Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Kota Depok merupakan salah satu kota yang memiliki potensi besar dalam industri makanan cepat saji. Hal ini membuka peluang bisnis bagi warga Aisyiyah dan Muhammadiyah untuk mengembangkan bisnis rumahan sebagai alternatif dalam Upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga. Studi ini bertujuan menjembatani potensi bisnis dan kebutuhan ekonomi warga Aisyiyah-Muhammadiyah melalui pendekatan home industry fast food. Metode: Pelatihan, workshop, serta pendampingan langsung, kepada warga Keluarga Besar Aisyiyah-Muhammadiyah di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok dalam usaha makanan cepat saji. Hasil: Home Industry Fast Food di Kota Depok memiliki potensi yang cukup besar sebagai peluang bisnis bagi warga Aisyiyah dan Muhammadiyah. Kesimpulan: Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan bisnis peserta, tetapi juga memberdayakan mereka secara sosial. Para peserta, terutama ibu-ibu Warga Muhammadiyah merasa lebih percaya diri dan memiliki peran yang lebih aktif dalam mengelola bisnis dan berkontribusi pada kehidupan komunitas mereka.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ahmad, T. D., Syafril, S., & Fadillah, F. (2023). Strategi Pengembangan Kue Gugui Dalam Pariwisata Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat. In Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3116
- Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, Dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner Di Kota Batam. In Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697
- Astari, A. A. E., Kardini, N. L., Suartini, N. W., & Eva Santhi, N. W. (2021). Analisis Kelayakan Pengembangan Home Industry Kue Sari Cacalan Di Desa Tulikup Gianyar Bali. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(1), 28. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.14549
- Faizah, F. N. (2022). Eksistensi Bisnis Kuliner Halal Melalui Digital Marketing Di Era New Normal. In Serambi Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513
- Handajani, L., Akram, A., & Sokarina, A. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemetaan Potensi Peluang Usaha Kreatif Masyarakat Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. In Jurnal Abdi Insani. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i4.783
- Hilmiyah, N., Permana, E. P., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19. In JRB-Jurnal Riset Bisnis. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391
- Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. In Jurnal Manajemen Dayasaing. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590
- Kussanti, D. P., Fitriansyah, F., Harbet, P., & Atmaja, J. (2022). Pelatihan Teknik Food Fotografi Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Prima Global Mart Bekasi. In Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.665
- Muntahanah, S., Cahyo, H., Winarto, H., Murdijaningsih, T., Setiawan, H., & Zuhaena, F. (2022). Pendampingan Penambahan Lini Produk Fionna Cake Sebagai Upaya Perluasan Pangsa Pasar Di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. In Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.392
- Putri, S. A. M., Hayati, S. R., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan Umkm Al-Maidah Catering Jogja: Sertifikasi Halal Dan Pengelolaan Keuangan. In Transformatif Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v2i2.3843
- Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2010). Perceived Service Quality in Fast‐food Restaurants: Empirical Evidence From China. In International Journal of Quality & Reliability Management. https://doi.org/10.1108/02656711011035129
- Rahma, A., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Food Safety Education by Evaluating Good Manufacturing Practices for the Home Industry of Processed Palm Fruit in Hendrosari Gresik. In Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering Social Science and Health International Conference (Umgeshic). https://doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3405
- Rahman, Y., & Triani, A. R. (2023). Desain Kemasan Frozen Food Umkm Mr. Batagor. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5911
- Rahmi, V. A., Fathoni, M. Z., & Ismanto, H. (2020). Potensi Lokal Pengembangan Bisnis Desa Saat Pandemi Tengah Melanda Negeri. In Matrik Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1614
- Sasono, K. W. (2023). Revitalisasi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Kabupaten Semarang. In Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya. https://doi.org/10.31294/khi.v14i2.15584
- Solehudin, R. H., Gunawan, R., D, R. G., Munawwaroh, S., & Darwis, S. (2024). Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Program Pendampingan UMKM Oleh Lazismu Kota Depok. 13(1), 273–282.
- Solehudin, R. H., Gunawan, R., Kodir, A., Muttaqin, A., & Lalu, M. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) CeuEms Frozen Food di Beji Depok dalam Menghadapi Persaingan Usaha. 12(2), 459–468.
- Solehudin, R. H., Khuluqo, I. El, Budiarti, E., & Salman, I. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ). 3, 2080–2097.
