Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Terhadap Pemilihan Wisata Halal

  • Popy Meilina Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yana Adharani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ardiansyah Dores Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Mencari strategi yang jitu untuk menarik wisatawan merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha pariwisata. Melihat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, membuat pelaku usaha wisata mengadakan sebuah perjalanan wisata halal. Namun perlu pula mengetahui faktor-faktor wisatawan memilih destinasi tujuan wisata sehingga pelaku wisata dapat membuat perencanaan perjalanan yang membuat wisatawan memilih mereka. Sehingga untuk mendukung penelitian ini, maka telah disebar angket ke 67 calon wisatawan yang isinya terdiri dari profil responden, kondisi pasar, baur pemasaran yang terdiri atas : produk yang ditawarkan, harga, lokasi travel, promosi yang dilakukan, karyawan, program yang ditawarkan, dan kerjasama.  Angket diolah dengan SPSS, berdasarkan uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa responden memberikan hasil positif terhadap 27 variabel yang diajukan dengan angka Cronbach’s Alpha sebesar 0.841 dan nilai KMO 0.725.

Author Biographies

Popy Meilina, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Department of Informatic Engineering Faculty of Engineering
Yana Adharani, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Department of Informatic Engineering Faculty of Engineering
Ardiansyah Dores, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Department of Informatic Engineering Faculty of Engineering

References

(2017, Desember 26). Retrieved from Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh: http://disbudpar.acehprov.go.id/sekilas-tentang-wisata-halal/

Morrison, A. F. (2010). Hospitality & Travel Marketing. In 2010. Delmar Cengage Learning.

Pitana, I. G., & Diarta, I. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Yogyakarta.

Syakhala, A. R., Puspitaningrum, D., & Purwandari, E. P. (2015, November). Perbandingan Metode Principle Component Anlysis (PCA) Dengan Metode Hidden Markov Model (HMM) Dalam Pengenalan Identitas Seseorang Melalui Wajah. Jurnal Rekursif, Volume 3 No 2.

Yusendra, M. E. (2015, Januari). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Magister Managemen Volume 1 No 1.
Published
2018-12-26
How to Cite
MEILINA, Popy; ADHARANI, Yana; DORES, Ardiansyah. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Terhadap Pemilihan Wisata Halal. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 3, p. I6-I12, dec. 2018. ISSN 2580-6408. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2834>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2834.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.