Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP

Authors

  • Tareq Ilham Pramadana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Slamet Soro Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Rizki Dwi Siswanto Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Keywords:

Bandara Matematika, Bangun Datar Sederhana dan Android

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi bandara matematika berbasis Android untuk siswa tingkat SMP, serta mengetahui kualitas produk aplikasi mobile learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D. Tahapannya ada 4 tahap, yaitu: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Develop (pengembangan), dan 4) Disseminate (penyebarluasan). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba publik dengan 48 responden. Hasil penelitian menunjukkan apikasi bandara matematika berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media dalam aspek kualitas tampilan 87,5% dengan kriteria sangat baik, aspek tulisan sebesar 83,33% dengan kriteria sangat baik dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 89,06% dengan kriteria sangat baik. Penilaian ahli materi dalam aspek materi sebesar 88,09% dengan kriteria sangat baik, aspek pembelajaran sebesar 87,50% dengan kriteria sangat baik dan aspek evaluasi sebesar 75% dengan kriteria cukup. Uji coba publik menggunakan google form didapatkan hasil kualitas aplikasi dalam aspek kualitas tampilan sebesar 82,90% dengan kriteria baik, aspek tulisan sebesar 86,98% dengan kriteria sangat baik dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 86,40% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi bandara matematika berbasis Android pada materi bangun datar sederhana layak digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika di tingkat SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tareq Ilham Pramadana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Slamet Soro, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rizki Dwi Siswanto, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

(2017, Desember 26). Retrieved from Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh: http://disbudpar.acehprov.go.id/sekilas-tentang-wisata-halal/

Morrison, A. F. (2010). Hospitality & Travel Marketing. In 2010. Delmar Cengage Learning.

Pitana, I. G., & Diarta, I. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Yogyakarta.

Syakhala, A. R., Puspitaningrum, D., & Purwandari, E. P. (2015, November). Perbandingan Metode Principle Component Anlysis (PCA) Dengan Metode Hidden Markov Model (HMM) Dalam Pengenalan Identitas Seseorang Melalui Wajah. Jurnal Rekursif, Volume 3 No 2.

Yusendra, M. E. (2015, Januari). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Magister Managemen Volume 1 No 1

Published

2019-01-10

How to Cite

Pramadana, T. I., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2019). Pengembangan Aplikasi Bangun Datar Sederhana (Bandara) Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Sederhana di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 3, I13-I16. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2894