Main Article Content
Abstract
Background: Merdeka Belajar adalah transformasi pendidikan yang berfokus pada kesejahteraan siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi sesuai kebutuhan masing-masing. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru SD dan MI di Desa Kujung dalam menerapkan metode tersebut. Metode: Pelatihan dilaksanakan melalui lima tahap: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi serta keberlanjutan program. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5 Oktober 2024 di Balai Desa Kujung ini mendapat antusiasme tinggi dari peserta. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata pretest 52,83 dan posttest 76,6. Selain itu, disediakan juga pendampingan online untuk mendukung pembuatan dan implementasi kurikulum berdiferensiasi secara daring. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan konsep Merdeka Belajar. Peningkatan hasil posttest menunjukkan efektivitas program, sementara antusiasme peserta mencerminkan tingginya kebutuhan akan pelatihan semacam ini. Program ini juga memperkuat kesiapan guru dalam mendukung implementasi kurikulum Merdeka melalui pendekatan yang lebih personal dan berbasis teknologi.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alanur SN, Nawing K, Septiwiharti D, Syuaib D, Jamaludin J. Pengembangan bahan ajar ppkn bermuatan nilai profil pelajar pancasila sebagai penguatan karakter kewarganegaraan siswa. J Pendidik Kewarganegaraan. 2022;12(2):107–15.
- Alawi D, Sumpena A, Supiana S, Zaqiah QY. Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2022;4(4):5863–73.
- Andi Achmad. Hubungan Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Kunjang. Syamil. 2017;5(1):59–73.
- Arhinza A, Sukardi S, Murjainah M. Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. J Educ. 2023;6(1):6518–28.
- Faiz, Aiman., Pratama, Anis., Kurniawaty, Imas. (2022).Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 2846 -2853 Research & Learning in Elementary Education.
- Febrianningsih R, Ramadan ZH. Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. J Obsesi J Pendidik Anak Usia Dini. 2023;7(3):3335–44.
- Hadi, Wisman., Wuriyani, Prihasti., Yuhdi, Ahmad., Agustina, Reni. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Peserta didikPada Era Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid 19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 11, No.1-2022
- Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.618
- Khasanah VA, Muthali’in A. Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. J Dimensi Pendidik Dan Pembelajaran. 2023;11(2):172–80.
- Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
- Marryono Jamun, Yohannes. 2018. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10(1):1–136.
- Mulbar, Usman, B. Bernard, and Rian Rasmi Pesona. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Pada Peserta Didik Kelas VIII.” Issues in Mathematics Education (IMED) 1(1):1–6.
- Nugraha TS. Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inov Kurikulum.2022;19(2):251–62.
- Prabaningrum WF, Sayekti IC. Implementası Kurıkulum Merdeka di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. J Elem Edukasia. 2023;6(2):374–83.
- Sari DR, Syaiful Akbar F. Determinasi Kinerja Pemerintah Desa di Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. J Manag Bussines. 2023;5(2):1275–84.
- Septyana, Elsa, Nika Dewi Indriati, Intan Indiati, and Lilik Ariyanto. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK Di Semarang Pada Materi Program Linear.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 6(2):85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
- Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7(2):66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
- Surat, I. Made. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.” Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali Vol. 20 No(9):244–53. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517974
References
Alanur SN, Nawing K, Septiwiharti D, Syuaib D, Jamaludin J. Pengembangan bahan ajar ppkn bermuatan nilai profil pelajar pancasila sebagai penguatan karakter kewarganegaraan siswa. J Pendidik Kewarganegaraan. 2022;12(2):107–15.
Alawi D, Sumpena A, Supiana S, Zaqiah QY. Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID-19. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2022;4(4):5863–73.
Andi Achmad. Hubungan Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Kunjang. Syamil. 2017;5(1):59–73.
Arhinza A, Sukardi S, Murjainah M. Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. J Educ. 2023;6(1):6518–28.
Faiz, Aiman., Pratama, Anis., Kurniawaty, Imas. (2022).Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 2846 -2853 Research & Learning in Elementary Education.
Febrianningsih R, Ramadan ZH. Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. J Obsesi J Pendidik Anak Usia Dini. 2023;7(3):3335–44.
Hadi, Wisman., Wuriyani, Prihasti., Yuhdi, Ahmad., Agustina, Reni. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Peserta didikPada Era Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid 19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 11, No.1-2022
Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Putri Siregar, N. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.618
Khasanah VA, Muthali’in A. Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. J Dimensi Pendidik Dan Pembelajaran. 2023;11(2):172–80.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Marryono Jamun, Yohannes. 2018. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10(1):1–136.
Mulbar, Usman, B. Bernard, and Rian Rasmi Pesona. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Pada Peserta Didik Kelas VIII.” Issues in Mathematics Education (IMED) 1(1):1–6.
Nugraha TS. Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inov Kurikulum.2022;19(2):251–62.
Prabaningrum WF, Sayekti IC. Implementası Kurıkulum Merdeka di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. J Elem Edukasia. 2023;6(2):374–83.
Sari DR, Syaiful Akbar F. Determinasi Kinerja Pemerintah Desa di Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. J Manag Bussines. 2023;5(2):1275–84.
Septyana, Elsa, Nika Dewi Indriati, Intan Indiati, and Lilik Ariyanto. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK Di Semarang Pada Materi Program Linear.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 6(2):85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7(2):66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Surat, I. Made. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.” Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali Vol. 20 No(9):244–53. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517974