Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Pembelajaran sosiologi tidak hanya membahas hubungan sosial antarindividu dan kelompok, tetapi juga mengaitkan manusia dengan Tuhannya sesuai ajaran Al-Qur’an. Integrasi nilai wahyu penting untuk memperkuat pemahaman sosial yang bermoral. PKM berjudul “Pembelajaran Sosiologi Berbasis Wahyu kepada Guru dan Siswa SMA di Kota Pagar Alam dan Kabupaten Muara Enim” dilaksanakan untuk mengenalkan konsep sosiologi berbasis wahyu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode: PKM dilakukan melalui tiga tahap: Pembukaan dan pretest untuk mengukur pemahaman awal, penyampaian materi melalui kuliah desa yang menghubungkan teori sosiologi dengan nilai Al-Qur’an, dan postest untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman peserta. Hasil: Kegiatan berjalan lancar dengan respons positif. Nilai peserta meningkat dari 64% pada pretest menjadi 87% pada postest. Kesimpulan: PKM ini efektif meningkatkan pemahaman peserta mengenai pembelajaran sosiologi berbasis wahyu dan layak dijadikan model pengembangan pembelajaran yang berkarakter dan bernilai Islami.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Agustin, W. R., Tobi, H. E., & Prabowo, A. (2024). Efforts to increase nursing students knowledge on the management of progressive mobilization in the intensive care unit. 9(11), 1608–1613.
- Amelia, R., Zamzam, M. Y., Nabilla, R. M., Gabriel, M., Lestari, W. B., Fitri, S. A., Wibowo, C. F., Rosalinda, A. D., Ananda, T., Salsabila, N. F., Auralia, A. N., Safitri, E. R. D., & Yunargi, Z. P. (2024). Ultra-processed food hazard education for students of SMK Manbaul Ulum, Cirebon. 9(10), 1406–1412.
- Anggraini, R., Taqwa, R., & Idi, A. (2024). JDPP. 12(1).
- Ba-Yunus, I., & Ahmad, F. (1997). Sosiologi Islam dan Masyarakat Kontemporer. Mizan.
- Daniati, Susanti, R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Analisis Aspek Pembelajaran Di Singapura Serta Perbandingannya di Indonesia. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1036–1043.
- Labudasari, E., Rochmah, E., Asyiah, N., & Rohana, S. (2024). Empowering learning communities to enhance assessment utilization on merdeka curriculum’s PMM platform. Community Empowerment, 9(10), 1524–1533.
- Lidya, E., Yulasteriyani, Y., Yunindyawati, Y., & Yusnaini, Y. (2022). Strengthening community social capital to increase tourism in Burai Tourism Village, Ogan Ilir. Community Empowerment, 7(5), 840–846. https://doi.org/10.31603/ce.6272
- Mahdi, F. M., & Hakim, A. L. (2024). Workshop on Islamic financial literacy at MTs Muhammadiyah 1 Malang. Community Empowerment, 9(10), 1437–1444.
- Marice, L. D., & Taqwa, R. (2020). Pola Kekuasaan Pendisiplinan dalam Membina Perilaku Peserta Didik di SMA Negeri Olahraga Sriwijaya. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 122–133. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p122-133
- Meijustika, R., Susanti, L. R. R., Gulo, F., & Safitri, E. R. (2024). Komparatif Sistem Pendidikan Indonesia dan Singapura. Journal of Education Research, 4(4), 5659–5665.
- Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2015). Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Pada Pelajaran Bahasa Arab. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 170–182.
- Muthoifin, Khondoker, S. U. A., Mahmudulhassan, Waston, Nirwana, A., Ardiansyah, & Dani, A. A. (2024). Women, Islamic Education, and Socioeconomics for the Sustainable Development Goals (Sdgs): A Bibliometric Study of Understanding from 1880 to 2024. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e01737. https://doi.org/10.47172/2965-730x.sdgsreview.v5.n02.pe01737
- Nurlinwati, Kamariyah, Yuliana, & Mawarti, I. (2024). Digital-based adolescent health information literacy at SMP Negeri 19 Tanjung Jabung Timur. Community Empowerment, 9(10), 1511–1517.
- Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37. Education, 6–7.
