Pengaruh Starter Ragi dalam Proses Pembentukan Biogas Limbah Buah

Authors

  • Delvis Agusman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Rifky Rifky Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Ario Kilat Buono Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Keywords:

Biogas, CO2, Limbah buah-buahan

Abstract

Pemanfaatan limbah buah-buahan sebagai bahanbaku yang menggunakan ragi dan tidak menggunakan ragi dengan kapasitas 15 kg dan proses fermentasi selama 21 hari dilakukan 5 tahap pengujian dan 2 tahap pengujian menggunakan gas analyzer untuk mengetahui hasil proses fermentasi.  Selama 5 tahap pengujian hanya 2 tahap pengujian saja yang menggunakan manometer U untuk melihat tekanan dari proses fermentasi dengan melihat ketinggian air. Pengujian pertama gas analyzer yang menggunakan ragi hasil dari karbon di oksida (CO2) 65,7 % dan gas metan (CH4) 7,2 %, sedangkan pada pengujian kedua yang tidak menggunakan ragi hasil dari karbon dioksida (CO2) 76,3 % dan gas metan (CH4) 9,9 %. Kandungan karbon dioksida (CO2) yang terlalu tinggi tidak mengakibatkan gas buang yang dihasilkan dari proses fermentasi buah-buahan tidak dapat melakukan proses pembakaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Delvis Agusman, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering

Rifky Rifky, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering

Ario Kilat Buono, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering

References

[1]. Wahyuni, SE, MP, Sri, 2013. Panduan Praktis BIOGAS, Bogor. Penerbit: Penebar Swadaya.

[2]. Wahyuni, SE, MP, Sri, 2013. Biogas Energi Alternatif Pengganti BBM, Gas, dan Listrik, Bogor. Penerbit: Agro Media.

[3]. Handoyo M.Eng, Dr. Ir, dkk, 2014. Panduan Praktis Membuat Biogas Portable Skala Rumah Tangga dan Industri, Bandar Lampung. Penerbit: ANDI

[4]. Bayuseno, Athanasius P, 2009, "Penerapan Dan Pengujian Model Teknologi Anaerob Digester Untuk Pengolahan Sampah Buah-Buahan Dari Pasar Tradisional”, Semarang, Program Magister Teknik Mesin, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro.

[5]. Judoamidjojo, R. Muljono, Sa'id, E. Gumbira, Hartoto, Liesbetini, 1989, Biokonversi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Pusat Antar Universitas Bioteknologi, Institiut Pertanian Bogor.

[6]. Yenni, Dewilda, Yommi, Mutia sari, Serly, 2012,”Uji Pembentukan Dari Substrat Sampah Sayur Dan Buah Dengan Ko-Substrat Limbah Isi Rumen Sapi”, Jurnal Teknik Lingkungan, Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Andalas

[7]. Nur Sasongko, Mega, 2014,”Pengaruh Prosentase CO2 Terhadap Karakteristik Pembakaran Difusi Biogas”, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Brawijaya.

[8]. Yuliani, Cici, Nugrahini, Panca, 2014,”Pengolahan Sampah Organik (Buah - Buahan) Pasar Tugu Menjadi Biogas Dengan Menggunakan Starter Kotoran Sapi Dan Pengaruh Penambahan Urea Secara Anaerobik Pada Reaktor Batch”, Bandar Lampung, Jurnal Teknik Kimia, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Lampung.

[9]. Wawang Armansyah, http://www.rumuskimia.net/2015/12/rumus-kimia-metana.html#(17 September 2016)

[10]. Elizabeth Wina, 1999, ”Pemanfaatan Ragi (Yeast) Sebagai Pakan Imbuhan Untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Ruminansia”, Balai Penelitian Ternak, Bogor

[11]. Karlina Simbolon, 2008, "Pengaruh Presentase Ragi Tape Dan Lama Fermentasi terhadap Mutu Tape Ubi jalar”, Departemen Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatra Utara.

[12]. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-2-00812HM%20Bab2001.pdf, Landasan Teori Ragi (08 November 2016)

[13]. Darimiyya Hidayati, dkk, 2013, "Pola Pertumbuhan Ragi Tape Pada Fermentasi Kulit Singkong”, Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.

[14]. https://iksan35.wordpress.com/fisika-xi2/fluida/fluida-zat-alir/ (09November 2016)

[15]. Ellis Kartika, 2009, "Alat Ukur Massa Jenis Zat Cair Dengan Menggunakan Metode Mohr”, Skripsi, Program Studi Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.

Published

2017-11-29

How to Cite

Agusman, D., Rifky, R., & Buono, A. K. (2017). Pengaruh Starter Ragi dalam Proses Pembentukan Biogas Limbah Buah. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2, M37 - M43. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/800

Most read articles by the same author(s)