Main Article Content
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan beranekaragam budaya didalamnya. Salah satu kebudayaan yang dimiliki Indonesia adalah keberagaman rumah adat yang nyaris tiap provinsi di Indonesia mempunyai rumah adat yang beranekaragam dengan karakteristik khas yang berbeda. Pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan rumah adat Indonesia kepada anak imigran Indonesia di Malaysia khususnya siswa Sanggar Bimbingan Belajar Ikaba Imaba 2. Kegiatan pengabdian ini dialaksanakan di Sanggar Bimbingan Belajar Ikaba Imaba 2 yang beralamat di No 2 Jl PJS 6/1D KG Lindungan SG Way Petaling Jaya, Selangor, Malaysia. Metode utama dalam pengabdian ini dilaksanakan melalui demonstrasi dalam mengerjakan proyek dengan materi rumah adat yang ada di Indonesia. Medel pembelajaran yang digunakan pada pengabdian ini merupakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, pengenalan rumah adat Indonesia menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menambah pengetahuan siswa tentang rumah adat Indonesia. Hal tersebut terlihat pada tahap tanya jawab pada yang dilakukan pada akhir kegiatan, para siswa rata-rata menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri rumah adat, asal provinsi rumah adat, serta nama rumah adat dengan benar. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat digunakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan wawasan tentang rumah adat Indonesia kepada siswa Sanggar Bimbingan Belajar Ikaba Imaba 2.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.
- Asra, A. A., & Talib, J. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Presentasi Ilmiah Melalui Media Powtoon Pada Siswa SMA Negeri 1 Banteang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 29–34.
- Bank Indonesia, B. (2020). Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Menurut Negara Penempatan (Ribuan Orang). Statistik Ekonomi Dan Keuangan Indonesia.
- Dinarti, N. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7890–7899.
- Hendriyani, A., Rohayati, E., Ernalis, E., & Herlambang, Y. T. (2019). Critical Multiliteration Model Based on Project Based Learning Approach in Developing Basic School of Metacognition Thinking Skills. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1), 1. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.34897
- Ilma Widyatami, A., Sri Natungga, G., Damayanti, R., Eria Dewi, S., & Hadumaon Siagian, T. (2021). Determinan Unmet Need Pada Pasangan Usia Subur Di Kawasan Indonesia Timur. Jurnal Keluarga Berencana, 6(01), 31–41.
- Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., Nifanngelyau, J., Sekolah, D., Keguruan, T., & Saumlaki, P. (2021). Kajian Etnomatematika Pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(12), 2119–2133.
- KBBI. (2022). No Title. KBBI. https://kbbi.web.id/imigran
- Mihayati, S. (2016). Manajemen pembelajaran ipa siswa sd dengan menerapkan model inkuiri. Manajer Pendidikan, 10(2), 205–211.
- Panie, F., Asrial, & Selan, M. A. (2017). Studi Tentang Hunian Rumah Adat Uma Tutus Di Desa Suelain Kabupaten Rote-Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur.
- Parlika, R., Anggreini, D. N., Syafriansyah, M., Al hakim, R., & Faradilla, Y. (2018). Educational Game for Introducing Indonesian Culture on Android Platform. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 100–104. https://doi.org/10.25139/inform.v3i2.1051
- Pramana, A., Sari, E. O., Pebriandi, P., Tinjo, I., & Meta Riana Akma. (2021). The Potential of Tourism Villages in Kuok Village, Kuok District, Kampar Regency. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.31258/cers.1.3.148-154
- Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
- Prayitno, H. J., Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, Syah, M. F. J., & Hafida, S. H. N. (2022). Masa Adaptasi Baru Berbasis Mbkm 2022 Edisi V. Muhammadiyah University Press.
- Rani, H. S., Budiarto, A., & Wahyudi, B. (2022). The Role of Bhinneka Tunggal Ika in Peace Building in the Dispute Conflict of Mosque Construction as a Religion-Based Conflict in South Korea. 3(2), 145–151.
