Main Article Content
Abstract
Background: Situasi saat pandemi covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap kegiatan seni budaya di Kelurahan Purbayan. Maka dari itu untuk menghidupkan eksistensi seni budaya di Kelurahan Purbayan dilakukan pementasan secara virtual agar kebudayaan tetap bisa dilestarikan. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk melatih pementasan virtual seni budaya dalam recovery dampak covid-19 terhadap keberlangsungan desa seni budaya di Kelurahan Purbayan. Metode: Mitra dari kegiatan ini yaitu masyakat yang berada di Kelurahan Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Jumlah peserta yang mengikuti kegiata ini yaitu 35 orang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan mulai dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi terkait pementasan virtual seni budaya. Hasil: Hasil kegiatan ini telah terjadi peningkatan pemahaman mitra sebesar 45,84% untuk para pemeran pementasan seni budaya dan sebesar 40% untuk tim kreatif. Para pelaku seni budaya dan tim kreatif sebagai sasaran kegiatan sangat antusias mengikuti kegitan pelatihan ini. Setelah pelatihan secara intensif maka mitra dapat secara mandiri melakukan pementasan virtual seni budaya. Kesimpulan: Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan pementasan virtual seni budaya Kelurahan Purbayan berhasil dan meningkatkan pemahaman mitra.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Amriyeni, M. (2013). Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat Kelas X SMA Negeri 8 Padang. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2(1), 56–62.
- Anurogo, W., Lubis, M. Z., Hartono, Pamungkas, D. S., & Dilaga, A. P. (2017). Ketahanan Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat Dalam Penguatan Ekonomi Lokal Dan Pelestarian Sumberdaya Kebudayaan Kawasan Kotagede Yogyakarta. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, 23(2), 114–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22146/jkn.25929
- Fajri, C. (2015). PERSEPSI MASYARAKAT KOTAGEDE TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI OLEH ORGANISASI FORUM JOGLO UNTUK PELESTARIAN BUDAYA DI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Humanika, 15(1), 49–65.
- Fatimah, N., & Hayati, E. H. (2021). Adaptasi Pekerja Seni Musik Dangdut di Masa Pandemi COVID - 19. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.244
- Hakim, M. F. N. (2018). Pelestarian Kotagede Sebagai Pusat Pariwisata Heritage Kota Tua Di Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1). https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.2805
- Hermawati, S. (2008). Seni Budaya Jilid 2 untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
- Lim, F. (2008). Filsafat Teknologi Tentang Manusia & Alat. Kanisius.
- Mayer, R. (2017). Using Multimedia for e-learning. Journal of Computer Assested Learning, 33(5), 403–423. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jcal.12197
- Mulyaningsih, N. N., Saraswati, D. L., & Ningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Era COVID-19. S O L M A, 10(02), 329–337. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.6021
- Omodara, & Adu. (2014). Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(2), 48–51. https://doi.org/10.9790/7388-04214851
- Prasetya, J. T. (2013). Ilmu Budaya Dasar. Rineka Cipta.
- Prasetyadilaga, A., & Baiquni, M. (2016). Pengelolaan Paket Wisata Budaya Kotagede Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 5(3), 1–6.
- Pusporetno, M. (2014). Kotagede Sebagai Kawasan Wisata Budaya Dan Sejarah, Wisata Spiritual, Wisata Kuliner Dan Belanja. Pariwisata Dan Ekonomi, 1(1), 8.
- Suharijadi, D. (2021). Pementasan Daring: Kaidah Baru dalam Penyajian Seni Pertunjukan. Susastra: Jurnal Ilmu Susastra Dan Budaya, 10(1), 12–21.
- Suryani, A. (2018). Kelurahan Purbayan. Retrieved from Gambaran Umum Kelurahan Purbayan. 2018, Desember 15. https://purbayankel.jogjakota.go.id/page/index/gambaran-umum
- Susilowati, T. (2018). Learning Application of Lampung Language Based on Multimedia Software. International Journal of Engineering and Technology, 7(27), 175–181. https://doi.org/https://doi:10.14419/ijet.v7i2.27.9942
References
Amriyeni, M. (2013). Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat Kelas X SMA Negeri 8 Padang. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2(1), 56–62.
Anurogo, W., Lubis, M. Z., Hartono, Pamungkas, D. S., & Dilaga, A. P. (2017). Ketahanan Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat Dalam Penguatan Ekonomi Lokal Dan Pelestarian Sumberdaya Kebudayaan Kawasan Kotagede Yogyakarta. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, 23(2), 114–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22146/jkn.25929
Fajri, C. (2015). PERSEPSI MASYARAKAT KOTAGEDE TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI OLEH ORGANISASI FORUM JOGLO UNTUK PELESTARIAN BUDAYA DI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Humanika, 15(1), 49–65.
Fatimah, N., & Hayati, E. H. (2021). Adaptasi Pekerja Seni Musik Dangdut di Masa Pandemi COVID - 19. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.244
Hakim, M. F. N. (2018). Pelestarian Kotagede Sebagai Pusat Pariwisata Heritage Kota Tua Di Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1). https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.2805
Hermawati, S. (2008). Seni Budaya Jilid 2 untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Lim, F. (2008). Filsafat Teknologi Tentang Manusia & Alat. Kanisius.
Mayer, R. (2017). Using Multimedia for e-learning. Journal of Computer Assested Learning, 33(5), 403–423. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jcal.12197
Mulyaningsih, N. N., Saraswati, D. L., & Ningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Era COVID-19. S O L M A, 10(02), 329–337. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.6021
Omodara, & Adu. (2014). Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(2), 48–51. https://doi.org/10.9790/7388-04214851
Prasetya, J. T. (2013). Ilmu Budaya Dasar. Rineka Cipta.
Prasetyadilaga, A., & Baiquni, M. (2016). Pengelolaan Paket Wisata Budaya Kotagede Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 5(3), 1–6.
Pusporetno, M. (2014). Kotagede Sebagai Kawasan Wisata Budaya Dan Sejarah, Wisata Spiritual, Wisata Kuliner Dan Belanja. Pariwisata Dan Ekonomi, 1(1), 8.
Suharijadi, D. (2021). Pementasan Daring: Kaidah Baru dalam Penyajian Seni Pertunjukan. Susastra: Jurnal Ilmu Susastra Dan Budaya, 10(1), 12–21.
Suryani, A. (2018). Kelurahan Purbayan. Retrieved from Gambaran Umum Kelurahan Purbayan. 2018, Desember 15. https://purbayankel.jogjakota.go.id/page/index/gambaran-umum
Susilowati, T. (2018). Learning Application of Lampung Language Based on Multimedia Software. International Journal of Engineering and Technology, 7(27), 175–181. https://doi.org/https://doi:10.14419/ijet.v7i2.27.9942