Analisis Kerusakan Katup pada Mesin Diesel 9 L21/31 Internal Combustion Engine

  • Ridwan Usman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: Kegagalan katup, Diagram sebab akibat (fishbone), analisis pengujian material

Abstract

Kerusakan katup buang (exhaust valve), pada mesin diesel L9 21/31. Unit 9 silinder 3 akibat proses pembakaran tidak sempurna, pembebanan termal, peningkatan panas berlebih (overheated) dan kelelahan material yang mengakibatkan patahan, retakan serta pengendapan deposite di daerah piringan katup. Untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan beberapa pengujian dilakukan seperti pengamatan visual makro, analisis komposisi kimia, kekerasan mikro dengan vickers, fraktografi, metalografi, patahan dengan SEM dan analisis kualitatif deposit dengan EDX. Hasil analisis komposisi kimia unsur pada material dasar katup (valve) terbuat dari baja Martensitic paduan Cr-Si. Dipengaruhi adanya kandungan Karbon berlebih dan perbedaan kekerasan antara lapisan dan material dasar HAZ katup buang (exhaust valve) akan bersifat rapuh dan tidak tahan terhadap temperatur tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ridwan Usman, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering

References

[1]. Ir. Djiteng Marsudi, 2005, Pembangkit Energi Listrik, Jakarta: Erlangga.

[2]. B Dinesh Prabu. 2013. “Valve & Valve Mechanism”. Melalui www.google.com/ Handbook 8.html [11/28/2013].

[3]. Kartika Ika dkk.2010.”Analisa Kerusakan Lapisan Kobalt pada Piringan Katup Buang Mesin Diesel”.Majalah Metalurgi. V25.3, ISSN 0126-3188/ hal 119-128.

[4]. Marlon Hetharia, 2012. “ Analisa Pengaruh Kapasitas Udara untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel” ARIKA, Vol.06, No.1 ISSN : 1978 – 1105.

[5]. …….”Penghantar Ilmu Logam”. UPT LUK (B2TKS) BPPT, Serpong.

[6]. Yildiz,2010. “Investigation of exhaust valve failure in heavy – duty diesel engine” Guzi University Journal of Science GUJ Sci. 23(4): 493-499.

[7]. ASM Metal Handbook : Volume 9. 1985. “Metallography and Microstructure, “ ASM International Handbook Committee. Ohio, 2004.

[8]. T Becker William and J. Shipley Roch.2002 Faikure Analysis and Prevention. Volume 10 of the ASM Handbook The Volume was prepared under the direction of the ASM Handbook Committee.

[9]. Yuvraj K lavhale, 2014. “Overview of failure trend of inlet & exhaust valve” IJMET Volume 5, Issue 3, March,pp.104-113.

[10]. ASM Metal Handbook : Volume 12. “Fractography “ . was Published. in 1987 ASM International Handbook Committee.

[11]. Caesarvery.2012 . “Pengujian Komposisi Spectrometry”. Melalui www,google.com/blogspot.com/gc-ms-html.22/12/14

[12]. ASM Metal Handbook : Volume 19 “Fatigue And Fracture”. was published in 1996 ASM International Handbook Committee.

[13] Richard H.G & Wrighton “ Practical Microscopical Metallograohy” chapman Hall Ltd. 1971.
Published
2017-12-08
How to Cite
Usman, R. (2017). Analisis Kerusakan Katup pada Mesin Diesel 9 L21/31 Internal Combustion Engine. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 1(1), M203 - M212. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/894