Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Di era saat ini banyak masyarakat dihadapkan dengan berbagai kemudahan-kemudahan dalam berbagai platform yang disediakan untuk memperoleh sesuatu tanpa harus ke tempat penjual atau ke tokonya tersebut, salah satu jenis bisnis yang banyak peminatnya atau yang sering digunakan dalam berbagai platform digital yaitu kemudahan dalam frozen food sehingga banyak yang tertarik dalam membuka kesempatan tersebut yaitu bisnis kuliner, tak hanya digeluti oleh kaum hawa yang identic dengan memasak, tetapi banyak juga kaum lelaki yang menjadi pelopor dalam bisnis makanan dan sukses besar apalagi di era ini banyak masyarakat yang enggan atau kurang tertarik dalam makanan-makanan yang masih konvensional, tanpa
terkecuali di daerah Beji Kota Depok. Metode: Metode kualitatif, adapun metode pengambilan data dengan teknik wawancara, pengamatan langsung. Hasil: Bisnis makanan ini juga bisnis yang sangat mudah, bahkan bisa dikatakan menjadi bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan yang belum bisa membikin sekalipun, hanya saja butuh keberanian dan juga keuletan dalam mengelola bisnis tersebut seperti usaha yang dilakukan oleh bu Ema yang membuka bisnis makanan dengan nama yang unik yaitu “Ceuems Frozen Food” dengan harapan nama ini mudah diingat oleh para pembeli atau konsumen selain cita rasa yang dihadirkan dalam makanan tersebut. Kesimpulan: Bisnis bu Ema ini merupakan bisnis UMKM yang masih dikelola secara konvensional dan apa adanya yang masih banyak membutuhkan sentuhan manajemen bisnis modern, jika dikelola dengan sentuhan manajemen modern yang berbasis
teknologi (digital) dan lain sebagainya maka insya alloh bisnis pak khoirul ini akan
semakin berkembang pesat.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Abbas Sunarya, et al. (2011). Kewirausahaan. CV Andi Offset.
- Aina, A. Q., Suwarsinah, H. K., & Burhanuddin, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku
- Wirausaha Mompreneur (Studi Kasus : Komunitas Bunda Online). Forum Agribisnis, 8(1), 17–34.
- https://doi.org/10.29244/fagb.8.1.17-34
- Alma, B. (2009). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.
- Castells, M. (2000). Materials for an exploratory theory of network society’. British Journal of Sociology., 5-24.
- Corbett, A. C. (2005). Experiential Learning within the Process of Opportunity Identification and Exploitation. 29(4),
- –491. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2005.00094.x
- Demircioglu, M. A. C. (2020). Entrepreneurship in public organizations: the role of leadership behavior.
- Small Bussines Economic, 57, 1107–1123.
- Dwijayanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi
- Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan
- Kewirausahaan, 3(2), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180
- Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP
- (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
- Elgar, E. (2004). Informationalism, Networks, and the Network Society : a Theoretical Blueprint. The Network
- Society: A Cross-Cultural Perspective, 1–73.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
- Lee., Craig, Hallak, R. (2020). Investigating the effects of offline and online social capital on tourism SME
- performance: A mixed-methods study of New Zealand entrepreneurs. Tourism Management, 80,
- Lévesque, M., & Stephan, U. (2020). It’s Time We Talk About Time in Entrepreneurship. Entrepreneurship:
- Theory and Practice, 44(2), 163–184. https://doi.org/10.1177/1042258719839711
- Liu, C.-H. S. H. (2020). Discovering differences in the relationship among social entrepreneurial orientation,
- extensions to market orientation and value co-creation – The moderating role of social entrepreneurial
- self-efficacy. Journal of Hospitality and Tourism Management, 42, 97–106.
- Mumammad Rustam. (2017). Network Society, Internet, dan Aktifitas Komunikasi Masyarakat. Studi
- Komunikasi Media, 21(2), 165–180.
- No Name. (2023). Pemkot Depok Konsen terhadap Perkembangan UMKM. Berita Depok.
- https://berita.depok.go.id/pemkot-depok-konsen-terhadap-perkembangan-umkm
- Nopriadi, S., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2022). Effect Self Efficacy, Entrepreneurship Education and
- Subjective Norms on Student Entrepreneurship Behavior Fkip Jambi University. Jurnal Pengabdian Dan
- Kewirausahaan, 6(2), 99–108. https://doi.org/10.30813/jpk.v6i2.3748
- Panicha Hatthakijphong, H.-I. T. (2019). Prioritizing successful entrepreneurial skills: An emphasis on the
- perspectives of entrepreneurs versus aspiring entrepreneurs. This Leading International Journal, 34.
- https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100603
- Papulová, Z., & Papula, J. (2015). Entrepreneurship in the Eyes of the Young Generation. Procedia Economics
- and Finance, 34(15), 514–520. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01662-7
- Reames, K. L. (2007). Women and Race in Contemporary U.S. Writing. In American Literature Readings in the
- st Century. Palgrave Macmilan
- Ruiz, J., Olivieri, G., De Vree, J., Bosma, R., Willems, P., Reith, J. H., Eppink, M. H. M., Kleinegris, D. M. M.,
- Wijffels, R. H., & Barbosa, M. J. (2016). Towards industrial products from microalgae. Energy and
- Environmental Science, 9(10), 3036–3043. https://doi.org/10.1039/c6ee01493c
- Solehudin. (2023). Entrepreneur, Dinamika Sosial Ekonomi Bisnis Kos Di Perkotaan. Uhamka Press.
