Main Article Content
Abstract
Pemerintah telah memberikan bantuan perangkat agar guru menyajikan pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan teknologi. Namun, masih banyak guru yang tidak memasukkan teknologi dalam pembelajarannya karena kurangnya pengetahuan tentang aplikasi yang mudah untuk mendukung pembelajaran. Peserta pelatihan dan pendampingan diikuti oleh 29 guru di SD Negeri 25 Palembang. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam 4 tahap kegiatan yaitu tahap awal, pelatihan, pendampingan, dan penutup. Pelatihan yang diberikan kepada peserta mampu memberikan pemahaman yang baik tentang aplikasi Canva dan Liveworksheet serta cara penggunaannya dalam pembelajaran. Peserta juga terbukti mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan. Proses pelatihan disertai dengan bimbingan individu juga dapat memastikan bahwa peserta menguasai penerapannya. Hasil evaluasi posttest menunjukkan peningkatan dari evaluasi pretest yang telah dilakukan. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan tersebut efektif dan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan dan penyempurnaan proyek pelatihan di masa mendatang.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Agustin, D. A. C., & Arifin, K. L. (2022). Nomophobia: Dampak Perkembangan Teknologi Di Era Modern. Al-Maquro’: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 35–51.
- Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
- Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi . Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.24042/almuawanah.v2i1.8904
- Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1237
- Ifroh, R., & Permana, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Kreatif Digital Remaja. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1158–1165.
- Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/JPD.V11I1.72716
- Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Pada Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/IJCSL.V4I3.27999
- Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/EDISI.V3I2.1373
- Maharani, S. D., Safitri, M. L. O., & Setiawan, F. A. (2023). Design of Interactive PowerPoint Media on CTL Model in Primary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2). https://doi.org/10.23887/JLLS.V6I2.62053
- Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295
- Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/JEU.V6I1.20257
- Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
- Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I2.1335
- Putri, L., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Profesionalisme Guru. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.32529/GLASSER.V6I1.1317
- Salsabila, U. H., Ulil Ilmi, M., Aisyah, S., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/JOE.V3I01.348
- Simanjuntak, H., Endaryono, B. T., & Balyan. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/INVENTA.4.1.A2122
- Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/JET.V3I3.21735
- Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah , 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/JURMIA.V2I1.245
References
Agustin, D. A. C., & Arifin, K. L. (2022). Nomophobia: Dampak Perkembangan Teknologi Di Era Modern. Al-Maquro’: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 35–51.
Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi . Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.24042/almuawanah.v2i1.8904
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1237
Ifroh, R., & Permana, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Kreatif Digital Remaja. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1158–1165.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/JPD.V11I1.72716
Lutfi, L., Kusumawardani, S., Imawati, S., & Misriandi, M. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Pada Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 186–191. https://doi.org/10.23887/IJCSL.V4I3.27999
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/EDISI.V3I2.1373
Maharani, S. D., Safitri, M. L. O., & Setiawan, F. A. (2023). Design of Interactive PowerPoint Media on CTL Model in Primary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2). https://doi.org/10.23887/JLLS.V6I2.62053
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/JEU.V6I1.20257
Pulungan, M., Maharani, S. D., Waty, E. R. K., Safitri, M. L. O., Suganda, V. A., & Husni, F. T. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I2.1335
Putri, L., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Profesionalisme Guru. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.32529/GLASSER.V6I1.1317
Salsabila, U. H., Ulil Ilmi, M., Aisyah, S., & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/JOE.V3I01.348
Simanjuntak, H., Endaryono, B. T., & Balyan. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/INVENTA.4.1.A2122
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/JET.V3I3.21735
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah , 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/JURMIA.V2I1.245