Main Article Content
Abstract
Perilaku bullying disekolah merupakan salah satu permasalahan sosial yang kini sangat banyak ditemukan dan memiliki dampak negatif pada kondisi psikologis dan sosial siswa yang pada akhirnya akan mempengaruhi proses belajar mengajar siswa di sekolah. Banyak guru dan orang tua di sekolah taman kanak-kanak tidak menyadari bahwa perilaku anak didiknya sudah mengarah dan memperlihatkan tindakan bully. Perilaku bullying harus dicegah sedini mungkin agar menghasilkan anak didik yang sehat dalam pergaulan sosialnya. Program pengabdian masyarakat ini merupakan program pelatihan preventif untuk mencegah dan meminimalkan bully disekolah . Kegiatan dilaksanakan diruang aula Kelompok Bermain (KB), TK A dan TK B Hifzhul Amanah Perumnas Klender yang diikuti oleh staf guru, para siswa, orang tua murid. Metode yang dipakai adalah penjelasan materi berupa ceramah, interaktif dalam diskusi, pendekatan komunikasi dengan anak didik melalui permainan. Mitra menyambut positif kegiatan ini dan terbukti dari antusiasnya peserta dalam berdiskusi karena tema yang diadakan sangat sesuai dengan problema dunia anak sekarang. Karena adanya keterbatasan waktu mitra mengharapkan adanya kelanjutan kegiatan pada periode yang akan datang. Hasil dari kegaiatan ini diharapkan mitra akan membentuk suatu kebijakan antibullying yang disepakati oleh siswa, guru .membangun komunikasi dan interaksi antar civitas akademika, penegakan aturan/sanksi/disiplin sesuai kesepakatan. Sangat penting guru dan orang tua memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengenai pencegahan dan cara mengatasi bullying pada anak usia dini sehingga terhindar dari dampak negative dikemudian hari.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
-
Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students' Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44
Alsaker, F. D., & Nägele, C. (2008). Bullying in kindergarten and prevention. Understanding and Addressing Bullying: An International Perspective, (January), 230–252.
Amini. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak (Edisi 1.). Jakarta: Yayasan Semai Jiwa Amini.
Ari, P. (2013). Pelaksanaan Program Antibullying. Jakarta: UI Press.
Arumsari, D. A. (2018). Peran Guru dalam Pencegahan bullying di PAUD. Jurnal MOTORIC, 2(1).
Assegaf, A. R. (2002). Kondisi dan pemicu Kekerasan dalam Pendidikan. Laporan Penelitian. Jakarta.
Coloroso, B. (2013). Stop bullying. Jakarta: Penerbit Serambi.
Helgeland, A., & Lund, I. (2017). Children's Voices on Bullying in Kindergarten. Early Childhood Education Journal, 45(1), 133–141. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0784-z
Humphrey, G., & Crisp, B. R. (2008). Bullying affects us too: Parental responses to bullying at kindergarten. Australian Journal of Early Childhood, 33(1), 45–49. https://doi.org/10.1177/183693910803300108
Novan, A. (2012). Save Our Children From School bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rivers, I., Poteat, V. P., Noret, N., & Ashurst, N. (2009). Observing Bullying at School: The Mental Health Implications of Witness Status. School Psychology Quarterly, 24(4), 211–223. https://doi.org/10.1037/a0018164
Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y
Smith, P. K. (2013). School bullying. Sociologia, Problemas e Praticas, 71, 81–98. https://doi.org/10.7458/SPP2012702332
Swit, C. S. (2018). Early childhood educators' and parents' perceptions of bullying in preschool. New Zealand Journal of Psychology, 47(3), 19–27.
Tirmidziani, A. (2018). Upaya Menghindari bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting Early Childhood. Jurnal Pendidikan, 2(1).
References
Alsaker, F. D., & Nägele, C. (2008). Bullying in kindergarten and prevention. Understanding and Addressing Bullying: An International Perspective, (January), 230–252.
Amini. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak (Edisi 1.). Jakarta: Yayasan Semai Jiwa Amini.
Ari, P. (2013). Pelaksanaan Program Antibullying. Jakarta: UI Press.
Arumsari, D. A. (2018). Peran Guru dalam Pencegahan bullying di PAUD. Jurnal MOTORIC, 2(1).
Assegaf, A. R. (2002). Kondisi dan pemicu Kekerasan dalam Pendidikan. Laporan Penelitian. Jakarta.
Coloroso, B. (2013). Stop bullying. Jakarta: Penerbit Serambi.
Helgeland, A., & Lund, I. (2017). Children's Voices on Bullying in Kindergarten. Early Childhood Education Journal, 45(1), 133–141. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0784-z
Humphrey, G., & Crisp, B. R. (2008). Bullying affects us too: Parental responses to bullying at kindergarten. Australian Journal of Early Childhood, 33(1), 45–49. https://doi.org/10.1177/183693910803300108
Novan, A. (2012). Save Our Children From School bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rivers, I., Poteat, V. P., Noret, N., & Ashurst, N. (2009). Observing Bullying at School: The Mental Health Implications of Witness Status. School Psychology Quarterly, 24(4), 211–223. https://doi.org/10.1037/a0018164
Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y
Smith, P. K. (2013). School bullying. Sociologia, Problemas e Praticas, 71, 81–98. https://doi.org/10.7458/SPP2012702332
Swit, C. S. (2018). Early childhood educators' and parents' perceptions of bullying in preschool. New Zealand Journal of Psychology, 47(3), 19–27.
Tirmidziani, A. (2018). Upaya Menghindari bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting Early Childhood. Jurnal Pendidikan, 2(1).