Analisa Penyebab Kegagalan Kemasan Cup Minuman Instan Aloe Vera

Indonesian

  • Renty Anugerah Mahaji Puteri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Meri Prasetyawati Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

- IKM mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. Dalam hal ini adalah IKM yang berlokasi di Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur yang berbahan baku herbal yang kemudian diolah menjadi makanan dan minuman. Salah satu dari sekian tanaman herbal yang digunakan adalah lidah buaya atau aloe vera. Pada studi pendahuluan yang telah dilaksanakan, diketahui permasalahan yang ditemui pada IKM tersebut diantaranya adalah masih ada dampak dengan adanya kemasan cup minuman instan aloe vera diantaranya penyok, pecah, Maka dibuatlah rancangan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah tersebut diatas berupa perancangan ulang kemasan cup minuman instan aloe vera. Tujuan dari penelitian ini diantaranya mengidentifikasi atribut apa saja dalam diperlukan dalam menentukan kemasan cup minuman aloe vera dan memberikan usulan dalam menentukan kemasan cup minuman aloe vera. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa penyebab dengan Fishbone Diagram dan analisa dengan Failure Methode And Effect Analysis yang terdiri dari identifikasi proses atau produk, analisis kemungkinan setiap potensi mode kegagalan, analisis efek yang ditimbulkan dari terjadinya setiap potensi kegagalan (potential failure mode), menentukan peringkat atau ranking, menghitung nilai Risk Priority Number atau RPN, membuat daftar prioritas perbaikan untuk memperbaiki atau mencegah terjadinya potensi mode kegagalan (potential failure mode), serta membuat analisis usulan perbaikan. Didapat hasil bahwa penyebab kegagalan adalah belum adanya SOP, belum adanya waktu standar melakukan proses pengemasan, ukuran penutup cup dengan meisn kurang sesuai. Tidak adanya pengaturan suhu dan material kemasan kurang sesuai.

Author Biographies

Renty Anugerah Mahaji Puteri, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik
Meri Prasetyawati, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik

References

Rosnani Ginting. Perancangan Produk, Graha Ilmu. 2009.

Indranata ,Iskandar. Pendekatan Kualitatif Untuk Pengendalian Kualitas. Jakarta : Universitas Indonesia Press. 2008

Crow, K. Failure Modes and Effects Analysis (FMEA). DRM Associates. 2002

Kevin, A. Lange, Steven, C.Legget dan Beth, Beker.. Potential Failure and Effect Analysis. AIAG Press. 2001

Hardianto Iridiastadi, Yassierli. Ergonomi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya. 2016

Dr. Ir. Saludin, M.Kom. Desain Untuk Six Sigma. Mitra Wacana Media.2016

Amin Syukron. Pengantar Manajemen Industri. Graha Ilmu. 2014
Published
2019-01-11
How to Cite
MAHAJI PUTERI, Renty Anugerah; PRASETYAWATI, Meri. Analisa Penyebab Kegagalan Kemasan Cup Minuman Instan Aloe Vera. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 3, p. M27-M31, jan. 2019. ISSN 2580-6408. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2909>. Date accessed: 24 may 2019. doi: https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2909.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.