Alat Daur Ulang Limbah Akrilik Metode Pemanas

Authors

  • Dimas Prakoso Prodi Sarjana Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • Noviyanti Nugraha Prodi Sarjana Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • Moh Haddad Ali Z Prodi Sarjana Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • Dzarrghifa Prodi Sarjana Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • M. Fauzan Prodi Sarjana Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

daur ulang, akrilik, pemanasan, tekan

Abstract

Akrilik merupakan material yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk produk-produk pengganti kaca karena sifat nya yang tidak mudah pecah dan transparan. Hasil produksi akrilik menghasilkan limbah akrilik yang cukup banyak. Pada penelitian ini dirancang dan dibuat alat yang dapat mendaur ulang limbah akrilik dengan metode pemanasan dan tekan. Perancangan alat daur ulang limbah akrilik ditujukan untuk skala industri kecil dengan massa akrilik yang akan dilelehkan 100gr. Perancangan dan pembuatan meliputi konstruksi, mekanisme penekanan, pemilihan bahan cetakan dan sistem pemanas yang digunakan, pembuatan meliputi rangka dan cetakan, selain itu dilakukan analisis menggunakan solidwork untuk menganalisa kekuatan konstruksinya. Hasil perancangan dan pembuatan didapatkan dimensi rangka sebesar 350x350x708 mm. Pembuatan cetakan terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari cetakan atas dan bawah dengan dimensi sebesar 150x150 mm. Hasil penelitian alat daur ulang limbah akrilik ini mampu melelehkan akrilik 100gr dengan temperatur cetakan 288°C membutuhkan waktu selama 50 menit sehingga menghasilkan produk akrilik yang baik. Berdasarkan hasil perancangan menggunakan solidworks didapatkan tegangan maksimum tiang 16,3 (Mpa), Sf = 15,3 dan defleksi 0,337 mm, tegangan maksimum rangka kaki 6,67 (Mpa), Sf = 37,5 dan defleksi 0,00964mm dan didapatkan tegangan maksimum pegas 513 (Mpa), Sf = 1,03 dan defleksi 91,14 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Arsitag, “Mengenal Lebih Dalam Tentang Akrilik Akrilik”, 2017.

. Groover, P. Mikell, “Fundamentals Of Modern Manufacturing Materials, Processes, and Systems, Fourth Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc, 2010.

. Hermanda Commander Budiman. “Perancangan dan pembuatan mesin penekuk akrilik”, Universitasm Islam Indonesia, 2016.

. Hayde Starizqy Dirgatama Girsang, Faza Wahmuda. “Ekperimen produk fungsional limbah akrilik dengan teknik pemanas dalam penerapan desain fesyen aksesoris”, Institut Adhi Tama., Surabaya., 2018.

. Crawford, RJ, “Plastic Engineering”. Third Edition. Amsterdam: Pergamon Press, 1987.

. Moh Haddad Ali Z. “Perancangan alat daur ulang limbah akrilik skala industri kecil dengan metode pemanas”, Tugas Akhir., Teknik Mesin., Institut Teknologi Nasional Bandung., Indonesia, 2020.

. Dimas Prakoso. “Pembuatan alat daur ulang limbah akrilik skala industri kecil dengan metode pemanas”, Tugas Akhir., Teknik Mesin., Institut Teknologi Nasional Bandung., Indonesia, 2020.

Published

2022-01-01

How to Cite

Prakoso, D., Nugraha, N., Ali Z, M. H., Dzarrghifa, & Fauzan, M. (2022). Alat Daur Ulang Limbah Akrilik Metode Pemanas. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 298 –. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10304