- Satriani. (2022). Rancangan Pembelajaran Al- Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah Satriani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3515–3524.
- Sirwanti, Nirmala, I., Salam, E. Y., Idris, M., Risnawati, & Muhamina. (2022). Pengolahan Limbah Organik Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Bone Menjadi Pupuk Organik Dengan Prinsip 3R. 1(2), 127–134.
- Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068
- Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, & Syah, M. F. J. (2022). Buku Pedoman Program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) Terintegrasi KKN DIK Luar Negeri dan Luar Jawa Berbasis Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniersitas Muhammadiyah Surakarta. Muhammadiyah University Press.
- Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120
References
Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.
Asra, A. A., & Talib, J. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Presentasi Ilmiah Melalui Media Powtoon Pada Siswa SMA Negeri 1 Banteang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 29–34.
Bank Indonesia, B. (2020). Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Menurut Negara Penempatan (Ribuan Orang). Statistik Ekonomi Dan Keuangan Indonesia.
Dinarti, N. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7890–7899.
Hendriyani, A., Rohayati, E., Ernalis, E., & Herlambang, Y. T. (2019). Critical Multiliteration Model Based on Project Based Learning Approach in Developing Basic School of Metacognition Thinking Skills. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1), 1. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.34897
Ilma Widyatami, A., Sri Natungga, G., Damayanti, R., Eria Dewi, S., & Hadumaon Siagian, T. (2021). Determinan Unmet Need Pada Pasangan Usia Subur Di Kawasan Indonesia Timur. Jurnal Keluarga Berencana, 6(01), 31–41.
Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., Nifanngelyau, J., Sekolah, D., Keguruan, T., & Saumlaki, P. (2021). Kajian Etnomatematika Pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(12), 2119–2133.
KBBI. (2022). No Title. KBBI. https://kbbi.web.id/imigran
Mihayati, S. (2016). Manajemen pembelajaran ipa siswa sd dengan menerapkan model inkuiri. Manajer Pendidikan, 10(2), 205–211.
Panie, F., Asrial, & Selan, M. A. (2017). Studi Tentang Hunian Rumah Adat Uma Tutus Di Desa Suelain Kabupaten Rote-Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Parlika, R., Anggreini, D. N., Syafriansyah, M., Al hakim, R., & Faradilla, Y. (2018). Educational Game for Introducing Indonesian Culture on Android Platform. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 100–104. https://doi.org/10.25139/inform.v3i2.1051
Pramana, A., Sari, E. O., Pebriandi, P., Tinjo, I., & Meta Riana Akma. (2021). The Potential of Tourism Villages in Kuok Village, Kuok District, Kampar Regency. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.31258/cers.1.3.148-154
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Prayitno, H. J., Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, Syah, M. F. J., & Hafida, S. H. N. (2022). Masa Adaptasi Baru Berbasis Mbkm 2022 Edisi V. Muhammadiyah University Press.
Rani, H. S., Budiarto, A., & Wahyudi, B. (2022). The Role of Bhinneka Tunggal Ika in Peace Building in the Dispute Conflict of Mosque Construction as a Religion-Based Conflict in South Korea. 3(2), 145–151.
Satriani. (2022). Rancangan Pembelajaran Al- Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah Satriani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3515–3524.
Sirwanti, Nirmala, I., Salam, E. Y., Idris, M., Risnawati, & Muhamina. (2022). Pengolahan Limbah Organik Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Bone Menjadi Pupuk Organik Dengan Prinsip 3R. 1(2), 127–134.
Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068
Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, & Syah, M. F. J. (2022). Buku Pedoman Program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) Terintegrasi KKN DIK Luar Negeri dan Luar Jawa Berbasis Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniersitas Muhammadiyah Surakarta. Muhammadiyah University Press.
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120