Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kota Depok merupakan salah satu kota yang memiliki potensi besar dalam industri makanan cepat saji. Hal ini membuka peluang bisnis bagi warga Aisyiyah dan Muhammadiyah untuk mengembangkan bisnis rumahan sebagai alternatif dalam Upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga. Studi ini bertujuan menjembatani potensi bisnis dan kebutuhan ekonomi warga Aisyiyah-Muhammadiyah melalui pendekatan home industry fast food. Metode: Pelatihan, workshop, serta pendampingan langsung, kepada warga Keluarga Besar Aisyiyah-Muhammadiyah di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok dalam usaha makanan cepat saji. Hasil: Home Industry Fast Food di Kota Depok memiliki potensi yang cukup besar sebagai peluang bisnis bagi warga Aisyiyah dan Muhammadiyah. Kesimpulan: Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan bisnis peserta, tetapi juga memberdayakan mereka secara sosial. Para peserta, terutama ibu-ibu Warga Muhammadiyah merasa lebih percaya diri dan memiliki peran yang lebih aktif dalam mengelola bisnis dan berkontribusi pada kehidupan komunitas mereka.

Keywords

Bisnis Potensial Fast Food Home Industry

Article Details

How to Cite
Atmawidjaja, R. H. S., Gunawan, R., Dzaljad, R. G., Naf’an, M. A., Rinjani, N. I., & Mariyam, S. (2024). Potensi Home Industry Fast Food sebagai Peluang Bisnis bagi Warga Aisyiyah dan Muhammadiyah Kota Depok. Jurnal SOLMA, 13(2), 1220–1229. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14925

References

  1. Ahmad, T. D., Syafril, S., & Fadillah, F. (2023). Strategi Pengembangan Kue Gugui Dalam Pariwisata Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat. In Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3116
  2. Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, Dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner Di Kota Batam. In Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697
  3. Astari, A. A. E., Kardini, N. L., Suartini, N. W., & Eva Santhi, N. W. (2021). Analisis Kelayakan Pengembangan Home Industry Kue Sari Cacalan Di Desa Tulikup Gianyar Bali. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(1), 28. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.14549
  4. Faizah, F. N. (2022). Eksistensi Bisnis Kuliner Halal Melalui Digital Marketing Di Era New Normal. In Serambi Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513
  5. Handajani, L., Akram, A., & Sokarina, A. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemetaan Potensi Peluang Usaha Kreatif Masyarakat Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. In Jurnal Abdi Insani. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i4.783
  6. Hilmiyah, N., Permana, E. P., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19. In JRB-Jurnal Riset Bisnis. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391
  7. Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. In Jurnal Manajemen Dayasaing. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590
  8. Kussanti, D. P., Fitriansyah, F., Harbet, P., & Atmaja, J. (2022). Pelatihan Teknik Food Fotografi Dalam Meningkatkan Branding Pada UMKM Prima Global Mart Bekasi. In Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.665
  9. Muntahanah, S., Cahyo, H., Winarto, H., Murdijaningsih, T., Setiawan, H., & Zuhaena, F. (2022). Pendampingan Penambahan Lini Produk Fionna Cake Sebagai Upaya Perluasan Pangsa Pasar Di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. In Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.392
  10. Putri, S. A. M., Hayati, S. R., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan Umkm Al-Maidah Catering Jogja: Sertifikasi Halal Dan Pengelolaan Keuangan. In Transformatif Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v2i2.3843
  11. Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2010). Perceived Service Quality in Fast‐food Restaurants: Empirical Evidence From China. In International Journal of Quality & Reliability Management. https://doi.org/10.1108/02656711011035129
  12. Rahma, A., & Supriatiningrum, D. N. (2021). Food Safety Education by Evaluating Good Manufacturing Practices for the Home Industry of Processed Palm Fruit in Hendrosari Gresik. In Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering Social Science and Health International Conference (Umgeshic). https://doi.org/10.30587/umgeshic.v1i2.3405
  13. Rahman, Y., & Triani, A. R. (2023). Desain Kemasan Frozen Food Umkm Mr. Batagor. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5911
  14. Rahmi, V. A., Fathoni, M. Z., & Ismanto, H. (2020). Potensi Lokal Pengembangan Bisnis Desa Saat Pandemi Tengah Melanda Negeri. In Matrik Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1614
  15. Sasono, K. W. (2023). Revitalisasi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Kabupaten Semarang. In Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya. https://doi.org/10.31294/khi.v14i2.15584
  16. Solehudin, R. H., Gunawan, R., D, R. G., Munawwaroh, S., & Darwis, S. (2024). Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Program Pendampingan UMKM Oleh Lazismu Kota Depok. 13(1), 273–282.
  17. Solehudin, R. H., Gunawan, R., Kodir, A., Muttaqin, A., & Lalu, M. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) CeuEms Frozen Food di Beji Depok dalam Menghadapi Persaingan Usaha. 12(2), 459–468.
  18. Solehudin, R. H., Khuluqo, I. El, Budiarti, E., & Salman, I. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ). 3, 2080–2097.
  19. Solehudin, R. H., Rudy Gunawan, Imas Fatimah, Ahmad Suraji, Wirna Bardiyanti, & Ivan Sanjaya. (2023). Edukasi Inovasi Bisnis Untuk Pelaku UMKM Di Masa Post Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 12(2), 853–858. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12337
  20. Suryawirawan, O. A. (2019). Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap E-Commerce Intention Melalui Aplikasi Online Shop Pada Mahasiswa Di Surabaya. In Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.46
  21. Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN €œKEMPLANG TUNU†SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG. In Jurnal Abdimas Mandiri. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.780
  22. Tiffany, E., Yulyanti, L. C. W., Vincent, V., & Malinda, M. (2022). Penerapan Strategi Business Model Canvas Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Umkm Cocinero Di Situasi Setelah Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk). https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.28
  23. Tresiana, N., & Duadji, N. (2019). Mewujudkan Gender Equality Melalui Pengembangan Industri Rumahan Perempuan. In Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam. https://doi.org/10.14421/musawa.2019.182.119-131
  24. Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. In Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
  25. Yan, M. R., Hsieh, S., & Ricacho, N. (2022). Innovative Food Packaging, Food Quality and Safety, and Consumer Perspectives. In Processes. https://doi.org/10.3390/pr10040747

Most read articles by the same author(s)