- Rahayu, H. M., Kurniasih, D., Sunandar, A., & Nengsih. (2024). Training on creating augmented reality-based flash card for SMAIT Al-Fityan teachers. 9(11), 1585–1590.
- Rajagukguk, M., Susanti, L. R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Analisis Sistem Pendidikan: Perbandingan Sistem Pendidikan di Indonesia Dan Malaysia. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1360–1367.
- Rohmadani, Z. V., Handayani, D. S., & Rahmawati, A. (2024). Unit Kenal Diri: Solutions to overcome student character problems post-pandemic at SMK Muhammadiyah 3 Wates. Community Empowerment, 9(10), 1476–1483.
- Rosa, E., Susanti, R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Kajian Perbandingan Kebijakan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Di Indonesia Dan Amerika Serikat. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4), 1–23.
- Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(November), 274–282.
- Savitri, D. A., Safitri, E. R., Gulo, F., Sriwijaya, U., Selatan, S., & Pendidikan, S. (2024). Menelaah Keberhasilan Sistem Pendidikan Sekolah Dasar di Jepang Untuk Diterapkan di Indonesia. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1368–1379.
- Syafutra, R., Pitriyana, S., & Lestari, Z. A. (2024). Empowering students to enhance environmental awareness and foster ecopreneurship at SD Negeri 52 Pangkalpinang. Community Empowerment, 9(12), 1818–1828.
- Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., Melinda, M., Wulindari, A., & Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759
- Taqwa, R., Safitri, E. R., & Yulasteriyani. (2024). Application of the Joyfull Learning Model in Sociology Learning in High School. 7, 486–496.
- Wagino, Hidayat, N., Saputra, H. D., Baharudin, A., Koto, R. D., Firmansyah, M. S., Akmal, & Herwin. (2024). Enhancing heavy equipment engineering students’ skills through hydraulic and pneumatic systems training at SMKN 1 Sungai Limau. Community Empowerment, 9(10), 1453–1462.
- Yulasteriyani, Isyanawulan, G., & Nurillah, I. (2021). Kampus Mengajar: Upaya Pendampingan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 di Desa Kalampadu Ogan Ilir. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 6(Issue 4), 406-415 Ju. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/1898
- Yulasteriyani, Randi, Mirani, D., Andriani, D. S., Yusnaini, Isyanawulan, G., & Arianti, Y. (2023). Sociology of education: Strengthening the role of school committees in Sumber Rahayu Village, Muara Enim regency. Empowerment, Community, 8(3), 366–373.
- Yulasteriyani, Sartika, D. D., & Isyanawulan, G. (2023). Sosialisasi Konvensi Hak Anak ( KHA ) untuk Mencegah Tindak Kekerasan Kepada Anak di Desa Talang Ipuh , Kabupaten Banyuasin. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 2019–2024.
References
Agustin, W. R., Tobi, H. E., & Prabowo, A. (2024). Efforts to increase nursing students knowledge on the management of progressive mobilization in the intensive care unit. 9(11), 1608–1613.
Amelia, R., Zamzam, M. Y., Nabilla, R. M., Gabriel, M., Lestari, W. B., Fitri, S. A., Wibowo, C. F., Rosalinda, A. D., Ananda, T., Salsabila, N. F., Auralia, A. N., Safitri, E. R. D., & Yunargi, Z. P. (2024). Ultra-processed food hazard education for students of SMK Manbaul Ulum, Cirebon. 9(10), 1406–1412.
Anggraini, R., Taqwa, R., & Idi, A. (2024). JDPP. 12(1).
Ba-Yunus, I., & Ahmad, F. (1997). Sosiologi Islam dan Masyarakat Kontemporer. Mizan.
Daniati, Susanti, R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Analisis Aspek Pembelajaran Di Singapura Serta Perbandingannya di Indonesia. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1036–1043.
Labudasari, E., Rochmah, E., Asyiah, N., & Rohana, S. (2024). Empowering learning communities to enhance assessment utilization on merdeka curriculum’s PMM platform. Community Empowerment, 9(10), 1524–1533.
