Main Article Content
Abstract
Background: Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat kegiatan pembelajaran berlangsung secara daring. Perubahan sistem pembelajaran tersebut berdampak pada menurunnya motivasi sebagian siswa terhadap pembelajaran. Segala upaya dilakukan guru untuk dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu media digital yang sejak dulu banyak dikenal tapi belum banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah GIF. Inovasi penggunaan GIF sebagai media evaluasi diduga dapat meningkatkan motivasi siswa. Peningkatan perspektif guru terhadap penggunaan GIF diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode: Mitra dalam kegiatan pengabdian tahun ini adalah Guru IPA yang tergabung dalam MGMP Guru IPA di Kabupaten Bekasi sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey disertai dengan metode webinar, data motivasi belajar siswa dari perspektif guru diukur menggunakan instrumen TASC (Teacher' as social context) yang diberikan secara pretest dan postest. Hasil: Berdasarkan data pre-test dan post-test yang diperoleh dari 65 orang responden terlihat bahwa ada peningkatan sebanyak 0,035 poin motivasi belajar siswa dalam perspektif guru. Skor rata-rata untuk masing-masing butir pernyataan berada pada kisaran 2,9-3,0 maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa sudah cukup baik dilihat dari perspektif guru mengenai perilaku mereka dalam melakukan pembelajaran. Kesimpulan: Terjadi peningkatan motivasi siswa dalam perspektif guru terhadap penggunaan GIF sebagai media evaluasi dalam pembelajaran IPA.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Achmat, Z. (2005). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005/2006.
- Ankersborg, B. V. (2020). Webinar : Methodology.
- Bakhshi S, Shamma DA, Kennedy L, Song Y, de Juan P, K. J. (2016). Fast, cheap, and good: Why animated GIFs engage us. Proceedings of the 2016 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems., 575–586.
- Bulbul MÅž, I. Åž. (2015). Matematik egitiminde kullanilabilecek bazi gif animasyonlarindaki gorsel ve egitsel ozellikler. Sustainable and Accessible Sci. Educ. Magazine, 11–20.
- Esra, A., Åžukru, I., & Soner, K. (2017). Evaluation of use of Graphics Interchange Format (GIF) animations in mathematics education. Educational Research and Reviews, 12(23), 1112–1119. https://doi.org/10.5897/err2017.3369
- Fowlie, J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. [Internet]. http://www.herts.ac.uk
- Greenway, R. (2005). Experiential Learning Cycles.
- Iglesias-Garcíaa, M.-T., Maulana, R., Fernández-Garcíaa, C.-M., & García-Pérez, O. (2019). Psicología Educativa Teacher as Social Context ( TASC ) Questionnaire in the Spanish Setting : Psicología Educativa, 25(2), 1–10.
- Karadogan S, A. H. (2004). Cografya egitiminde etkilesimli coklu ortam (mm) uygulamalari, animasyonlar ve onemi. East Geography Magazine., 247–306.
- Maruya T, Tano SI, H. T. (2016). Preliminary quantitative evaluation of effect of learning from text, illustrations, and animations on understanding. International Conference on Human-Computer Interaction., 249–253.
- Murphy, E., & Rodriguez-Manzanares, M. A. (2009). Teachers' Perspectives on Motivation in High-School Distance Education. International Journal of E-Learning & Distance Education, 23(3), 1–24.
- Skinner, E., Belmont, M. J., Lynch, M., Mellor-crummey, C., Miserandino, M., Patrick, B., Regan, C., Wellborn, J., & Usinger, P. (1993). skinner1993Motivation in the Classroom.pdf. 85(4), 571–581.
References
Achmat, Z. (2005). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005/2006.
Ankersborg, B. V. (2020). Webinar : Methodology.
Bakhshi S, Shamma DA, Kennedy L, Song Y, de Juan P, K. J. (2016). Fast, cheap, and good: Why animated GIFs engage us. Proceedings of the 2016 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems., 575–586.
Bulbul MÅž, I. Åž. (2015). Matematik egitiminde kullanilabilecek bazi gif animasyonlarindaki gorsel ve egitsel ozellikler. Sustainable and Accessible Sci. Educ. Magazine, 11–20.
Esra, A., Åžukru, I., & Soner, K. (2017). Evaluation of use of Graphics Interchange Format (GIF) animations in mathematics education. Educational Research and Reviews, 12(23), 1112–1119. https://doi.org/10.5897/err2017.3369
Fowlie, J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. [Internet]. http://www.herts.ac.uk
Greenway, R. (2005). Experiential Learning Cycles.
Iglesias-Garcíaa, M.-T., Maulana, R., Fernández-Garcíaa, C.-M., & García-Pérez, O. (2019). Psicología Educativa Teacher as Social Context ( TASC ) Questionnaire in the Spanish Setting : Psicología Educativa, 25(2), 1–10.
Karadogan S, A. H. (2004). Cografya egitiminde etkilesimli coklu ortam (mm) uygulamalari, animasyonlar ve onemi. East Geography Magazine., 247–306.
Maruya T, Tano SI, H. T. (2016). Preliminary quantitative evaluation of effect of learning from text, illustrations, and animations on understanding. International Conference on Human-Computer Interaction., 249–253.
Murphy, E., & Rodriguez-Manzanares, M. A. (2009). Teachers' Perspectives on Motivation in High-School Distance Education. International Journal of E-Learning & Distance Education, 23(3), 1–24.
Skinner, E., Belmont, M. J., Lynch, M., Mellor-crummey, C., Miserandino, M., Patrick, B., Regan, C., Wellborn, J., & Usinger, P. (1993). skinner1993Motivation in the Classroom.pdf. 85(4), 571–581.