Main Article Content

Abstract

Faktor yang sangat berdampak dari pandemic covid-19 adalah pendidikan. Sampai saat ini, siswa masih belum bisa kesekolah bertatatapan langsung dengan guru ataupun teman, hal ini membuat kejenuhan yang mendalam bagi siswa yang setiap hari harus belajar secara online (daring). Dalam pembelajaran daring guru selalu memberika tugas kepada siswa sehingga menjadikan siswa frustasi dalam mengerjakannya, terlebih lagi tidak ada yang bisa diajak diskusi secara langsung seperti guru atau teman lainnya, hal  ini membuat kami selaku tim pengabdian kepada masyarakat ingin menghibur siswa dan memberikan penjelasan dalam memahami soal HOTS, HOTS yang memiliki arti kemampuan tingkat tinggi, dimana soal HOTS yang diberikan kepada siswa adalah soal-soal yang tidak rutin dan tidak biasa dikerjakan oleh siswa, sehingga kami ingin memberikan triks dalam menyelesaikan soal HOTS. Pelatihan ini dilaksanakan 3 hari, dimana pada hari rabu, sabtu dan senin pada tanggal 19, 22 dan 24 Agustus 2020. Pelaksanaan hari pertama dilakukan pemberian pretes soal HOTS untuk siswa SMP Negeri 81 Jakarta, selanjutnya hari kedua yaitu pada tanggal 22 Agustus 2020 acara inti yaitu pembukaan sekaligus pembahasan tentang pemahaman soal matematika bertipe HOTS, ada 20 soal dalam pengerjaannya, dan 20 soal tersebut dibahas tuntas oleh anggota tim PKM. Acara ketiga yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2020 yaitu pemberian soal Postes kepada siswa SMP Negeri 81 Jakarta. Tujuan diberikan postes ini adalah tim PKM kami ingin mengukur sejauh mana pelatihan yang telah kami buat sebelumnya, sehingga ada peningkatan dari yang sebelum diberikan pelatihan sampai sesudah diberikan pelatihan

Article Details

How to Cite
Hadi, W., Ayu Faradillah, Fitri Alyani, & Hella Jusra. (2021). Pelatihan Pemahaman Soal Matematika Bertipe Hots Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Jakarta. Jurnal SOLMA, 10(1s), 38–45. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5489

References

    Jana, P., & Rahmawati, D. (2019). Pendampingan Persiapan Ujian Nasional BerBasis Komputer pada Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Computer Based National Exam Guidance for the Students of Muhammadiyah 3 Senior High School Yogyakarta). Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 84–89.

    Oecd. (2019). PISA 2018 Insights and interpretations.

    Samo, D. D., Darhim, D., & Kartasasmita, B. (2017). Developing Contextual Mathematical Thinking Learning Model to Enhance Higher-Order Thinking Ability for Middle School Students. International Education Studies, 10(12), 17. https://doi.org/10.5539/ies.v10n12p17

    Widyatiningtyas, R., & Agung, C. G. (2018). Pendampingan dan Pembimbingan Pembuatan Alat Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung. Educare Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 22–26. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004