Main Article Content

Abstract

Background: UMKM diIndonesia menyerap tenaga kerja sebesar 96,9% dari total tenaga kerja dan proporsi nasional 60,5% UMKM berkontribusi signifakan terhadap PDB. Maka, pemberdayaan UMKM logam Tarikolot adalah bentuk kontribusi Astra melalui Yayasan Dharma Bakti Astra terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tujuan dari kegiatan pemberdayaan UMKM yaitu untuk mendukung pengembangan UMKM melalui pengembangan kapasitas, akses pembiayaan, dan pemasaran. Selain itu, tujuan kegiatan ini untuk menjadikan UMKM mandiri dan naik kelas serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar UMKM. Metode: metode yang dilakukan Yayasan Dharma Bakti Astra dalam memberdayakan UMKM logam yaitu survei lapangan, memberikan pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan kepada UMKM logam agar pelaku UMKM diberikan teori yang bisa diimplementasikan kepada usahanya. Hasil: melalui kegiatan pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, para pelaku UMKM mendapatkan pengembangan kapasitas, akses pembiayaan dan juga pemasaran yang dikenal di pasar lebih besar. Langkah tersebut strategis dijalankan karena pelaku UMKM dibekali ilmu teori dan praktik untuk meningkatkan produktivitas usahanya. Kemudian, strategi program tersebut mempunyai dampak berkembangnya UMKM logam menjadi mandiri dan naik kelas, menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menaikkan taraf hidup masyarakat terutama pelaku UMKM. Kesimpulan: Melalui program pemberdayaan UMKM yang dilakukan YDBA adalah upaya yang kompherensif untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dan masyarakat sekitar UMKM itu berada. Yang tentunya dilakukan dengan penedakatan yang holistik dan terintegrasi.

Keywords

Strategi Pemberdayaan UMKM Yayasan Dharma Bakti Astra Strategi Pemberdayaan UMKM Yayasan Dharma Bakti Astra

Article Details

How to Cite
Ilma’nun, M. L., Faqih, A., & Riyadi, A. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM Logam oleh Astra melalui Yayasan Dharma Bakti Astra Tarikolot Kabupaten Bogor. Jurnal SOLMA, 13(3), 1846–1855. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16894

References

  1. Ahmad Kholik, & Dewi Rahmi. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Makanan dan Minuman di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 133–142.
  2. Diana, & Laila, N. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
  3. Idayu, R., & Husni, M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1).
  4. Khasanah, U., Meldona, M., & Djakfar, M. (2020). Studi dampak pemberdayaan sistem keuangan syariah al-ijarah bagi pelaku UMKM. EL DINAR: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 8(2.
  5. Liu, Y. (2023). The Solution Strategies of Financing Constraint Predicament of Digitalized Empowerment of Micro-, Small and Medium-sized Enterprises. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 4(1), 51–59.
  6. Ni, O. :, Sunariani, N., Oka Suryadinatha, A., Idm, I., & Mahaputra, R. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, 2(1), 221-236.
  7. Niken Wulandari, A., Riyadi, A., Karim, A., (2024). Pemberdayaan Petani Muda Melalui Program Kita Tani Muda di Kota Semarang. Jurnal SOLMA, 13(2).
  8. Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah CIVIS: Vol. I (Issue 2).
  9. Qurrata A’yun, R. A., & Fitriyah. (2019). Strategi Pemberdayaan UKM Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan (Studi Pada Program CSR Grup Astra di Sentra Industri Logam, Ngingas). Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(01), 35-54.
  10. Raharjo, T., & Subiharto, J. (2017). Kerajinan Cor Logam Alumunium Segoroyoso Pleret Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Corak: Jurnal Seni Kriya, 6(1).
  11. Rahmini, Y., Sekolah, S., Ilmu, T., & Balikpapan, E. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.
  12. Rainanto, B. H., Tinggi, S., & Kesatuan, I. (2019). Analisis Permasalahan yang dihadapi oleh Pelaku Usaha Mikro Agar Berkembang Menjadi Usaha Kecil (Scalling Up) Pada UMKM di 14 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(1), 201-210.
  13. Rosyida, I. A., Sofeny, D., Setyawan, W. A., Ningrum, E. W., & Fajri, R. N. L. (2022). Pemberdayaan Pengrajin Anyaman Bambu Untuk Meningkatkan Daya Saing Pasar di Desa Krangkong. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 244–255.
  14. Sari, N. P., Khairi, A., & Sari, U. T. (2023). Penyuluhan Strategi Pemasaran STP untuk Meningkatkan Daya Saing Forum Komunikasi UMKM di Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. In Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 1). Januari.
  15. SINGH, G. (2024). Financial Empowerment of Micro, Small, and Medium Enterprises through Trade Receivables Discounting System: A Conceptual Analysis. Journal of Applied Economic Sciences (JAES), 19(16), 257.
  16. Sulistyandari, B., Widiastuti, E., Indriati, S., & Tri Nawarini, A. (2018). Pendampingan Usaha Pada Kerajinan Logam “Mandiri Etsa” Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas. In Jurnal ADIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat | ADIMAS. 2 (1).
  17. Suryati. Dewi, & Salkiah, B. (2019). Analisis Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Pada UMKM di Kota Mataram. Media Bina Ilmiah, 13 (12).
  18. Syakhirul, W. Dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep dan Strategi.
  19. Wulansari, A., Hakim, L., & Ramdani, R. (2021). Strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Dalam Pemberdayaan UMKM. In Jurnal Penelitian Administrasi Publik │ (Vol. 7, Issue 1).
  20. Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 170-186.