Main Article Content

Abstract

Background: Guru atau dosen telah berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumberpucung. 95% guru belum memahami cara menuliskan transkrip video pembelajaran. Tujuan pendampingan untuk menyusun transkrip pembelajaran berbasis Lesson study learning community (LS-LC): matapelajaran Biologi, Bahasa dan IPS. Metode: Pelaksanaan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, metode workshop, dan simulasi yang diikuti oleh 12 orang guru biologi, bahasa dan  IPS. Tahapan workshop dan simulasi: 1). Materi tentang guru reflektif berbasis LS-LC, 2). Contoh transkrip pembelajaran. 2). Simulasi 3). Evaluasi dan Analisis data. Hasil: Jumlah percakapan guru/siswa yang dituliskan di transkrip mata pelajaran Biologi ada 95, Bahasa ada 35, IPS ada 29. Pola pembelajaran linier. Mata pelajaran Biologi ke arah student center, mata pelajaran Bahasa ke teacher center dan IPS ke student center. Kesimpulan: Guru SMA Negeri 1 Sumberpucung paham membuat transkrip dan merefleksi pembelajaran.

Keywords

Learning transcript LSLC Reflective Teacher Assistance LSLC Pendampingan Guru Reflektif Transkrip Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Eko Susetyarini, Ainur Rofieq, Roimil Latifa, & Endrik Nurrohman. (2022). Pendampingan Guru Reflektif untuk Pembuatan Transkrip Pembelajaran di SMAN Malang. Jurnal SOLMA, 11(1), 175–182. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.7842

References

Read More

Most read articles by the same author(s)