Main Article Content

Abstract

Background: Permasalahan yang dihadapi adalah tantangan baru dunia pendidikan dalam menghadapi kurikulum Merdeka, khususnya dalam urgensi kompetersi dimensi projek penguatan profil pelajar pancasila yang harus di ajarkan kepada peserta didik. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk ini pada pendampingan pelaksanaan modul projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis etnomatematika kurikulum merdeka bagi peserta didik SDN Tambakrejo 1 Kabupaten Tuban. Metode: Etnomatematika digunakan sebagai integrasi kurikulum, pedagogi, dan matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibagi dalam lima tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, dan keberlanjutan program. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan pihak sekolah, paguyupan wali murid, dan peserta didik UPT SDN Tambakrejo 1 Tuban. Hasil pelaksanaan projek penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) terdapat enam dimensi yang dirumuskan dalam kunci keberhasilan projek. Hasil: Hasil dari penguatan profil Pelajar Pancasila, 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan 75,5%, 2) berkebinekaan global dengan 77,6 %, 3) bergotong-royong dengan 77,6 %, 4) mandiri dengan 76,8 %, 5) bernalar kritis dengan 77,2 %, dan 6) kreatif dengan 72,7 %. Keenam dimensi tersebuut sebagai satu kesatuan agar setiap peserta didik dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Kesimpulan: Penggunaan kearifan lokal sebagai integrasi modul projek penguatan profil pelajar pancasila membuat peserta didik terlatih dan mampu menggali konsep pengetahuan yang ada di lingkungan budaya mereka.

Keywords

Independent Curriculum Pancasila Student Profile Ethnomathematics Character Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila Etnomatematika Karakter

Article Details

How to Cite
Yuli Amreta, M., Yuwita, P. E., & Sa’diyah, Z. (2024). Pendampingan Pelaksanaan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Etnomatematika Kurikulum Merdeka Bagi Peserta Didik SDN Tambakejo 1 Kabupaten Tuban. Jurnal SOLMA, 13(3), 1520–1529. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16444

References

  1. Alanur, S.N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D. & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidik Kewarganegaraan, 12(2), 107–715. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15281
  2. Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q.Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidik, 4(4), 5863– 5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
  3. Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518-6528. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873
  4. Aritonang, I.B & Armanto, D. (2022). Peran Guru dalam Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa di Era Pandemic Covid-19. Prossiding Pendidik Dasar, 1(1), 302–311. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.202
  5. Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 789–799. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563
  6. Fadhilah, U., Azizah, M., Roshayanti, F. & Handayani, S. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435–4440. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14118
  7. Febrianningsih, R. & Ramadan, Z.H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686
  8. Fitriani, E., Khosiyono, B.H., Cahyani, B.H. & Nisa, AF. (2023). Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Dimensi Gotong Royong Pada Siswa SD Melalui Kegiatan Proyek Biopori. Pendas: Jurnal Ilmu Pendidik Dasar, 8(3), 4024–4035. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10848
  9. Khasanah, V.A. & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Kegiatan Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidik dan Pembelajaran, 11(2), 172–180.
  10. Maruti, E.S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
  11. Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
  12. Prabaningrum, W. F., & Sayekti, I. C. (2023). Implementası Kurıkulum Merdeka di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 374–383. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5326
  13. Sam, A., Tarsan, V. & Edu, A.L. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidik Dasar, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.2103
  14. Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127
  15. Septiana, R., Nurasiah, I. & Amalia, A.R. (2024). Analisis Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif di Kelas V Sekolah Dasar. Pendas Jurnal Ilm Pendidik Dasar, 9(1), 3490–3498. http://dx.doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.873
  16. Suherman A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group.