Main Article Content

Abstract

Background: Peran aktif UMKM di Indonesia sangat besar pada perekonomian kita. Oleh karena itu pada pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam permasalahannya. Permasalahan yang dihadapi UMKM di bawah naungan UMKM tangguh salah satunya adanya pencatatan keuangan. Sering kali keuangan tercampur antara keuangan pribadi dengan usaha. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Pelatihan Digitalisasi Pembukuan Keuangan, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengelolaan keuangan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah interaktif, demonstrasi praktis, dan sesi hands-on guna memudahkan peserta dalam memahami dan mengaplikasikan software pembukuan keuangan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa digitalisasi pembukuan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan keuangan UMKM. Oleh karena itu, pengabdian melalui pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di Kabupaten Kudus, sejalan dengan perkembangan era digital yang semakin pesat.

Keywords

Digitalization Financial Bookkeeping Technology UMKM Digitalisasi Pembukuan keuangan Teknologi UMKM

Article Details

How to Cite
Listyorini, T., Supriyati, E., Iqbal, M., Mulyani, S., & Andriyani Budiman, N. (2025). Pelatihan Digitalisasi Pembukuan Keuangan Bagi UMKM di Era Teknologi. Jurnal SOLMA, 14(1), 1393–1403. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17428

References

  1. Andari, A. T., Setianingsih, N. A., Asmoro, W. K., Putranti, E., Sari, H. P., & Fitriani, D. R. (2024). Digitalisasi UMKM: Peningkatan laporan keuangan menggunakan Lamikro dan strategi pemasaran. Penamas: Journal of Community Service, 4(2), 353–362. https://doi.org/10.53088/penamas.v4i2.1168
  2. Andriani, M., Maharani, A. A. T. K., Efrita, A. P., & Puspitasari, D. (2024). Utilization of Digital Marketplaces in a Strategy to Increase the Probability of Market Access for Risol MSMEs in Bekasi. Formosa Journal of Applied Sciences, 3(2), 661–668. https://doi.org/10.55927/fjas.v3i2.7856
  3. Anggara, J., & Kartikasari, N. (2023). Digitalization of financial reporting from msme perspective in mataram city. Journal of Finance, Economics and Business, 2(2), 109–115. https://doi.org/10.59827/jfeb.v2i2.97
  4. Arniati, Muryani Arsal, Muhammad Rusydi, & Andi Arifwangsa Adiningrat. (2021). Pembelajaran Pembukuan dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Pelaku Wirausaha Mikro. Jurnal SOLMA, 10(1), 23–31. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5577
  5. Azman, N. A., Mohamed, A., & Jamil, A. M. (2021). Artificial Intelligence in Automated Bookkeeping: A Value-added Function for Small and Medium Enterprises. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 5(3), 224. https://doi.org/10.30630/joiv.5.3.669
  6. Chairunisak, U. H., Irfan, M., Putrianti, F. G., & Susanto, D. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan UMKM Pasar Rakyat Candi Umbul. Jurnal SOLMA, 12(1), 304–310. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10889
  7. Dahlan, T., Murfiah, U., & Indriani, R. (2018). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UKM Kerajinan Anyam Pandan di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 153. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2109
  8. Ejjami, R. (2024). The Digital Evolution Strategies for Overcoming Cybersecurity and Adoption Challenges in French SMEs. International Journal for Multidisciplinary Research, 6(3). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i03.21202
  9. Fadilasari, M., & Tae Ferdinand, A. (2023). Enhancing Performance Through MSME Entrepreneurship, Product Innovation Capabilities and Competitive Advantage in Kudus Regency’s Culinary Sector. International Journal of Scientific Research and Management, 11(02), 4572–4581. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v11i02.em06
  10. Febriansyah, Y., Puspasari, O. R., & Fitriani, C. (2024). Penggunaan aplikasi akuntansi berbasis mobile dalam menunjang kinerja UMKM. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 8(2), 111–122. https://doi.org/10.52250/p3m.v8i2.739
  11. Gunawan, K. (2019). Peran Studi Kelayakan Bisnis Dalam Peningkatan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kabupaten Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 101. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4715
  12. Jiang, J. (2024). A Study on the Digital Transformation Trends in Financial Management for Small and Micro Enterprises. International Journal of Global Economics and Management, 3(1), 355–363. https://doi.org/10.62051/IJGEM.v3n1.42
  13. Kraievskyi, V., Kolisnyk, O., & Skoryk, M. (2024). Digitalisation of the accounting and analytical support service for small businesses. Економіка Розвитку Систем, 6(2), 36–41. https://doi.org/10.32782/2707-8019/2024-2-6
  14. Kumar, S., Jyoti, J., Thakur, K. S., & Khatik, R. (2024). Assessing the Impact of Digitalization on MSMEs Performance. International Journal for Multidisciplinary Research, 6(5). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i05.27441
  15. Putuhena, H., Kilay, T. N., & Zalni, Z. (2024). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi LAMIKRO pada Kelompok UMKM Kepulauan Banda Neira. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(11), 2020–2024. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i11.7815
  16. Ristiyana, R., Trianto, E., & Lesmana, S. J. (2024). Upaya Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Sosialisasi Pembentukan Jiwa Entepreneur dan Penyajian Laporan Keuangan pada Generasi Muda di Tangerang. Jurnal SOLMA, 13(2), 777–788. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15193
  17. Sari, A. F. K., & Hariri, H. (2024). Pelatihan Digital Accounting guna Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(9), 1564–1570. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i9.7262
  18. Susilowati, E., Andrean Permadi, Sri Hariyanti, Misbahul Munir, & Agus Wahyudi. (2023). Analysis of the Implementation of Digitalization of Financial Statements in Micro, Small, and Medium Enterprises. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 6(4), 1048–1054. https://doi.org/10.37275/oaijss.v6i4.170
  19. Telukdarie, A., Dube, T., Munsamy, M., Murulane, K., & Mongwe, R. (2024). Navigating Digital Challenges for SMEs: A Two-Tier Approach to Risks Mitigation and Sustainability. Sustainability, 16(14), 5857. https://doi.org/10.3390/su16145857