Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas isi, indikator pencapain,dan aspek kognitif pada tes formatif buku teks Cerdas Berbahasa Kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode analisis deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Dalam metode dokumentasi, peneliti memegang check list untuk mencari variabel yang sudah ditentukan. Hasil yang ditemukan ditinjau dari kesesuaiannya dengan kompetensi dasar dan indikator capaian pada kurikulum 2013 revisi, maka alat evaluasi di buku terbitan nondinas ini sudah sesuai, artinya valid jika dinilai berdasarkan validitas isinya. Hal ini dibuktikan dengan tingginya hasil persentasi. Hasil persentasi menunjukan 100% sesuai. Butir soal sesuai kompetensi dasar yang ada pada kurikulum 2013 revisi. Selain itu, butir soal juga sesuai dengan materi yang disajikan di dalam buku teks, sehingga mampu mengukur tingkat penguasaan materi peserta didik. Berdasarkan diagram di atas menunjukan bahwa persentasi aspek pengetahuan sebesar 32%, aspek pemahaman sebesar 30%, aspek aplikasi sebesar 4%, aspek analisis sebesar 32%, dan aspek sintesis sebesar 2%. Alat evaluasi bentuk pilihan ganda pada teks ini dikatakan cukup sesuai dengan HOTS yang diinginkan dalam kurikulum 2013 revisi karena tingginya persentasi tiga aspek tingkat berpikir dasar (pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi), yakni sebesar 66%. Soal HOTS adalah soal yang mampu mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi, seperti menganalis, mensitesis, dan mengevaluasi. Kesimpulan penelitian ini bahwa alat evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA valid ditinjau dari validitas isi (Kompetensi dasar, indikator capaian, dan aspek kognitif). Hal ini ditujukan dengan perolehan skor, aspek kesesuaian kompetensi dasar dan indikator capaian 100% (sangat sesuai). Jika ditinjau berdasarkan aspek kognitif maka butir soal hanya mampu mengukur kognitif tingkat dasar saja, karena tingginya persentasi sebesar 66%. Dengan demikian alat evaluasi pada buku teks bahasa Indonesia Kelas X SMA dinilai valid ditinjau dari validitas isi, sehingga dapat digunakan sebagai sumber utama pembelajaran di kelas. Penelitian ini bermanfaat untuk akademisi dan guru untuk mempertimbangkan buku teks bahasa Indonesia yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Validitas Isi; Alat Evaluasi; Buku Teks