Perancangan Conveyor Mini untuk Pemilahan Buah Berdasarkan Ukuran yang Dikendalikan oleh Mikrokontroller Atmega16

  • Partaonan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Benny Oktrialdi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Cholish Cholish Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan

Abstract

Berkembang dan bervariasi, untuk memenuhi kebutuhan tersebut industri membutuhkan suatu alat yangdapat mengontrol dan mengendalikan proses permesinan secara otomatis sehingga mempermudah danmenghemat tenaga manusia. sebagian besar industri menerapkan sistem control menggunakanMikrokontroller sebagai alat kontrol kerja produksi, sepertiĀ  alat conveyor untuk pemilahan buah berdasarkan ukuran yang dikendalikan oleh Mikrokontroller ATMEGA16, dengan menggunakan sensorultrasonic sebagai pengukur ukuran objek dan kombinasi photodioda dan motor servo dapat mendeteksikeberadaan objek lalu dapat mensortirnya. Perancangan conveyor pada penelitian ini menggunakan jenis Belt Conveyor dengan komponen utama roller dari bahan pvc, kerangka dari bahan akrelit, sabuk (Belt) dari bahan lakban, motor dc sebagai penggerak sabuk juga roda gigi (pulley) dan Terdapat 3 buah motor servo yang difungsikan untuk memilah buah jeruk berdasarkan ukuran kecil, sedang, dan besar. Perancangan conveyor yang dilengkapi pemilah benda ini dapat dibuat dengan menggunakan ATMEGA 16 sebagai kontrolernya. Sensor ultrasonic HC-SR04 berfungsi dengan baik untuk mengukur ukuran objek, dan kombinasi photodioda dan motor servo dapat mendeteksi keberadaan objek lalu dapat memilahnya. Kemudian data dicacah oleh mikrokontroller dan ditampilkan pada layar LCD.

Author Biographies

Partaonan Harahap, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering
Benny Oktrialdi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering
Cholish Cholish, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering
Published
2018-12-22
How to Cite
HARAHAP, Partaonan; OKTRIALDI, Benny; CHOLISH, Cholish. Perancangan Conveyor Mini untuk Pemilahan Buah Berdasarkan Ukuran yang Dikendalikan oleh Mikrokontroller Atmega16. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 3, p. E37-E42, dec. 2018. ISSN 2580-6408. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2818>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2818.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.