Pembuatan Nutrisi dan Penyuluhan Penyakit Hipertensi pada Anggota PKK Delima Jakarta Timur

  • Vivi Anggia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tuti Wiyati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nora Wulandari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Hipertensi, Antioksidan, Nutrisi

Abstract

Menurut data SUDINKES DKI Jakarta tahun 2016 menunjukkan bahwa kotamadya Jakarta Timur memiliki jumlah populasi yang hipertensi lebih banyak dibandingkan dengan daerah lainnnya yaitu sebanyak 98422 orang. Konsumsi buah dan sayur setiap hari memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, bukan saja rasanya yang enak tapi buah dan sayur kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya stres oksidatif dan bisa menjadi salah satu upaya dalam mencegah dan mengobati hipertensi.  Berbagai buah dan sayuran banyak yang telah diteliti memberikan khasiat antihipertensi. Pada pengabdian masyarakat ini kami mengadakan Pelatihan pembuatan nutrisi dan penyuluhan penyakit hipertensi pada anggota PKK RT. 014 Perumnas Klender Jakarta Timur. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang kami gunakan adalah belimbing, semangka, lemon, seledri dan mentimun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Kesehatan Provinsi DKI. 2016. Profil Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016. Bidang Perencanaan dan Pembiayaan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.
Dipiro, J. T., Talbert, R. L., Yee, G. C., Matze, G. R., Wells, B. G., & Posey, L. M. (2015). Pharmacotherapy handbook. https://doi.org/10.1016/j.jbiomech.2008.06.013
Listyani, Wuryani. 2004. Tanaman Alternatif untuk Hipertensi. Tersedia di http://www.kompas.com/kompas-cetak/. Dipublikasikan tanggal 6 Agustus 2004.
Published
2019-04-30
How to Cite
Anggia, V., Wiyati, T., & Wulandari, N. (2019). Pembuatan Nutrisi dan Penyuluhan Penyakit Hipertensi pada Anggota PKK Delima Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 8(1), 1-4. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3059