Main Article Content

Abstract

Background: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti ujian
nasional dan Survei Karakter pentingnya pelatihan AKM karena untuk
meningkatkan kompetensi guru dalam mengarahkan kepada Kemampuan
nalar Bahasa (literasi) dan Kemampuan nalar angka (numerik). Tujuan
pengabdian ini untuk memudahkan guru dalam membuat soal AKM literasi
numerasi dan mudah disampaikan kepada siswa Sekolah SMP Wijaya
Kusuma. Metode: pemberian pelatihan dalam menyusun soal AKM, peserta
yang mengikuti terdiri dari 3 guru matematika dan 40 siswa SMP yang terdiri
dari kelas 7 dan 8. Hasil: Guru mampu memodifikasi soal AKM dan Siswa
paham dalam mengerjakan soal AKM dengan menggunakan quizziz.
Kesimpulan: Pelatihan ini sangat memuaskan untuk guru dalam membuat
soal AKM dan siswa dalam mengerjakan soal AKM.

Keywords

AKM Literasi numerasi Matematika AKM Literasi Numerasi Matematika

Article Details

How to Cite
Handayani, I., Hadi, W., & Hendriana, B. (2022). Pelatihan Soal AKM Literasi Numerasi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal SOLMA, 11(2), 251–257. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8883