Lidya, E., Yulasteriyani, Y., Yunindyawati, Y., & Yusnaini, Y. (2022). Strengthening community social capital to increase tourism in Burai Tourism Village, Ogan Ilir. Community Empowerment, 7(5), 840–846. https://doi.org/10.31603/ce.6272
Mahdi, F. M., & Hakim, A. L. (2024). Workshop on Islamic financial literacy at MTs Muhammadiyah 1 Malang. Community Empowerment, 9(10), 1437–1444.
Marice, L. D., & Taqwa, R. (2020). Pola Kekuasaan Pendisiplinan dalam Membina Perilaku Peserta Didik di SMA Negeri Olahraga Sriwijaya. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 122–133. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p122-133
Meijustika, R., Susanti, L. R. R., Gulo, F., & Safitri, E. R. (2024). Komparatif Sistem Pendidikan Indonesia dan Singapura. Journal of Education Research, 4(4), 5659–5665.
Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2015). Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Pada Pelajaran Bahasa Arab. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 170–182.
Muthoifin, Khondoker, S. U. A., Mahmudulhassan, Waston, Nirwana, A., Ardiansyah, & Dani, A. A. (2024). Women, Islamic Education, and Socioeconomics for the Sustainable Development Goals (Sdgs): A Bibliometric Study of Understanding from 1880 to 2024. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e01737. https://doi.org/10.47172/2965-730x.sdgsreview.v5.n02.pe01737
Nurlinwati, Kamariyah, Yuliana, & Mawarti, I. (2024). Digital-based adolescent health information literacy at SMP Negeri 19 Tanjung Jabung Timur. Community Empowerment, 9(10), 1511–1517.
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37. Education, 6–7.
Rahayu, H. M., Kurniasih, D., Sunandar, A., & Nengsih. (2024). Training on creating augmented reality-based flash card for SMAIT Al-Fityan teachers. 9(11), 1585–1590.
Rajagukguk, M., Susanti, L. R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Analisis Sistem Pendidikan: Perbandingan Sistem Pendidikan di Indonesia Dan Malaysia. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1360–1367.
Rohmadani, Z. V., Handayani, D. S., & Rahmawati, A. (2024). Unit Kenal Diri: Solutions to overcome student character problems post-pandemic at SMK Muhammadiyah 3 Wates. Community Empowerment, 9(10), 1476–1483.
Rosa, E., Susanti, R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Kajian Perbandingan Kebijakan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Di Indonesia Dan Amerika Serikat. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4), 1–23.
Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(November), 274–282.
Savitri, D. A., Safitri, E. R., Gulo, F., Sriwijaya, U., Selatan, S., & Pendidikan, S. (2024). Menelaah Keberhasilan Sistem Pendidikan Sekolah Dasar di Jepang Untuk Diterapkan di Indonesia. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1368–1379.
Syafutra, R., Pitriyana, S., & Lestari, Z. A. (2024). Empowering students to enhance environmental awareness and foster ecopreneurship at SD Negeri 52 Pangkalpinang. Community Empowerment, 9(12), 1818–1828.
Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., Melinda, M., Wulindari, A., & Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759
Taqwa, R., Safitri, E. R., & Yulasteriyani. (2024). Application of the Joyfull Learning Model in Sociology Learning in High School. 7, 486–496.
Wagino, Hidayat, N., Saputra, H. D., Baharudin, A., Koto, R. D., Firmansyah, M. S., Akmal, & Herwin. (2024). Enhancing heavy equipment engineering students’ skills through hydraulic and pneumatic systems training at SMKN 1 Sungai Limau. Community Empowerment, 9(10), 1453–1462.
Yulasteriyani, Isyanawulan, G., & Nurillah, I. (2021). Kampus Mengajar: Upaya Pendampingan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 di Desa Kalampadu Ogan Ilir. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 6(Issue 4), 406-415 Ju. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/1898
Yulasteriyani, Randi, Mirani, D., Andriani, D. S., Yusnaini, Isyanawulan, G., & Arianti, Y. (2023). Sociology of education: Strengthening the role of school committees in Sumber Rahayu Village, Muara Enim regency. Empowerment, Community, 8(3), 366–373.
Yulasteriyani, Sartika, D. D., & Isyanawulan, G. (2023). Sosialisasi Konvensi Hak Anak ( KHA ) untuk Mencegah Tindak Kekerasan Kepada Anak di Desa Talang Ipuh , Kabupaten Banyuasin. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 2019–2024.
