Main Article Content

Abstract

Background: Vaksinasi COVID-19 merupakan upaya pengendalian yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan komunitas atau herd immunity.  Kelompok lansia merupakan kelompok sangat rentan saat pandemik Covid-19 ini sehingga perlu ditingkatkan cakupan vaksinasi yang kurang.  Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meingkatkan pemahaman lanisa dengan edukasi tentang herd immunity pada lansia sebagai bentuk pemberdayaan lansia dalam program vaksinasi COVID-19. Metode: Kegiatan ini meliputi 3 tahap yaitu assessment, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat pada lansia ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman tentang herd immunity sehingga cakupan vaksinasi pada lansia bisa meningkat. Hasil: Hasil pengukuran dengan kuesioner terdapat peningkatan indikator pengetahuan pada lansia dari kategori baik yang hanya 23% menjadi 66,67%. Rencana tindak lanjut dalam pengabdian masyarakat ini adalah melakukan promosi kesehatan berkelanjutan kepada para lansia tentang program vaksinasi dan herd immunity lebih lanjut. Kesimpulan: Cakupan vaksinasi COVID-19 pada lansia diharapkan dapat ditingkatkan seiring dengan meningkatnya pengetahuan lansia tentang program vaksinasi.

Keywords

Covid-19 Education Elderly Herd immunity Vaccines Covid-19 Edukasi Herd immunity Lansia Vaksin

Article Details

How to Cite
Nuari, N. A., Widayati, D. ., Aini, E. N. ., & Susanto, S. . (2022). Pemberdayaan Lansia dalam Upaya Program Vaksinasi Covid-19 dengan Edukasi Herd Immunity. Jurnal SOLMA, 11(1), 39–44. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8378

References

  1. Dinas Keseahatan. (2021). Data Profil Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.
  2. Dror, A. A., Eisenbach, N., Taiber, S., Morozov, N. G., Mizrachi, M., & Zigron, A. (2020). Vaccine hesitancy : the next challenge in the fight against COVID 19. European Journal of Epidemiology, 35(8), 775–779. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10654-020-00671-y
  3. Ezalina, E., Machmud, R., Effendi, N., & Maputra, Y. (2019). Effectiveness of the elderly caring model as an intervention to prevent the neglect of the elderly in the family. Journal of Medical Sciences, 7(14), 2365–2370. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.650
  4. Handoko, T. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE Yogyakarta.
  5. Kemenkes RI. (2017). Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Kemenkes RI.
  6. Kemenkes RI. (2020). Seputar Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Kemenkes RI.
  7. Komisi Nasional Lanjut Usia. (2010). Profil Penduduk Lansia. Komnas.
  8. Kumari, A., Ranjan, P., Chopra, S., Kaur, D., & Kaur, T. (2021). Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews What Indians Think of the COVID-19 vaccine : A qualitative study comprising focus group discussions and thematic analysis. Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews, 15(3), 679–682. https://doi.org/10.1016%2Fj.dsx.2021.03.021
  9. Lazarus, J. V., Ratzan, S. C., Palayew, A., Gostin, L. O., Larson, H. J., Rabin, K., Kimball, S., & El-Mohandes, A. (2021). A global survey of potential acceptance of a COVID-19 vaccine. Nature Medicine, 27(2), 225–228. https://doi.org/10.1038/s41591-020-1124-9
  10. Liu, K., Chen, Y., Lin, R., & Han, K. (2020). Clinical features of COVID-19 in elderly patients: A comparison with young and middle-aged patients. Journal of Infection, 80(6), e14–e18. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.03.005
  11. Morrow-Howell, N., Galucia, N., & Swinford, E. (2020). Recovering from the COVID-19 Pandemic: A Focus on Older Adults. Journal of Aging and Social Policy, 32(4–5), 526–535. https://doi.org/10.1080/08959420.2020.1759758
  12. Nuari, N. A. (2019). Kemampuan Kognitif dan Skill Pada Kesiapan Penanggulangan Bencana Dengan Metode TGT di Siswa SMA. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 314–319. https://doi.org/10.32831/jik.v7i2.207
  13. Nuari, N. A., & Kartikasari, M. (2015). Peningkatan Self Empowerment dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe II dengan Pendekatan DEE Berbasis Health Promotion Model. Jurnal Ners Unair, 10(2), 279–288.
  14. Nuari, N. A., Susanto, S., & Damayanti, D. (2021). Manajemen Edukasi Preventif dan Penatalaksanaan Covid-19 Berbasis Home Learning System Pada Remaja. Jurnal SOLMA, 10(3), 557–562. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7204
  15. Sulistyorini. (2016). Posyandu dan Desa Siaga (Panduan Bidan dan Kader). Yuha Medika.
  16. WHO. (2020). Covid-19 Strategy Up Date.