- Solehudin, R. H., Rudy Gunawan, Imas Fatimah, Ahmad Suraji, Wirna Bardiyanti, & Ivan Sanjaya. (2023). Edukasi Inovasi Bisnis Untuk Pelaku UMKM Di Masa Post Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 12(2), 853–858. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12337
- Suryawirawan, O. A. (2019). Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap E-Commerce Intention Melalui Aplikasi Online Shop Pada Mahasiswa Di Surabaya. In Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.46
- Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN €œKEMPLANG TUNU†SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG. In Jurnal Abdimas Mandiri. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.780
- Tiffany, E., Yulyanti, L. C. W., Vincent, V., & Malinda, M. (2022). Penerapan Strategi Business Model Canvas Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Umkm Cocinero Di Situasi Setelah Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk). https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.28
- Tresiana, N., & Duadji, N. (2019). Mewujudkan Gender Equality Melalui Pengembangan Industri Rumahan Perempuan. In Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam. https://doi.org/10.14421/musawa.2019.182.119-131
- Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. In Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
- Yan, M. R., Hsieh, S., & Ricacho, N. (2022). Innovative Food Packaging, Food Quality and Safety, and Consumer Perspectives. In Processes. https://doi.org/10.3390/pr10040747
References
Ahmad, T. D., Syafril, S., & Fadillah, F. (2023). Strategi Pengembangan Kue Gugui Dalam Pariwisata Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat. In Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3116
Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, Dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner Di Kota Batam. In Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697
Astari, A. A. E., Kardini, N. L., Suartini, N. W., & Eva Santhi, N. W. (2021). Analisis Kelayakan Pengembangan Home Industry Kue Sari Cacalan Di Desa Tulikup Gianyar Bali. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(1), 28. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.14549
Faizah, F. N. (2022). Eksistensi Bisnis Kuliner Halal Melalui Digital Marketing Di Era New Normal. In Serambi Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513
Handajani, L., Akram, A., & Sokarina, A. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemetaan Potensi Peluang Usaha Kreatif Masyarakat Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. In Jurnal Abdi Insani. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i4.783
Hilmiyah, N., Permana, E. P., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19. In JRB-Jurnal Riset Bisnis. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391
Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. In Jurnal Manajemen Dayasaing. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590
Kussanti, D. P., Fitriansyah, F., Harbet, P., & Atmaja, J. (2022). Pelatihan Teknik Food Fotografi Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Prima Global Mart Bekasi. In Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.665
Muntahanah, S., Cahyo, H., Winarto, H., Murdijaningsih, T., Setiawan, H., & Zuhaena, F. (2022). Pendampingan Penambahan Lini Produk Fionna Cake Sebagai Upaya Perluasan Pangsa Pasar Di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. In Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.392
Putri, S. A. M., Hayati, S. R., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan Umkm Al-Maidah Catering Jogja: Sertifikasi Halal Dan Pengelolaan Keuangan. In Transformatif Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v2i2.3843
Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2010). Perceived Service Quality in Fast‐food Restaurants: Empirical Evidence From China. In International Journal of Quality & Reliability Management. https://doi.org/10.1108/02656711011035129
Rahma, A., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Food Safety Education by Evaluating Good Manufacturing Practices for the Home Industry of Processed Palm Fruit in Hendrosari Gresik. In Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering Social Science and Health International Conference (Umgeshic). https://doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3405
Rahman, Y., & Triani, A. R. (2023). Desain Kemasan Frozen Food Umkm Mr. Batagor. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5911
Rahmi, V. A., Fathoni, M. Z., & Ismanto, H. (2020). Potensi Lokal Pengembangan Bisnis Desa Saat Pandemi Tengah Melanda Negeri. In Matrik Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1614
Sasono, K. W. (2023). Revitalisasi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Kabupaten Semarang. In Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya. https://doi.org/10.31294/khi.v14i2.15584
Solehudin, R. H., Gunawan, R., D, R. G., Munawwaroh, S., & Darwis, S. (2024). Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Program Pendampingan UMKM Oleh Lazismu Kota Depok. 13(1), 273–282.
Solehudin, R. H., Gunawan, R., Kodir, A., Muttaqin, A., & Lalu, M. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) CeuEms Frozen Food di Beji Depok dalam Menghadapi Persaingan Usaha. 12(2), 459–468.
Solehudin, R. H., Khuluqo, I. El, Budiarti, E., & Salman, I. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ). 3, 2080–2097.
Solehudin, R. H., Rudy Gunawan, Imas Fatimah, Ahmad Suraji, Wirna Bardiyanti, & Ivan Sanjaya. (2023). Edukasi Inovasi Bisnis Untuk Pelaku UMKM Di Masa Post Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 12(2), 853–858. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12337
Suryawirawan, O. A. (2019). Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap E-Commerce Intention Melalui Aplikasi Online Shop Pada Mahasiswa Di Surabaya. In Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.46
Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN €œKEMPLANG TUNU†SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG. In Jurnal Abdimas Mandiri. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.780
Tiffany, E., Yulyanti, L. C. W., Vincent, V., & Malinda, M. (2022). Penerapan Strategi Business Model Canvas Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Umkm Cocinero Di Situasi Setelah Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk). https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.28
Tresiana, N., & Duadji, N. (2019). Mewujudkan Gender Equality Melalui Pengembangan Industri Rumahan Perempuan. In Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam. https://doi.org/10.14421/musawa.2019.182.119-131
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. In Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Yan, M. R., Hsieh, S., & Ricacho, N. (2022). Innovative Food Packaging, Food Quality and Safety, and Consumer Perspectives. In Processes. https://doi.org/10.3390/pr10040747