Main Article Content

Abstract

Background: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, namun tantangan persaingan usaha yang semakin ketat menuntut adopsi strategi pemasaran yang efektif. Penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dengan fokus pada strategi pemasaran online. Studi kasus dilakukan pada Ceuem Frozen food, sebuah UMKM di Beji, Depok, yang menghadapi tantangan signifikan dalam memperluas jangkauan pasar. Metode: Metode penelitian melibatkan analisis kebutuhan, pelatihan pemilik usaha, dan implementasi strategi pemasaran online melalui platform media sosial dan situs web. Evaluasi dilakukan melalui pemantauan kinerja penjualan, interaksi pelanggan online, dan survei kepuasan pelanggan. Hasil: Terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah pelanggan baru dan peningkatan penjualan setelah implementasi strategi pemasaran online. Keberhasilan Ceuem Frozen food dalam menghadapi persaingan usaha di pasar lokal dapat diatribusikan pada pemanfaatan platform marketing digital, efektif media sosial, tampilan produk yang menarik, dan interaksi langsung dengan pelanggan melalui platform online. Kesimpulan: Pemahaman dan penguasaan strategi pemasaran online di kalangan pemilik UMKM, khususnya Ceuem Frozen food di Beji, Depok, merupakan faktor penting dalam keberhasilan bisnis mereka terutama dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital.

Keywords

competition frozen food online marketing Frozen food pemasaran online persaingan

Article Details

How to Cite
Solehudin, R. H., Gunawan, R., Ulumuddin, U., Kodir, A., Muttaqin, A., Tolkhah, L. M., & Mahfuddin, C. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) CeuEm Frozen food Di Beji Depok dalam Menghadapi Persaingan Usaha. Jurnal SOLMA, 12(3), 1326–1336. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12671

