Main Article Content
Abstract
Background: Guru Bahasa dan IPS belum pernah secara kolaboratif berdiskusi dengan guru serumpun ilmu dan dosen pendamping dalam perencanaan (plan), pelaksanaan (do/open class) dan refleksi (see) pembelajaran. Belum pernah mengimplementasikan Lesson study-learning comunity. Tujuan kegiatan ini untuk mengimplementasikan LS-LC pada guru Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan IPS di SMPM 8 Kota Batu. Metode: Pendampingan dan evaluasi yang diikuti oleh 3 orang guru dari SMPM 8 kota Batu dilakukan dengan metode workshop. Dilaksanakan pada bulan November 2022-Januari 2023. Tahapan meliputi 1). Workshop: Pemberian materi LS-LC, 2). Pendampingan: pembuatan lesson design, open class 3 mapel, refleksi 3 mata pelajaran dan 3) evaluasi: tentang pelaksanaan LS-LC dengan cara FGD dengan guru model, dosen dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara deskriptif Hasil: Guru memahami LS-LC, saat pendampingan dihasilkan lesson design, terlaksananya 2 siklus open class dan refleksi dari mapel bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan IPS. Ada peningkatan presentase refleksi peserta didik mengenai perasaan senang saat pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2: mapel bahasa Indonesia 20%; mapel bahasa Inggris 70% dan mapel IPS 20%. Kesimpulan: Guru dapat (1) membuat Lesson design, (2) melakukan open class, (3) melakukan see (refleksi) mendiskusikan temuan-temuan belajar peserta didik yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran berikutnya.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Hasan, R., Risnanosanti, Irwandi., Nopriyeni. (2021). Peningkatan Profesional
- Guru melalui Diseminasi LSLC di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Surya
- Abdimas, 5(1), 33-40 DOI: https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.882
- Hendayana, et al.,. 2006. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEPJICA). Bandung: UPI Press.
- Hikmawati., Ramdani, Agus., Hadiprayitno, Gito, Muntari., Haris, Mukhtar. (2020). Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia 2020, 2 (2): 108-112. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.44
- Jacob. C. (2006). Peranan Observer Dalam Lesson Study (Suatu Telaah Teoretis Dan Praktis). Jurnal Pengajaran MIPA, 8(1):11-30
- Kemdikbud, 2015. Daftar Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/rencana-pelaksanaan-pembelajaran. Diakses 22 Januari 2023.
- Kasiman. (2020). Komunitas Belajar Guru Penggerak Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Secara Berkelanjutan. Pusat Pendidikan Dan Latihan Kepemimpinan Aparatur Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
- Lewis, C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.
- Memorota, Andelson; Santoso, Djoko. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit Personal Komputer Menggunakan Structured Dyadic Methods (SDM). Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri.
- Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Mustadi, Ali. (2018). Reformasi Sekolah melalui Learning Community based Lesson Study (LCLS) di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1):9-15. DOI : https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2311
- Nikmah, Ayu Dewi Azizatun. (2016). Pengaruh Persepsi Orang Tua Siswa tentang Mutu Sekolah terhadap Minat Masyarakat di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Semarang. Thesis UIN Walisongo. http:// eprints.walisongo.ac.id/6653/
- Purwati, Endang., Kapraja, Sangadji. (2020). Kolaborasi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Praktik Lesson Study for Learning Community di SMK Pembangunan Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1):35-40. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.3627414
- Ratnawati, D; S. Purnomo; N.A. Handoyo, 2020. Membanguna Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Mellaui LS-LC. Addimas Dwantara. 3(1): 73-80. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352
- Rini, Ambar Prisetia. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSlC), Jurnal Ilmu Agama Islam. 25-38
- Rejeki, Sri., Humaira., Maryani, Sri., Nizar. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga Dalam Pengelolaan Pembelajaran Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1):54-60. DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2318
- Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2021a) Pendampingan Lesson Study For Learning Community Sebagai Perwujudan Merdeka Belajar Di Sma Muhammadiyah Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 3(2):138-148. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.535
- Susetyarini, Eko., R Latifa, E. Nurrohman, A K Ibrahim, S Wahyuni, dan Husamah, 2021b. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online Pada Materi Peredaran Darah Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi (9):2. 639-650. DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4640
- Susetyarini, E., S Wahyuni, R Latifa, C.Putri dan F.J. Miharja, 2021c. Collaborative Learning Design: An Innovation through Sharing and Jumping Tasks. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan. (6):1. 39-49. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1321
- Susetyarini, E, S. Wahyuni, Latifa, 2020.Pendampingan Guru Reflektif berbasis Lesson Study Learning Community di SMPM 8 Kota Batu. Laporan Pengabdian. DPPM-UMM.
