Pengaruh Penggunaan Limbah Plastik sebagai Campuran Bahan Bakar Premium terhadap Prestasi Mesin Sepeda Motor Merk-X

  • Untung Surya Dharma Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung
  • Dwi Irawan Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung
Keywords: Minyak plastik, proses dua kali pirolisis, karakteristik minyak plastik

Abstract

Limbah plastik dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku minyak plastik dengan menggunakan proses pirolisis. Minyak plastik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai zat aditif atau campuran bahan bakar pada mesin. Untuk mengetahui pengaruh minyak plastik sebagai campuran bahan bakar premium terhadap prestasi mesin dilakukan pengaplikasian langsung pada sepeda motor merk-X dengan spesifikasi teknis volume silinder 179,8 cm2 , Tekanan Pembakaran 98 N/cm2 , Torsi maksimum 15,22 Nm pada 6000 rpm, Daya maksimum 12,15 kW pada 8000 rpm. Pengambilan data dilakukan pada dua kondisi yaitu kondisi stasioner untuk mengukur torsi yang terjadi dan konsumsi bahan bakar untuk menghitung daya dan pemakaian bahan bakar spesifik. Pengambilan data pada road test untuk mendapatkan nilai akselerasi dan pemakaian bahan bakar pada kondisi real dijalanan. Dari data - data pengujian dan hasil perhitungan ketahui bahwa pada campuran perbandingan minyak plastik premium adalah 1 : 4 menghasilkan torsi dan daya mendekati nilai premium murni tanpa campuran yaitu sebesar 12,55 Nm dan 7,88 kW pada 6000 rpm dengan nilai percepatan yang lebih baik. Konsumsi bahan bakar pada saat pengujian stasioner uji torsi sebesar 0,72 kg/jam pada 6000 rpm dan pada saat road test hanya sebesar 0,41 liter pada kecepatan 100 km/jam. Secara keseluruhan penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin banyak campuran minyak plastik ( 2 : 4 dan 3 : 4) maka nilai torsi dan daya yang dihasilkan mesin sepeda motor akan semakin rendah, sedangkan konsumsi bahan bakar akan semakin besar (boros).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Untung Surya Dharma, Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung

Departemen Teknik Mesin

Fakultas Teknik

Dwi Irawan, Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung

Jurusan Teknik Mesin
Fakultas Teknik

References

Arismunandar,wiranto.(1980). Penggerak Mula Motor Bakar Torak.Bandung : ITB.

Santoso Joko, 2010, Uji Sifat minyak plastic Pirolisis dan Uji Perormasi Kompor Berbahan Bakar Minyak Pirolisis dari Sampah Plastik.

Adityo, Suryo, A.W., 2011. Studi Sifat Minyak Pirolisis Campuran Sampah Biomassa dan Sampah Plastik Prolypropylene (PP). Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Untung surya D dan Irawan D. 2015. Analisa Karakteristik Minyak Plastik Hasil Dua Kali Proses Pirolisis. Jurnal Turbo, Vol. 4 No 1. ISSN 2301-6663.

PT. Artha teknindo – artech, Mengolah Limbah Plastik Menjadi Energi.www.artech.co.id , bekasi. Akses tanggal 22 juni 2013.

Stephen Turn R. 2000, An Introduction to Combustion, second edition, Mc.GrawHill, USA.
Published
2017-10-01
How to Cite
Dharma, U. S., & Irawan, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Limbah Plastik sebagai Campuran Bahan Bakar Premium terhadap Prestasi Mesin Sepeda Motor Merk-X. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 1(1), 132-139. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/613