Penyuluhan Tentang Penyakit Diabetes Melitus dan Senam Diabetes Melitus Pada Ibu-ibu Lansia di Jatibening Bekasi

  • Nurhasnah Nurhasnah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
  • Tuti Wiyati universitas muhammadiyah Prof.Dr. hamka
  • Ni Putu Ermi Hikmawanti
Keywords: diabetes melitus, lansia, senam diabetes melitus

Abstract

Jumlah penderita Diebetes Melitus (DM) hingga saat ini masih didominasi usia lansia. Usia lansia diketahui  banyak mengalami kemunduran aktivitas fisiologis tubuh. Beberapa masalah yang kerap muncul pada usia lanjut, yang disebut sebagai a series of I’s mulai dari immobility (imobilisasi), instability (instabilitas dan jatuh), incontinence (inkontinensia), intellectual impairment (gangguan intelektual), infection (infeksi), impairment of vision and hearing (gangguan penglihatan dan pendengaran), isolation (depresi), inanition (malnutrisi), insomnia (ganguan tidur), hingga immune deficiency (menurunnya kekebalan tubuh) Hal inilah yang menjadi perhatian kami pada ibu-ibu kelompok lansia komplek Depkes I Jatibening Bekasi. Komplek perumahan ini dihuni oleh lebih dari 70% usia lansia. Target yang ingin dicapai adalah meningkatnya pemahaman dan pengetahuan terkait penyakit diabetes mellitus. Selain itu juga membangun kesadaran untuk pola hidup yang lebih baik dengan kegiatan promotif berupa senam diabetes melitus yang bisa dilakukan oleh para ibu-ibu lansia di rumah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara yang sederhana yakni dengan metode ceramah (pemberian materi), pemutaran video dan praktek/simulasi senam diabetes melitus. Peningkatan pemahaman perserta dipantau melalui pre-post-test menggunakan kuesioner. Kegiatan ini memberikan kesan yang positif dan bermanfaat bagi para peserta penyuluhan. Ibu-ibu peserta sangat antusias saat diskusi materi. Hasil pre-post-test menunjukkan bahwa pemahaman peserta baik tentang penyakit DM. Peserta juga akhirnya memahami salah satu olahraga sederhana berupa senam kaki diabetes melitus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tuti Wiyati, universitas muhammadiyah Prof.Dr. hamka

Unit Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinis

Ni Putu Ermi Hikmawanti

Unit Bidang ilmu Biologi

References

Balitbangkes. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia.
Perkeni. 2015. Konsensus Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015. Jakarta: Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.
IDF. 2015. International Diabetes Federation Diabetes Atlas–7th Edition. http://www.diabetesatlas.org. Diakses 10 januari 2018.
Bilous MDR. 2014. Buku Pegangan Diabetes Ed ke-4. Jakarta: Bumi Medika.
Sundari, Sri. 2016. Laporan Pengabdian, Penyuluhan Tentang Penyakit Diabetes Melitus dan Osteoarthritis Di Dusun Kaliabu, Ambar Ketawang, Gamping, Sleman. Yogyakarta.
Published
2018-10-30
How to Cite
Nurhasnah, N., Wiyati, T., & Hikmawanti, N. P. E. (2018). Penyuluhan Tentang Penyakit Diabetes Melitus dan Senam Diabetes Melitus Pada Ibu-ibu Lansia di Jatibening Bekasi. Jurnal SOLMA, 7(2), 225-232. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1663
Section
Articles