Main Article Content

Abstract

Crimping kabel dan perancangan jaringan merupakan mata pelajaran paling dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMK. Akan tetapi masih banyaknya kendala dalam mata pelajaran tersebut karena masih menggunakan metode konvensional yang menggunakan ceramah, diskusi dan kerja kelompok sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa akan mata pelajaran dasar crimping kabel dan perancangan jaringan. Pengabdian masyarakat ini memberikan pengertian, pemahaman, cara penyusunan dan cara penggunaan perangkat lunak (software) simulasi jaringan komputer (Packet Tracer), selain itu melatih cara melakukan crimping kabel, pengujian jaringan komputer berbasis LAN (Local Area Network). Metode pengabdian masyarakat untuk simulasi jaringan digunakan adalah metode ekperimen dan rancangan serta dilakukan dalam one group, pre tes dan post tes design. Hasil dari pretes dan pos tes Pengabdian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dihitung dengan skala likert. Pengabdian masyarakat ini dilakukan 2 sesi, hasil perhitungan yang didapatkan dari 25 orang peserta, yaitu sesi pertama 82.13% dan sesi ke dua 82.13% dari siswa merasa puas dengan pelatihan

Keywords

Crimping kabel simulasi jaringan komputer packet tracer LAN

Article Details

How to Cite
Ningrum, E. S., Agusman, D., & Rosalina, R. (2020). Pelatihan Crimping Kabel dan Perancangan Jaringan dengan Program Simulasi Cisco Packet Tracer. Jurnal SOLMA, 9(1), 14–25. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3354

References

  1. Bekti, W., & Astuti, T. (2012). Perancangan Dan Instalasi Jaringan Local Area Network Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Enam Gemolong Sragen. Seruni FTI UNSA, 1(2), 61–67.
  2. Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
  3. Hambali, Aulia, R., & Mardalius. (2018). Workshop Simulasi Jaringan Dasar Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 33–40.
  4. Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Mulyadi, M. (2013). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106
  6. Purbo, A. O. W. (2016). Simulasi Jaringan Komputer Dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  7. Purnawan, D., & Astutik, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Teknologi Pendidikan, 3(2), 21–31. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/273102-pengaruh-penggunaan-simulasi-jaringan-ko-05bdf5e9.pdf
  8. Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda untuk Mengukur Self-Regulated Learning. Jurnal Kependidikan, 45(2), 156–167.
  9. Suharsimi, A. (2007). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.