Pengaruh Temperatur Pendingin Mesin terhadap Kinerja Mesin Induk di KM TRIAKSA

  • Mohammad Yusuf Djeli Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Andi Saidah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: Daya Indikator Mesin

Abstract

Mesin diesel 2 tak adalah salah satu jenis mesin diesel dimana satu siklus pembakaran terjadi dalam dua langkah/gerakan piston (1 kali langkah maju 1 kali langkah mundur), atau satu putaran poros engkol. Sedangkan Mesin Diesel 4 tak adalah sebuah mesin diesel yang mana satu siklus pembakaran terjadi dalam 4 gerakan langkah piston (2 langkah maju dan 2 langkah mundur), atau dua putaran poros engkol. Dari hasil penelitian dihasilkan antara lain terjadinya penurunan suhu rata-rata Log (LMTD) pada sistem pendingin air tawar dan air laut yaitu dari 6,64o C menjadi 4,89o C, penyerapan panas di dalam sistem pendingin juga mengalami penurunan sebesar 13,521%. akibatnya Daya Indikator mengalami peningkatan sebesar 7,99%, turunnya Tekanan Injektor dari 17,45 kg/cm2 menjadi 17,06 kg/cm2 , sehinggadaya yang dihasilkan di ruang bakar (Ni) turun dari 1290,16kW menjadi 1187,13kW, atau turun sebesar 7,99 %. dan tekanan Injektor memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap Konsumsi Bahan Bakar Spesifik (specific fuel oil consumption), yaitu terjadinya penurunan pada tekanan injektor mengakibatkan naiknya kebutuhan bahan bakar untuk menghasilkan daya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mohammad Yusuf Djeli, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering

Andi Saidah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering

References

[1 ] Aris munandar, Wiranto 1973, Motor Bakar Torak Bandung : Penerbit ITB.

[2 ] Aris Munandar, Wiranto dan Koichi Tsuda 1997, Motor Diesel Putaran Tinggi, Bandung, Pradya Paramita.

[3 ] Frenniko Eka Bestari “ Analisa Karakteristik Kebutuhan Daya Listrik pada Kapal Ferry Dalam Rangka Efisiensi Energi. Department of Marine Enginering, Faculty of Marine Technology, Sepuluh Nopember Institute of Technology Surabaya.

[4 ] Matondang 1986, Motor Bakar Jakarta : Bharatara Karya Aksara.

[5 ] Rahardjo Tirtoatmodjo.Peningkatan Performance Motor Bensin 4 Tak 3 Slinder yang Menggunakan Bahan Bakar Gas dengan Penambahan Blower dan Sistem Injeksi www.puslit.petra.ac.id/journals/mechanical/. Jurusan Teknik Mesin – Universitas Kristen Petra.

[6 ] Usman, Robingu dan Sardjijo. 1979 Motor Bakar 3. Jakar, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Published
2017-12-08
How to Cite
Djeli, M. Y., & Saidah, A. (2017). Pengaruh Temperatur Pendingin Mesin terhadap Kinerja Mesin Induk di KM TRIAKSA. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 1(1), M194 - M198. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/892