Main Article Content

Abstract

Background: Guru atau dosen telah berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumberpucung. 95% guru belum memahami cara menuliskan transkrip video pembelajaran. Tujuan pendampingan untuk menyusun transkrip pembelajaran berbasis Lesson study learning community (LS-LC): matapelajaran Biologi, Bahasa dan IPS. Metode: Pelaksanaan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, metode workshop, dan simulasi yang diikuti oleh 12 orang guru biologi, bahasa dan  IPS. Tahapan workshop dan simulasi: 1). Materi tentang guru reflektif berbasis LS-LC, 2). Contoh transkrip pembelajaran. 2). Simulasi 3). Evaluasi dan Analisis data. Hasil: Jumlah percakapan guru/siswa yang dituliskan di transkrip mata pelajaran Biologi ada 95, Bahasa ada 35, IPS ada 29. Pola pembelajaran linier. Mata pelajaran Biologi ke arah student center, mata pelajaran Bahasa ke teacher center dan IPS ke student center. Kesimpulan: Guru SMA Negeri 1 Sumberpucung paham membuat transkrip dan merefleksi pembelajaran.

Keywords

Learning transcript LSLC Reflective Teacher Assistance LSLC Pendampingan Guru Reflektif Transkrip Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Eko Susetyarini, Ainur Rofieq, Roimil Latifa, & Endrik Nurrohman. (2022). Pendampingan Guru Reflektif untuk Pembuatan Transkrip Pembelajaran di SMAN Malang. Jurnal SOLMA, 11(1), 175–182. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.7842

References

  1. Aminati, Sri, Winarti, Atiek, Sholahuddin, Arif, Syahmani, & Wati, Mustika. 2020. Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11 (2): 149-163.
  2. Anonim, 2017. Data SMAN 1 Sumberpucung, Kabupaten Malang
  3. Anonim, 2019. Nadiem Makarim Menggagas Guru Penggerak. Tempo. 25 Agustus 2019.
  4. Dewi, L. 2017. Designing Online Learning In Higher Education Institution: Case Study In Curriculum And Instruction Course At Indonesia University Of Education. Edutech, 16 (2): 205-2021.
  5. Hajar, M.U. 2019.Analisis Pola Dialog Pembelajaran IPA Menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Di Salah Satu SMP Kota Bandung. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung
  6. Mutian., Abbas, Ersis, Warmansyah., Syaharuddin., Heri Susanto. 2020. Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3 (2): 113-122, doi: https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
  7. Peter, Westwood, (2008) What Teachers Need to Know about Teaching Methods: Victoria, Acer Press Australi
  8. Sabaniah, Siti., Ramdhan, Dadan., Rohmah, Siti Khozanatu. 2021. Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1):43-54.
  9. Sato, M. 2014. Mereformasi Sekolah. Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Pelita. JICA
  10. Soleh, Ahmad., Pramono., Suratno. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya. JURNAL PTM, 9(2):57-64.
  11. Susetyarini E, Rofieq, Latifa, 2017. Implementasi Lesson Study Learning Community di SMAN 1 Sumberpucung. Laporan Pengabdian. DPPM-UMM.
  12. Susetyarini, E dan Latifa, R. 2019. Pendampingan Tokatsu LS-LC di SMPM 8 Kota Batu. Laporan PPMI. DPPM-UMM.
  13. Susetyarini, E; Rofieq, A.N, Latifa, R. 2018. Implementasi Lesson Stuy for Learning community Guru-Guru SMPM 8 Kota Batu. Laporan PPMI. DPPM. UMM
  14. Triyono, M. Bruri. 2011. Student Center Learning Aplikasi di Laboratorium/Bengkel Disampaikan pada Pelatihan SCL Politeknik Negeri Bali di Denpasar-Juni 2011. FT / PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
  15. Uno, Hamzah B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)