Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Program pembangunan berkelanjutan dalam bidang pendidikan menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata. Integrasi teknologi pada penerapan P5 diharapkan akan meningkatkan efektifitas pembelajaran sekaligus mendukung program SDGs. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi sekaligus mendukung program SDGs. Metode: Pemaparan materi, diskusi, dan praktik. Hasil: Terdapat peningkatan pemahaman peserta mengenai urgensi media pembelajaran inovatif, model pembelajaran berkelanjutan, aplikasi untuk mengembangkan media pembelajaran dan kemampuan mengembangkan media. Kesimpulan: Diharapkan guru berkomitmen untuk meningkatkan kompetensinya agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords

Bahan Ajar Berbasis Digital Eco Enzyme Program Pendidikan Berkelanjutan

Article Details

How to Cite
Safitri, E. R., Raharjo, M., Rachman, F. A., & Safitri, M. L. O. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital dalam Pemanfaatan Eco Enzyme untuk Mendukung Program Pendidikan Berkelanjutan di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 13(3), 1899–1910. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16142

References

  1. Azizah, Aima Z, R. (2023). Inovasi E-LKPD Berbasis Project BasedLearning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Fungsi Kuadrat di SMAN 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21567–21576.
  2. Damopolii, V. Nursiya Bito, Resmawan (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME) http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma. Vol. 1 No. 2 – Desember 2019, hal. 74-85. E-ISSN 2654-9948
  3. Haling, A., Mawarni, S., & Aswan, D. (2023). Workshop Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Bagi Guru SMAN 1 Majene Provinsi Sulawesi Barat. Paramacitra: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 9–14
  4. Herlina, H. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 215–230. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13340
  5. Lutfiana, R. N. D., Yasa, D. A., & Siregar, E. (2023). Development of Enriched Virtual Classroom With Pedati in Construction Cost Estimate Course. Jurnal PenSil, 12(2), 178–186. https://doi.org/10.21009/jpensil.v12i2.34941
  6. Pane, E. P., Novendra, R., Afriansyah, & Agus Kartini, S. (2022). Pelatihan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Dengan LiveWorksheet Bagi Guru SMK Negeri 8 Pekanbaru. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 5–8. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v3i1.84
  7. Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
  8. S, L. A., & Akhyar, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital Sejarah Lokal Berbasis Toponimi Di Vorstelanden Surakarta. 612–622. https://doi.org/10.31227/osf.io/kph9q
  9. Raharjo, M., Safitri, E. R., & Harlin, H. (2023). Interactive Video Development With a Scientific-Based Ethnopedagogical Approach for Elementary School Students : An Analysis Review. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v13i1.1604
  10. Sumanik, N. B., & Siregar, L. F. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Lkpd Melalui Liveworsheets Dan Canva Di Smpn 3 Merauke. Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 3(1), 14–24.
  11. Susanti, R., Safitri, E. R., Sardianto MS, L. R., Hartono, R. S., Raharjo, M., Slamet, A., & Oktarina, S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Inspiratif Melalui Media Canva Dan Liveworksheet.
  12. Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 296–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612
  13. Safitri, E. R., Raharjo, M., & Harlin, H. (2023). Validitas Video Interaktif dengan Pendekatan Etnopedagogik Berbasis Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 330–338. https://doi.org/10.31004/AULAD.V6I3.527
  14. Safitri, E. R., Raharjo, M., Saputra, A., Pandesha, F. L., & Islamia, N. (2022). The Role of Validation Expert in Improving the Quality of Material, Language and Visuals in the Development of Hybrid Learning Guides-Based on OBS Application. PEDAGOGIA, 20(3), 181–190. https://doi.org/10.17509/PDGIA.V20I3.52422
  15. Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
  16. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
  17. Umami, M. R (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Interaktif Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Geomath. Volume:1 Nomor: 2 Bulan Desember Tahun 2020.
  18. Yang, R. (2020). China’s higher education during the COVID-19 pandemic: some preliminary observations. Higher Education Research & Development, 39(7), 1317–1321. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1824212

Most read articles by the same author(s)