Rancang BangunGameEdukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII
Keywords:
Game Edukasi, Pelajaran Bahasa Sunda, Game Development Life CycleAbstract
Bahasa Sunda merupakan salah satu mata pelajaran di SDN Jatiwaringin XII. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan terhadap pelajaran bahasa Sunda karena kebanyakan dari mereka merupakan pendatang, selain itu penyampaian materi yang dilakukan secara daring juga merupakan salah satu penyebabnya. Untuk membantu siswa mempelajari bahasa Sunda, makadibuatlah game edukasi bahasa Sunda yang dapat mudah dimainkan dan dipahami. Dalam game ini siswa mendapatkan materi bahasa Sunda dan diberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya. Pembuatan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan menggunakan scratch. Penelitian ini menghasilkan game edukasi bahasa Sunda yang dapat diakses secara langsung melalui website. Dari pengujian, didapatkan bahwa sebesar 92,5% dari 7 responden sangat setuju game ini mudah dimainkan dan dipahami.
Downloads
References
P. Ui, U. X. Dan, E. Game, S. I. Asep,
and N. Di, “1 , 2 , 3 .,” vol. 6, no. 2, pp.
–4282, 2020.
A. Febriandirza, F. Irwiensyah, F. N.
Hasan, and P. Indriyanti, “Pelatihan
Pemanfaatan Digital Marketing dan
Manajemen Kewirausahaan bagi
Pelaku UMKM dengan menggunakan
Aplikasi Google My Business,” J.
SOLMA, vol. 10, no. 10, pp. 224–231,
, [Online]. Available:
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/
solma/article/view/6514.
W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19
terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J.
Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,
, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
R. A. Krisdiawan, “Implementasi
Model Pengembangan Sistem Gdlc
Dan Algoritma Linear Congruential
Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa
Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018,
[Online]. Available:
https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilk
om/article/view/1634/1211.
E. Nurhayati, “Meningkatkan
Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran
Daring Melalui Media Game Edukasi
Quiziz pada Masa Pencegahan
Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy,
vol. 7, no. 3, p. 145, 2020, doi:
33394/jp.v7i3.2645.
Y. Effendi, “Rancangan Aplikasi Game
Edukasi Berbasis Mobile
Menggunakan App Inventor,” J. IntraTech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.
A. I. Kusuma et al., “PEMBUATAN
ASSET GAME EDUKASI BAHASA
SUNDA ‘ SI ASEP NYASAB DI
LABIRIN ’ BERBASIS ANDROID,”
vol. 6, no. 2, pp. 4257–4264, 2020.
S. Aula, H. Ahmadian, and B. Abdul
Majid, “Analisa Dan Perancangan
Game Edukasi Student Adventure 2D
Pada Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya,”
Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol.
, no. 1, p. 21, 2020, doi:
22373/cj.v4i1.7132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.