Main Article Content

Abstract

Background: Keterampilan guru SD Negeri Bulurokeng dalam mengimplementasikan TIK sebagai tools pembelajaran masih kurang. Beberapa guru belum mahir dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi komputer, sehingga media pembelajaran yang disajikan di kelas masih monoton. Oleh sebab itu perlu diselenggarakan kerjasama pengabdian kepada guru SD Negeri Bulurokeng, dengan tujuan memberikan pelatihan dan pendampingan implementasikan TIK untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi komputer. Metode: Partisipasi SD Negeri Bulurokeng selaku mitra mempersiapkan peserta sebanyak 32 orang guru untuk mengikuti pelatihan selama tiga hari. Metode yang digunakan mulai dengan wawancara singkat dengan kepala sekolah dan guru-guru, kemudian dilakukan pelatihan dengan menyajikan dan menjelaskan materi bandicam aplikasi dan powerpoint, dilanjutkan dengan pendampingan peserta dalam mengimplementasikan materi dan terakhir adalah evaluasi yaitu mengukur sejauh mana tingkat pemahaman dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan tersebut. Hasil: Pelatihan dan pendampingan implementasi TIK tersebut, peserta dalam kapasitas sebagai pendidik lebih mempunyai pilihan dalam membuat bahan ajar, meningkatkan kapasitasnya dalam perkembangan teknologi melalui kreatifitas penggunaan bandicam dan powerpoint. Sebagai mitra, guru-guru merasa sangat antusias dan merasa puas mengikuti pelatihan tersebut karena mampu mengimplementasikan metode pengajaran baru yang lebih menarik minat siswa. Kesimpulan: Meningkatkan kreatifitas guru dalam implementasi TIK khususnya membuat bahan ajar yang lebih interaktif.

Keywords

ICT Bandicam PowerPoint Creativity TIK Bandicam Power Point Kreativitas

Article Details

How to Cite
Suryani, S., Syam, A., & Nurdiansah, N. (2023). PKM Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi TIK Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng . Jurnal SOLMA, 11(3), 515–521. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9853

References

  1. Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20.
  2. Arni & Awaru, A.O.T. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Sosiologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.
  3. Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
  4. Gerlach, Vernon S. & Ely, Donald P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach: Second Edition. New Jersey, U.S.: Prentice-Hall.
  5. Giarti, S. (2016). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis ICT. Satya Widya, 32(2), 117. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p117-126
  6. Husein, Hamdan. (2020). Materi Perkuliahan: Perekaman Video Pembelajaran dengan Bandicam dan Powerpoint. UIN Walisongo Semarang.
  7. Nagari, P. M. (2021). "Hi, Learning Models": A Development of Online Learning Media for Accounting Learning and Teaching Strategies Course. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 4(1), 8–17.
  8. Permana, B. & Praltita, G.B. (2019). 36 Jam Belajar Komputer Powerpoint 2019. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  9. Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
  10. Yunita & Sholeh. (2021). Implementasi Teknologi Informasi fan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 377-388.
  11. Siagian, Simanjuntak, Purba, Situmorang, Tambunan, Frince, Silalahi, Gusar, Pasaribu & Tambunan. (2022). Pelatihan Penggunaan Bandicam sebagai Media Pembelajaran Online yang Interaktif Bagi Guru SMA di Hutabayuraja. Abdimas Siliwangi, 5(1), 35-45. http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i1p%25p.7569
  12. Octaviana, S., Setiawan. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Media Powerpoint Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1150–1159. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i5.335

Most read articles by the same author(s)