Main Article Content

Abstract

Background: Inovasi digital semakin maju ditambah meningkatnya permintaan pelayanan haji dan umroh. Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengembangkan aplikasi Haji Pintar Si-Lobster untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik. Aplikasi ini bertujuan meningkatkan pelayanan pada sektor haji dan umroh khususnya mengurangi birokrasi yang lambat dan meningkatkan transparansi yang ditinjau dalam perspektif e-governance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi inovasi digital e-governance aplikasi Haji Pintar Si-Lobster di Kementerian Agama Kabupaten Kendal serta mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan dampak penggunaannya terhadap pengalaman jamaah haji dan umroh. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara menurunkan mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam penerapan aplikasi. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa implementasi inovasi digital e-governance pelayanan aplikasi Haji Pintar Si-Lobster telah meningkatkan proses transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas layanan public. Si-Lobster tidak hanya mempermudah akses informasi bagi jamaah, tetapi juga menciptakan interaksi yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat Namun, terdapat kendala teknis, seperti gangguan server dan kurangnya literasi digital di kalangan jamaah. Meskipun demikian, penggunaan tetap meningkatkan kepuasan jamaah. Kesimpulan: Si-Lobster berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kemenag Kabupaten Kendal, memberikan kemudahan akses dan transparansi bagi jamaah. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, diperlukan perhatian terhadap masalah teknis dan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi, agar semua lapisan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi secara optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan lebih lanjut sistem manajemen berbasis digital di sektor pelayanan keagamaan.

Keywords

Aplikasi Si-Lobster Inovasi Digital Manajemen Haji dan Umrah Aplikasi Si-Lobster Inovasi Digital Manajemen Haji dan Umrah

Article Details

How to Cite
Najwa Zain, A., Riyadi, A., & Anas, A. (2024). Inovasi Digital E-governance di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Melalui Aplikasi Haji Pintar Si-LOBSTER. Jurnal SOLMA, 13(3), 2107–2119. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16570

References

  1. Afriani, A., Bahri, S., & Ishak, T. (2020). Peran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara dalam Melaksanakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu. Asia-Pacific Journal of Public Policy, 6(2), 112–125. https://doi.org/10.52137/humanis.v6i1.22
  2. Alfian, R., & Rafianti, F. (2023). Problematics Of The Implementation Of Hajj And Umrah (Study Of Law Number 8 Of 2019 Concerning The Implementation Of Hajj And Umrah). International Journal of Management, Economic and Accounting, 1(2), 112–125. https://doi.org/10.61306/ijmea.v1i2.18
  3. Bailey, B. P., Konstan, J. A., & Carlis, J. V. (2000). Measuring the effects of interruptions on task performance in the user interface. Smc 2000 Conference Proceedings. 2000 Ieee International Conference on Systems, Man and Cybernetics.’cybernetics Evolving to Systems, Humans, Organizations, and Their Complex Interactions’(Cat. No. 0, 2, 757–762. https://doi.org/10.1109/ICSMC.2000.885940
  4. Cahyadi, A. (2016). Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good) Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02). http://dx.doi.org/10.30996/jpap.v3i2.1255
  5. Firdausi, F. F., Olifiani, L. P., Amal, M. T., & Iswandi, I. (2023). Indonesia and Saudi Arabia Partnership During Regional Pressure on Hajj Management. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v9i1.6181
  6. Fischer, C., Heuberger, M., & Heine, M. (2021). The impact of digitalization in the public sector: A systematic literature review/Die Auswirkungen von Digitalisierung im öffentlichen Sektor: Ein systematischer Literaturüberblick. Dms–Der Moderne Staat–Zeitschrift Für Public Policy, Recht Und Management, 14(1), 3–4. http://dx.doi.org/10.3224/dms.v14i1.13
  7. Hasanah, Hasyim. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
  8. Frinaldi, A. (2023). Ministry of Religion Innovation in Digitalization-Based Hajj Dormitory Services: Si-Mashaji Application. Ilomata International Journal of Social Science, 4(2), 252–266. https://doi.org/10.52728/ijss.v4i2.730
  9. Hassan, T. H., Salem, A. E., & Refaat, S. A. (2022). The Impact of Eatmarna application usability on improving performance expectancy, facilitating the practice of rituals and improving spirituality feelings during Umrah amid the COVID-19 outbreak. Religions, 13(3), 268. https://doi.org/10.3390/rel13030268
  10. Herman, M., Normajatun, N., & Rahmita, D. (2019). Kualitas Pelayanan Haji Dan Umrah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.31602/as.v3i1.1722
  11. Khan, E. A., & Shambour, M. K. Y. (2018). An analytical study of mobile applications for Hajj and Umrah services. Applied Computing and Informatics, 14(1), 37–47. https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.05.004
  12. Lestari, R. A., & Santoso, A. (2022). Pelayanan Publik Dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(1), 43-55. http://dx.doi.org/10.30742/juispol.v2i1.2134
  13. Manuaba, I. B. K., Abdillah, R., Datya, A. I., Yuliyanti, S., Widiyasono, N., & Bahana, R. (2023). Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak: Panduan Praktis dalam Merancang, Membangun, dan Mengelola Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  14. Mardiana, S., & Hartono, B. (2022). Efektivitas Kearsipan dalam Pelayanan Administrasi Bagian Tata Pemerintahan di Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17102
  15. Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Andi. Yogyakarta.
  16. Qurashi, J. (2018). The Impact of Smart Media Technologies on the Spiritual Experiences of Hajj Pilgrims. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 6(3), 37–48.
  17. Riddell, R. C. (2008). Does foreign aid really work?. oup oxford.
  18. Rozaq, A., Hasanah, H., & Sattar, A. (2022). PEER GUIDING Implementasi Model Kemandirian dan Ketangguhan Jemaah Haji. Semarang: Penerbit Fatawa Publishing.
  19. Santoso, I. B., Crysdian, C., Kusumawati, R., Supriyono, S., Syawab, M., Purbo, D., & Sahi, M. (2023). Pelatihan smart PONPES terintegrasi berbasis Odoo ERP di Pondok Pesantren Daruttauhid Kota Malang.
  20. Shambour, M. K. Y. (2021). Assessing the usability of Hajj and Umrah websites. 2021 International Conference on Information Technology (ICIT), 876–881. http://dx.doi.org/10.1109/ICIT52682.2021.9491780
  21. Showail, A. J. (2022). Solving hajj and umrah challenges using information and communication technology: a survey. IEEE Access, 10, 75404–75427. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3190853
  22. Wahyuni, L. S., & Pramudiana, I. D. (2024). Inovasi Pelayanan Pendaftaran Haji Melalui Aplikasi Haji Pintar di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lamongan. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 2(1), 163-170.
  23. Wei, Y., Zheng, P., Deng, H., Wang, X., Li, X., & Fu, H. (2020). Design features for improving mobile health intervention user engagement: systematic review and thematic analysis. Journal of Medical Internet Research, 22(12), e21687. https://doi.org/10.2196/21687
  24. World Bank. (1992). Governance and Development. World Bank.