Main Article Content
Abstract
Background: Dosen Pendidikan Biologi UMM dan Guru SMPN 1 Sumberpucung telah berkolaborasi mengimplementasikan LS-LC. Namun, masih ditemukan beberapa kendala. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Guru Penggerak dalam analisis penyusunan transkrip dan aliran dialog pembelajaran. Metode: Kegiatan ini dilakukan melalui Workshop dan pendampingan yang diikuti oleh 11 guru (Biologi, Bahasa Indonesia, Sosiologi) yang dilaksana pada Juni 2021-Februari 2022. Tahapan kegiatan meliputi 1). Workshop: pemberian materi tentang aplikasi adobe premier pro, penyusunan analisis transkrip pembelajaran, 2). Pendampingan: pengembangan dan pemanfaatan video pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil: 1) Guru memiliki keterampilan menggunakan aplikasi adobe premiere pro, 2) terwujudnya 3 aliran dialog pembelajaran berbasis LS-LC student center berbasis praktik, 3) terwujudnya 3 video pembelajaran yaitu: (1) Biologi, materi keanekaragaman hayati kelas X, (2) Bahasa Indonesia, materi teks prosedur kelas X, dan (3) Sosiologi, materi kelompok sosial kelas XI. Video berisi pendahuluan, isi materi, dan penutup. Kesimpulan: Guru dapat menyusun analisis transkrip dan aliran dialog pembelajaran berbasis LS-LC serta mengembangkan video pembelajaran menggunakan adobe premiere pro. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pemanfaatan video pembelajaran dengan melibatkan peserta didik pada saat pembelajaran sesuai dengan materi yang telah dikembangkan oleh guru.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arasteh, H. R., & Khojasteh, S. (2017). The Role of Academic Transcript Analysis In Student Counseling. Journal of Educational and Social Research, 7(4): 69-73. https://doi.org/10.30653/001.202371.247
- Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1): 11-18.
- Apriono, Djoko. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. DIKLUS Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1): 292-304.
- Baker, R. S. (2014). Transcript Analysis For Learning Analytics. In Proceedings Of The Fourth International Conference On Learning Analytics And Knowledge (pp. 84-88).
- Dwipangestu, R., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
- Friesen, N. (2017). The Benefits Of Transcript Analysis For Learning Analytics. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1): 1-13.
- Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1): 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
- Harmer, J. (2007). How to Teach English. England: Longman, Pearson Education.
- Hardianti & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1(2): 123-130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v7i1
- Hikmawati. (2020). Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2): 108-112. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.44
- Laksanawati, Wahyu Dian., Burhendi, Feli Cianda Adrin., Aldi, Ahmad., Nyai, Suminten. (2021). Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2): 42-48 https://doi.org/10.51214/japamul.v1i2.113
- Laal, M., dan Seyed, Mohammad. (2011). Benefits of Collaborative Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31 (2012) 486 – 490.
- Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1): 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
- Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2): 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
- Prastiwi, R. (2018). Pengobatan Tradisional (Jamu) dalam Perawatan Kesehatan Ibu. Jurnal Siklus, 7(1), 263–267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30591/siklus.v7i1.745
- Romero, C., & Ventura, S. (2017). Educational Data Science In Massive Open Online Courses. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 7(1), e1199.
- Rejeki, S. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga dalam Pengelolaan Pembelajaran Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1) : 54-60. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2318
- Shute, V. J. (2011). Stealth Assessment In Computer-Based Games To Support Learning. In Computer Games and Team and Individual Learning (pp. 35-54). Springer US.
- Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil., Nurrohman, Endrik. (2022). Pendampingan Guru Reflektif untuk Pembuatan Transkrip Pembelajaran Di SMAN Malang. Jurnal Solma, 11 (1): 175-182. Doi: https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.7842
- Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2017). Implementasi Lesson Study Learning Community di SMAN 1 Sumberpucung. Laporan Pengabdian. DPPM-Univeritas Muhammadiyah Malang.
- Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2018). Implementasi Lesson Stuy for Learning community Guru-Guru SMPM 8 Kota Batu. Laporan PPMI. DPPM-Univeritas Muhammadiyah Malang.
- Soleh, Ahmad., Pramono., Suratno. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya. JURNAL PTM, 9(2):57-64. https://doi.org/10.15294/jptm.v9i2.200
References
Arasteh, H. R., & Khojasteh, S. (2017). The Role of Academic Transcript Analysis In Student Counseling. Journal of Educational and Social Research, 7(4): 69-73. https://doi.org/10.30653/001.202371.247
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1): 11-18.
Apriono, Djoko. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. DIKLUS Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1): 292-304.
Baker, R. S. (2014). Transcript Analysis For Learning Analytics. In Proceedings Of The Fourth International Conference On Learning Analytics And Knowledge (pp. 84-88).
Dwipangestu, R., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
Friesen, N. (2017). The Benefits Of Transcript Analysis For Learning Analytics. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1): 1-13.
Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1): 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Harmer, J. (2007). How to Teach English. England: Longman, Pearson Education.
Hardianti & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1(2): 123-130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v7i1
Hikmawati. (2020). Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2): 108-112. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.44
Laksanawati, Wahyu Dian., Burhendi, Feli Cianda Adrin., Aldi, Ahmad., Nyai, Suminten. (2021). Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2): 42-48 https://doi.org/10.51214/japamul.v1i2.113
Laal, M., dan Seyed, Mohammad. (2011). Benefits of Collaborative Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31 (2012) 486 – 490.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1): 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2): 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
Prastiwi, R. (2018). Pengobatan Tradisional (Jamu) dalam Perawatan Kesehatan Ibu. Jurnal Siklus, 7(1), 263–267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30591/siklus.v7i1.745
Romero, C., & Ventura, S. (2017). Educational Data Science In Massive Open Online Courses. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 7(1), e1199.
Rejeki, S. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga dalam Pengelolaan Pembelajaran Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1) : 54-60. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2318
Shute, V. J. (2011). Stealth Assessment In Computer-Based Games To Support Learning. In Computer Games and Team and Individual Learning (pp. 35-54). Springer US.
Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil., Nurrohman, Endrik. (2022). Pendampingan Guru Reflektif untuk Pembuatan Transkrip Pembelajaran Di SMAN Malang. Jurnal Solma, 11 (1): 175-182. Doi: https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.7842
Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2017). Implementasi Lesson Study Learning Community di SMAN 1 Sumberpucung. Laporan Pengabdian. DPPM-Univeritas Muhammadiyah Malang.
Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2018). Implementasi Lesson Stuy for Learning community Guru-Guru SMPM 8 Kota Batu. Laporan PPMI. DPPM-Univeritas Muhammadiyah Malang.
Soleh, Ahmad., Pramono., Suratno. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya. JURNAL PTM, 9(2):57-64. https://doi.org/10.15294/jptm.v9i2.200