- Solehudin et.al. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society
- . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ) Social Science Entering
- The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps. 6–7.
- Solehudin, R. H. (2021). Ketahanan Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Di Era New Normal : Studi Kasus
- Penguatan Budaya Gotong Royong. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 3(2).
- Solehudin, R. H. (2022). Optimization of Business Strategies for Residential Properties. KnE Social Sciences.
- https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11521
- Ujunwa, D., Uche, M., & Oluwaseyi, J. (2020). Entrepreneurial potential self-assessment in times of COVID19: Assessing readiness, engagement, motivations and limitations among young adults in Nigeria.
- Ianna Journal of Interdisciplinary Studies, 2(1), 2735–9891.
- Zimmerer, T. W. (1996). Entrepreneurship and new venture formation. In Entrepreneur. ublisher PrenticeHall International.
Referensi
Abbas Sunarya, et al. (2011). Kewirausahaan. CV Andi Offset.
Aina, A. Q., Suwarsinah, H. K., & Burhanuddin, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku
Wirausaha Mompreneur (Studi Kasus : Komunitas Bunda Online). Forum Agribisnis, 8(1), 17–34.
https://doi.org/10.29244/fagb.8.1.17-34
Alma, B. (2009). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.
Castells, M. (2000). Materials for an exploratory theory of network society’. British Journal of Sociology., 5-24.
Corbett, A. C. (2005). Experiential Learning within the Process of Opportunity Identification and Exploitation. 29(4),
–491. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2005.00094.x
Demircioglu, M. A. C. (2020). Entrepreneurship in public organizations: the role of leadership behavior.
Small Bussines Economic, 57, 1107–1123.
Dwijayanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi
Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan
Kewirausahaan, 3(2), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180
Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP
(Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
Elgar, E. (2004). Informationalism, Networks, and the Network Society : a Theoretical Blueprint. The Network
Society: A Cross-Cultural Perspective, 1–73.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Lee., Craig, Hallak, R. (2020). Investigating the effects of offline and online social capital on tourism SME
performance: A mixed-methods study of New Zealand entrepreneurs. Tourism Management, 80,
Lévesque, M., & Stephan, U. (2020). It’s Time We Talk About Time in Entrepreneurship. Entrepreneurship:
Theory and Practice, 44(2), 163–184. https://doi.org/10.1177/1042258719839711
Liu, C.-H. S. H. (2020). Discovering differences in the relationship among social entrepreneurial orientation,
extensions to market orientation and value co-creation – The moderating role of social entrepreneurial
self-efficacy. Journal of Hospitality and Tourism Management, 42, 97–106.
Mumammad Rustam. (2017). Network Society, Internet, dan Aktifitas Komunikasi Masyarakat. Studi
Komunikasi Media, 21(2), 165–180.
No Name. (2023). Pemkot Depok Konsen terhadap Perkembangan UMKM. Berita Depok.
https://berita.depok.go.id/pemkot-depok-konsen-terhadap-perkembangan-umkm
Nopriadi, S., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2022). Effect Self Efficacy, Entrepreneurship Education and
Subjective Norms on Student Entrepreneurship Behavior Fkip Jambi University. Jurnal Pengabdian Dan
Kewirausahaan, 6(2), 99–108. https://doi.org/10.30813/jpk.v6i2.3748
Panicha Hatthakijphong, H.-I. T. (2019). Prioritizing successful entrepreneurial skills: An emphasis on the
perspectives of entrepreneurs versus aspiring entrepreneurs. This Leading International Journal, 34.
https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100603
Papulová, Z., & Papula, J. (2015). Entrepreneurship in the Eyes of the Young Generation. Procedia Economics
and Finance, 34(15), 514–520. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01662-7
Reames, K. L. (2007). Women and Race in Contemporary U.S. Writing. In American Literature Readings in the
st Century. Palgrave Macmilan
Ruiz, J., Olivieri, G., De Vree, J., Bosma, R., Willems, P., Reith, J. H., Eppink, M. H. M., Kleinegris, D. M. M.,
Wijffels, R. H., & Barbosa, M. J. (2016). Towards industrial products from microalgae. Energy and
Environmental Science, 9(10), 3036–3043. https://doi.org/10.1039/c6ee01493c
Solehudin. (2023). Entrepreneur, Dinamika Sosial Ekonomi Bisnis Kos Di Perkotaan. Uhamka Press.
Solehudin et.al. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society
. 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ) Social Science Entering
The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps. 6–7.
Solehudin, R. H. (2021). Ketahanan Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Di Era New Normal : Studi Kasus
Penguatan Budaya Gotong Royong. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 3(2).
Solehudin, R. H. (2022). Optimization of Business Strategies for Residential Properties. KnE Social Sciences.
https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11521
Ujunwa, D., Uche, M., & Oluwaseyi, J. (2020). Entrepreneurial potential self-assessment in times of COVID19: Assessing readiness, engagement, motivations and limitations among young adults in Nigeria.
Ianna Journal of Interdisciplinary Studies, 2(1), 2735–9891.
Zimmerer, T. W. (1996). Entrepreneurship and new venture formation. In Entrepreneur. ublisher PrenticeHall International.
