Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kegiatan Edukasi Kewirausahaan Sebagai Penunjang Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19 adalah bagian dari bentuk edukasi dan pendampingan terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak Covid-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi pelaku UMKM untuk menginovasi bisnisnya di masa post pandemi covid-19. Metode: Metode yang digunakan, yaitu kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara langsung kepada pengusaha UMKM yaitu Bakso Mak Toyib, Depok. Hasil: Hasilnya, pelaku UMKM dapat menginovasi bisnisnya di masa post pandemi covid-19. Kesimpulan: Memberikan ide-ide inovasi bisnis serta teknik promosi secara digital sesuai dengan kewirausahaan modern yang mengedepankan kreativitas dan inovasi.

Keywords

Edukasi Kewirausahaan Ekonomi Kreatif Program Kemitraan Masyarakat

Article Details

How to Cite
Atmawidjaja, R. H. S., Rudy Gunawan, Imas Fatimah, Ahmad Suraji, Wirna Bardiyanti, & Ivan Sanjaya. (2023). Edukasi Inovasi Bisnis Untuk Pelaku UMKM Di Masa Post Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 12(2). https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12337

References

  1. Alma, B. (2009). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.
  2. Edwards, C. J., Bendickson, J. S., Baker, B. L., & Solomon, S. J. (2020). Entrepreneurship within the history of marketing. Journal of Business Research, 108(October 2019), 259–267. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.040
  3. Elgar, E. (2004). Informationalism, Networks, and the Network Society : a Theoretical Blueprint. The Network Society: A Cross-Cultural Perspective, 1–73.
  4. Fu’adi, I. F., Eko, B., & Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(2), 129855.
  5. Hakim, S., Naqqash, T., Nawaz, M. S., Laraib, I., Siddique, M. J., Zia, R., Mirza, M. S., & Imran, A. (2021). Rhizosphere Engineering With Plant Growth-Promoting Microorganisms for Agriculture and Ecological Sustainability. Frontiers in Sustainable Food Systems, 5(February), 1–23. https://doi.org/10.3389/fsufs.2021.617157
  6. Honig, B. C. H. (2019). Learning orientations and learning dynamics: Understanding heterogeneous approaches and comparative success in nascent entrepreneurship. He Journal of Business Research, 94, 28–41.
  7. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
  8. Lee., Craig, Hallak, R. (2020). Investigating the effects of offline and online social capital on tourism SME performance: A mixed-methods study of New Zealand entrepreneurs. Tourism Management, 80, 104128.
  9. Lévesque, M., & Stephan, U. (2020). It’s Time We Talk About Time in Entrepreneurship. Entrepreneurship: Theory and Practice, 44(2), 163–184. https://doi.org/10.1177/1042258719839711
  10. Liu, C.-H. S. H. (2020). Discovering differences in the relationship among social entrepreneurial orientation, extensions to market orientation and value co-creation – The moderating role of social entrepreneurial self-efficacy. Journal of Hospitality and Tourism Management, 42, 97–106.
  11. Nopriadi, S., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2022). Effect Self Efficacy, Entrepreneurship Education and Subjective Norms on Student Entrepreneurship Behavior Fkip Jambi University. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 6(2), 99–108. https://doi.org/10.30813/jpk.v6i2.3748
  12. Panicha Hatthakijphong, H.-I. T. (2019). Prioritizing successful entrepreneurial skills: An emphasis on the perspectives of entrepreneurs versus aspiring entrepreneurs. This Leading International Journal, 34.
  13. Reames, K. L. (2007). Women and Race in Contemporary U.S. Writing. In American Literature Readings in the 21st Century. Palgrave Macmilan.
  14. Satriyanto Wibowo, K. A. S. P. (2016). BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERWIRAUSAHA Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Indonesia Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah yang sering dijumpai di negara-negara berkembang , salah satunya Indonesia . Setiap pergantia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 8167–8198.
  15. Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
  16. Solehudin, R. H. (2022). Optimization of Business Strategies for Residential Properties. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11521
  17. Suryana. (2008). Kewirausahaan : pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.
  18. Zubaedi. (2014). Urgensi Pendidikan Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Ptki. Madania, 19(c), 147.

Most read articles by the same author(s)