Membangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Komunikasi Efektif Dalam Mereduksi Bullying Pada Kelompok Bermain, TK A, dan TK B Hifzhul Amanah

  • Vera Ladeska Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka
  • Rini Prastiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ema Dewanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Bully, Membangun karakter, Komunikasi efektif

Abstract

Perilaku bullying disekolah merupakan salah satu permasalahan sosial yang kini sangat banyak ditemukan dan memiliki dampak negatif pada kondisi psikologis dan sosial siswa yang pada akhirnya akan mempengaruhi proses belajar mengajar siswa di sekolah. Banyak guru dan orang tua di sekolah taman kanak-kanak tidak menyadari bahwa perilaku anak didiknya sudah mengarah dan memperlihatkan tindakan bully. Perilaku bullying harus dicegah sedini mungkin agar menghasilkan anak didik yang sehat dalam pergaulan sosialnya. Program pengabdian masyarakat ini merupakan program pelatihan preventif untuk mencegah dan meminimalkan bully disekolah . Kegiatan dilaksanakan diruang aula  Kelompok Bermain (KB), TK A dan TK B Hifzhul Amanah Perumnas Klender yang diikuti oleh staf guru, para siswa, orang tua murid. Metode yang dipakai adalah penjelasan materi berupa ceramah, interaktif dalam diskusi, pendekatan komunikasi dengan anak didik melalui permainan. Mitra menyambut positif kegiatan ini dan terbukti dari antusiasnya peserta dalam berdiskusi karena tema yang diadakan sangat sesuai dengan problema dunia anak sekarang. Karena adanya keterbatasan waktu mitra mengharapkan adanya kelanjutan kegiatan pada periode yang akan datang. Hasil dari kegaiatan ini diharapkan mitra akan membentuk suatu  kebijakan antibullying yang disepakati oleh siswa, guru .membangun komunikasi dan interaksi antar civitas akademika, penegakan aturan/sanksi/disiplin sesuai kesepakatan. Sangat penting guru dan orang tua memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengenai pencegahan dan cara mengatasi bullying pada anak usia dini  sehingga terhindar dari dampak negative dikemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44
Alsaker, F. D., & Nägele, C. (2008). Bullying in kindergarten and prevention. Understanding and Addressing Bullying: An International Perspective, (January), 230–252.
Amini. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak (Edisi 1.). Jakarta: Yayasan Semai Jiwa Amini.
Ari, P. (2013). Pelaksanaan Program Antibullying. Jakarta: UI Press.
Arumsari, D. A. (2018). Peran Guru dalam Pencegahan bullying di PAUD. Jurnal MOTORIC, 2(1).
Assegaf, A. R. (2002). Kondisi dan pemicu Kekerasan dalam Pendidikan. Laporan Penelitian. Jakarta.
Coloroso, B. (2013). Stop bullying. Jakarta: Penerbit Serambi.
Helgeland, A., & Lund, I. (2017). Children’s Voices on Bullying in Kindergarten. Early Childhood Education Journal, 45(1), 133–141. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0784-z
Humphrey, G., & Crisp, B. R. (2008). Bullying affects us too: Parental responses to bullying at kindergarten. Australian Journal of Early Childhood, 33(1), 45–49. https://doi.org/10.1177/183693910803300108
Novan, A. (2012). Save Our Children From School bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rivers, I., Poteat, V. P., Noret, N., & Ashurst, N. (2009). Observing Bullying at School: The Mental Health Implications of Witness Status. School Psychology Quarterly, 24(4), 211–223. https://doi.org/10.1037/a0018164
Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y
Smith, P. K. (2013). School bullying. Sociologia, Problemas e Praticas, 71, 81–98. https://doi.org/10.7458/SPP2012702332
Swit, C. S. (2018). Early childhood educators’ and parents’ perceptions of bullying in preschool. New Zealand Journal of Psychology, 47(3), 19–27.
Tirmidziani, A. (2018). Upaya Menghindari bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting Early Childhood. Jurnal Pendidikan, 2(1).
Published
2019-10-21
How to Cite
Ladeska, V., Prastiwi, R., & Dewanti, E. (2019). Membangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Komunikasi Efektif Dalam Mereduksi Bullying Pada Kelompok Bermain, TK A, dan TK B Hifzhul Amanah. Jurnal SOLMA, 8(2), 356-365. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3115

Most read articles by the same author(s)