References

  1. Abbas Sunarya dkk. (2011). Kewirausahaan. CV Andi Offset.
  2. Ahayu, M. S. S., Azim, A., Tuluki, I., Asmagvira, A., Hippy, S. A., Haruna, M. I. A., Aziza, N. W., Talib, R. A., Yanju, A. R. R., Walinelo, Z., Kasim, R., Lantowa, J., & Gobel, Y. P. (2022). Optimalisasi Usaha Kuliner Berbasis Kearifan Lokal Dan Technopreneurship. In Abdi Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.241
  3. Aina, A. Q., Suwarsinah, H. K., & Burhanuddin, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Wirausaha Mompreneur (Studi Kasus : Komunitas Bunda Online). Forum Agribisnis, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.29244/fagb.8.1.17-34
  4. Alma, B. (2009). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum.
  5. Arifah, Z. Z., & Alif, F. J. Al. (2021). Analisis Strategi Dan Pengembangan Usaha Tria Cake &Amp; Catering Di Kota Rembang Pada Saat Pandemi Covid-19. In Journal of Food and Culinary. https://doi.org/10.12928/jfc.v4i2.5042
  6. Asnawiyah, A., Kapriani, K., Basar, N. F., Nurjaya, N., Hariyanti, H., Aisyah, N., & Anggraeni, D. (2022). Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Era Digitalisasi. In Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm). https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.6780
  7. Astuti, M., & Handayani, T. (2019). E-Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Desa Citeras Kec. Rangkasbitung Kab.Lebak-Banten. In Kaibon Abhinaya Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/ka.v2i1.1688
  8. Castells, M. (2000). Materials for an exploratory theory of network society’. British Journal of Sociology., 5-24.
  9. Corbett, A. C. (2005). Experiential Learning within the Process of Opportunity Identification and Exploitation. 29(4), 473–491.
  10. Demircioglu, M. A. C. (2020). Entrepreneurship in public organizations: the role of leadership behavior. Small Bussines Economic, 57, 1107–1123.
  11. Dwijayanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180
  12. Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
  13. Elgar, E. (2004). Informationalism, Networks, and the Network Society : a Theoretical Blueprint. The Network Society: A Cross-Cultural Perspective, 1–73.
  14. Fauza, N., Erningsih, E., Carolina, M., Oeli, D. W. A., Murni, E. M., Saragih, G., Harianja, K. M., Sulistiowati, N. A., Wati, S. W., Prawira, N. N., & Sandra, C. U. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing Di Masa New Normal. In Journal of Community Engagement Research for Sustainability. https://doi.org/10.31258/cers.2.3.115-122
  15. Fitriani, D. (2022). Pengaruh Penjualan Online Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap UMKM (STUDI KASUS UKM KABABOSS PURWAKARTA). In Wikara National Economic and Social Research Development. https://doi.org/10.54010/wikaranationaleconomicandsocialresearchdevelopment.v2i2.15
  16. Haptari, V. D., & Nugroho, R. (2019). Literasi Akuntansi Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul. In Kuat Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i3.632
  17. Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. In Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
  18. Hasan, M., Hayati, A. F., Miranda, M., Sasmita, F. A., & Shafar, M. R. (2021). Ekonomi Kreatif Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru: Kajian Kreativitas Dan Inovasi Pada UMKM Subsektor Kuliner. In Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (Jipe). https://doi.org/10.24036/011126360
  19. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
  20. Lévesque, M., & Stephan, U. (2020). It’s Time We Talk About Time in Entrepreneurship. Entrepreneurship: Theory and Practice, 44(2), 163–184. https://doi.org/10.1177/1042258719839711
  21. Mulyaningsih, T., Ratwianingsih, L., Hakim, A. R., & Mulyadi, M. (2021). Pelatihan Digitalisasi Dan Pengelolaan Produk UMKM Makanan Halal Tradisional Di Sukoharjo. In Kuat Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. https://doi.org/10.31092/kuat.v3i2.1401
  22. Mumammad Rustam. (2017). Network Society, Internet, dan Aktifitas Komunikasi Masyarakat. Studi Komunikasi Media, 21(2), 165–180.
  23. Nopriadi, S., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2022). Effect Self Efficacy, Entrepreneurship Education and Subjective Norms on Student Entrepreneurship Behavior Fkip Jambi University. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 6(2), 99–108. https://doi.org/10.30813/jpk.v6i2.3748
  24. Nursalam, A., & Alhifni, A. (2023). Pendampingan Pemasaran UMKM Unggulan Desa Wates Jaya Melalui Media Sosial Dan Marketplace. In Almujtamae Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7150
  25. Panicha Hatthakijphong, H.-I. T. (2019). Prioritizing successful entrepreneurial skills: An emphasis on the perspectives of entrepreneurs versus aspiring entrepreneurs. This Leading International Journal, 34.
  26. Papulová, Z., & Papula, J. (2015). Entrepreneurship in the Eyes of the Young Generation. Procedia Economics and Finance, 34(15), 514–520. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01662-7
  27. Pasaribu, M. K. N., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan Melalui Kemasan Ramah Lingkungan Dan Strategi Digital Marketing. In Bima Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275
  28. Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. In Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
  29. Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). In Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
  30. Rahman, Y., & Triani, A. R. (2023). Desain Kemasan Frozen Food Umkm Mr. Batagor. In Charity. https://doi.org/10.25124/charity.v6i1a.5911
  31. Rahmawati, M., Pratiwi, S. R., Lestary, T. T., & Waluyo, M. B. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran. In Begawi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.23960/begawi.v1i1.6
  32. Reames, K. L. (2007). Women and Race in Contemporary U.S. Writing. In American Literature Readings in the 21st Century. Palgrave Macmilan.
  33. Ruiz, J., Olivieri, G., De Vree, J., Bosma, R., Willems, P., Reith, J. H., Eppink, M. H. M., Kleinegris, D. M. M., Wijffels, R. H., & Barbosa, M. J. (2016). Towards industrial products from microalgae. Energy and Environmental Science, 9(10), 3036–3043. https://doi.org/10.1039/c6ee01493c
  34. Sari, A. D., Suharno, S., & Achmad, G. N. (2021). Pengaruh Inovasi Pemasaran Terhadap Kinerja Inovatif Dan Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Bontang. In Jurnal Sinar Manajemen. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1431
  35. Septiawati, R., Sujaya, F. A., Dewi, F., & Ariyani, R. M. (2022). Analisis Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Strategi E-Marketing Pada Umkm Saat Pandemi Covid-19 New Normal Di Karawang Jawa Barat (Studi Kasus Pada Beras Puri Karawang). In Jurnal Apresiasi Ekonomi. https://doi.org/10.31846/jae.v10i1.445
  36. Solehudin. (2023). Entrepreneur, Dinamika Sosial Ekonomi Bisnis Kos Di Perkotaan. Uhamka Press.
  37. Solehudin et.al. (2023). Building An Entrepreneurship Mindset Through Social Science Entering The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps Uhamka Jakarta ) Social Science Entering The Society 5 . 0 Era ( Critical Review E ntrepreneurship Urgency At Sps. 6–7.
  38. Solehudin, R. H. (2021). Ketahanan Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Di Era New Normal : Studi Kasus Penguatan Budaya Gotong Royong. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 3(2).
  39. Solehudin, R. H. (2022). Optimization of Business Strategies for Residential Properties. KnE Social Sciences, 7(12 SE-Articles). https://doi.org/10.18502/kss.v7i12.11521
  40. Sudarman, L., Jejen, L., Alam, H. S., & Mustakim, M. (2023). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kenzy Profil Melalui Media Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Patria Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24167/patria.v5i1.4240
  41. Ujunwa, D., Uche, M., & Oluwaseyi, J. (2020). Entrepreneurial potential self-assessment in times of COVID-19: Assessing readiness, engagement, motivations and limitations among young adults in Nigeria. Ianna Journal of Interdisciplinary Studies, 2(1), 2735–9891.
  42. Yeni, H., & Sl, J. F. I. (2021). Analisis Pengaruh Strategi Adaptasi Terhadap Kinerja UMKM Di Kabupaten Mamuju. In Akmen Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.37476/akmen.v18i3.2041
  43. Yuliawati, Y., Oesman, I. F., Syahril, D. S., & Yugistira, B. (2023). Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Di Desa Lebak Muncang Ciwidey. In Dedikasi PKM. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.28096
  44. Zimmerer, T. W. (1996). Entrepreneurship and new venture formation. In Entrepreneur. ublisher Prentice-Hall International

Most read articles by the same author(s)