi 2, Pelayanan Kursus 3Abstrak
Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini dapat memudahkan seseorang dalam
melakukan aktivitasnya salah satunya dalam berenang. Renang merupakan salah satu pilihan olahraga
yang biasanya dilakukan oleh seseorang sebagai hobi, pelajaran dan terapi bagi seseorang yang memiliki
keterbatasan fisik. Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi dewasa ini sangatlah penting, misalnya
informasi mengenai pelayanan kursus renang di Kolam Renang Usman Harun Sport Center. Sistem
pelayanan kursus renang di GOR Usman Harun masih menggunakan sistem manual, mulai dari
pendaftaran anggota baru, proses transaksi, penjadwalan mahasiswa hingga pembuatan laporan. Hal ini
dapat menyebabkan kesalahan yang dapat terjadi pada layanan kursus karena ketidakstabilan waktu
anggota yang dapat berubah sewaktu-waktu dan memungkinkan data untuk dihapus atau tidak disimpan
dengan baik. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka solusi dari permasalahan tersebut
adalah dengan membuat sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan internet dan website yaitu
dengan merancang suatu sistem, dimulai dari pembuatan UML (Unified Modeling Language) dan ERD
(Entity Relationship Diagram). Sehingga suatu kegiatan dalam sistem komputerisasi dapat tercapai secara
efektif dan efisien serta dapat lebih kondusif dibandingkan dengan sistem sebelumnya.
Unduhan
Referensi
A. Prastio, “PROFIL LAMONGAN SPORTS CENTER ( LSC ) Ditinjau dari Segi Managemen, Fasilitas dan Pelayanan,” Profil
Lamongan Sport. Cent. Ditinjau dari Segi Manag. Fasilitas dan Pelayanan, vol. 2, pp. 1–9, 2014.
S. & D. W. Y. K. Hengki Fernando, “Manajemen Program Pembinaan Olahraga Renang Pada Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Sumatera Selatan,” J. Phys. Educ. Sport., vol. 7, no. 1, pp. 55–59, 2018.
D. Sukmawati and S. Hartoto, “Penerapan Pemebelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas,” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 03, no. 2, pp. 366–370, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-jasmani/issue/archive.
N. Nugroho, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta),” J. Paradig. Univ. Islam Batik Surakarta, vol. 12, no. 02, p. 115570, 2015.
H. Dermawan, “IMPLEMENTASI MODEL WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN NILAI MATA PELAJARAN BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR ALAZHAR SYIFA BUDI JATIBENING,”Paradigma, vol. 19, no. 2, p. 142, 2017, doi:
1093/nq/s5-VII.159.37-a.
Paryanta, Sutariyani, and S. Desi, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan,” IJSE Indones. J. Softw. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 77–81, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/download/2980/1929.
D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” Indones. J.Netw. Secur., vol. 3, no. 4, pp. 57–64, 2014.
I. Ramadhan and H. Sastramihardja, “Pemanfaatan Web Crawler Dalam Mengumpulkan Informasi Melalui Internet,”Konf. Nas. Sist. Inf. 2018, pp. 8–9, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.