Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini

  • Estu Sinduningrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rosalina Rosalina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: PAUD, Augmented Reality, Marker, Android

Abstract

Saat ini banyak orang tua mulai mengajarkan anaknya membaca sejak dini di rumah, ataupun menyekolahkannya di Taman Kanak – Kanak (TK) yang mengajarkan membaca.  Metode yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah belajar sambil bermain. Metode ini tidak membebani dan tidak ada unsur paksaan. Pemanfaatan Augmented Reality untuk media pengenalan membantu anak belajar membaca dengan menggunakan cara yang menyenangkan, yaitu dengan memindai marker berisi huruf atau suku kata menggunakan kamera perangkat Android. Nantinya akan muncul video animasi, audio pelafalan, dan hewan 3D sesuai huruf atau suku kata dan gambar dalam marker yang dipindai. Desain ini kemudian diimplementasikan dalam sebuah aplikasi untuk sistem operasi Android. Uji coba aplikasi ini dilakukan dengan kedua mitra dari Lab School Permata UHAMKA dan Baitul Ulum Al Isfahani Manfaluthi yang dihadiri oleh para Guru dan Orang Tua Wali murid. Peserta mencoba langsung aplikasi dan memberikan feedback untuk mengetahui sejauh mana aplikasi dapat membantu proses Pembelajaran. Berdasarkan hasil evalusi aplikasi ini terbukti dapat membantu Guru dan orang tua wali murid untuk mempraktekan model belajar Alfabet yang asik dan menyenangkan untuk anak dan muridnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. CHA, Wahyudi dan Damayanti, Dwi Retna. 2005. Program Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Grasindo.
[2]. M. Budi, "Kompasiana," Augmented Reality and Co, 29 05 2010. [Online]. Available: http://www.kompasiana.com/editaslim/kompas-augmented-realitymari-bermain-sekaligus-memanfaatkan-realitasvirtual_54fd29a8a33311003d50f968. [Accessed 13 03 2017].
[3]. Pebriani, "Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Agam," Pesona PAUD, p. 9, 2012.
Published
2019-04-30
How to Cite
Sinduningrum, E., Rosalina, R., & Hilda, A. M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 8(1), 142-149. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3151