Manufakturing dan Pengujian Alat Pengganti Oli Gardan

Authors

  • Bachtiar Prabowo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila
  • Fafian Farras Jauza Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila
  • Eko Prasetyo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila

Keywords:

trasnmisi, gardan, assembly, manufakturing

Abstract

Penggunaan cara manual dalam perawatan gardan, khususnya saat penggantian oli berkala mengalami beberapa tahap yang merepotkan. Selain itu, derat baut tap pada trasmisi dan gardan yang sering rusak akibat cara yang salah dan tidak hati-hati. Hal ini mengakibatkan terjadinya kebocoran oli pada gardan. Penggunaan alat yang lama tidak optimal, sebab alat yang lama hanya bisa melakukan pengisian gardan saja. Namun, pengurasan oli hanya bisa dilakukan secara manual sehingga hasil perancangan diperoleh desain alat yang dapat menguras dan mengisi oli gardan sekaligus. Metode dalam pembuatan alat ini menggunakan metode DFM dan DFA. Pada manufakturing ini diharapkan dapat menjelaskan proses pembuatan alat ini. Alat yang dikembangkan ini diharapkan mampu membantu mekanik dan masyarakat dalam proses perawatan gardan lebih mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

PT. TOYOTA and ASTRA MOTOR, New Step: Training Manual. Jakarta: Toyota, 2012.

M. Ashby, Materials and the Environment: Eco-informed Material Choice: Second Edition. Oxford: Elsevier, 2012.

B. Sulaksono, “Proses Manufaktur Mesin Roll Bending Pipa Model Vertikal dengan Jenis Pipa Stainless Steel Diameter ¾ Inchi,” Jurnal Mekanika Teknik Mesin S-1 FTUP, vol. 14, no. 2, pp. 47–51, 2016.

S. K. S. R. Schmid, Manufacturing Engineering and Technology, Seventh Ed. London: Pearson, 2013.

W. A. Knight and G. Boothroyd, Fundamentals of Metal Machining and Machine Tools. Florida: CRC Press, 2019.

H. Budiarso, Sistem Fluida: Prinsip Dasar dan Penerapan Mesin Fluida, Sistem Hidrolik, dan Sistem Pneumatik. Jakarta: Erlangga, 2015.

Published

2022-01-01

How to Cite

Prabowo, B., Jauza, F. F., & Prasetyo, E. (2022). Manufakturing dan Pengujian Alat Pengganti Oli Gardan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 271–280. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10297