- Susetyarini, Eko., Miharja, Fuad Jaya. (2017). The Implementation of Lesson Study-Learning Community for Prospective Biology Teachers, Int. J. Adv. Res. 5(10), 1228-1235. DOI: https://doi.org/110.21474/IJAR01/5641
- Sriyanto, Joko. (2007). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study, JPTK. 16(1): 95-116.
- Sekar, Ratu Yunita., Kamarubiani, Nike. (2020). Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar Dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1):10-15.
- Suparno. (2004). Peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
- Usman, Husaini. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Tangi, Hironimus., Mamulak, Natalia M., Tinenti, Yanti R. (2020). Pemberdayaan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Media Screencast Omatic Melalui Sistem LSLC. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 4(2):146-152. doi: https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2039
- Triatna, Cepi. (2015). Membangun Komunitas Belajar Profesional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1):37-46
References
Hasan, R., Risnanosanti, Irwandi., Nopriyeni. (2021). Peningkatan Profesional
Guru melalui Diseminasi LSLC di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Surya
Abdimas, 5(1), 33-40 DOI: https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.882
Hendayana, et al.,. 2006. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEPJICA). Bandung: UPI Press.
Hikmawati., Ramdani, Agus., Hadiprayitno, Gito, Muntari., Haris, Mukhtar. (2020). Sosialisasi Lesson Study for Learning Community (LSLC) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA di SMP Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia 2020, 2 (2): 108-112. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.44
Jacob. C. (2006). Peranan Observer Dalam Lesson Study (Suatu Telaah Teoretis Dan Praktis). Jurnal Pengajaran MIPA, 8(1):11-30
Kemdikbud, 2015. Daftar Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/rencana-pelaksanaan-pembelajaran. Diakses 22 Januari 2023.
Kasiman. (2020). Komunitas Belajar Guru Penggerak Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Secara Berkelanjutan. Pusat Pendidikan Dan Latihan Kepemimpinan Aparatur Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Lewis, C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.
Memorota, Andelson; Santoso, Djoko. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit Personal Komputer Menggunakan Structured Dyadic Methods (SDM). Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri.
Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustadi, Ali. (2018). Reformasi Sekolah melalui Learning Community based Lesson Study (LCLS) di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1):9-15. DOI : https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2311
Nikmah, Ayu Dewi Azizatun. (2016). Pengaruh Persepsi Orang Tua Siswa tentang Mutu Sekolah terhadap Minat Masyarakat di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Semarang. Thesis UIN Walisongo. http:// eprints.walisongo.ac.id/6653/
Purwati, Endang., Kapraja, Sangadji. (2020). Kolaborasi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Praktik Lesson Study for Learning Community di SMK Pembangunan Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1):35-40. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.3627414
Ratnawati, D; S. Purnomo; N.A. Handoyo, 2020. Membanguna Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Mellaui LS-LC. Addimas Dwantara. 3(1): 73-80. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352
Rini, Ambar Prisetia. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSlC), Jurnal Ilmu Agama Islam. 25-38
Rejeki, Sri., Humaira., Maryani, Sri., Nizar. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga Dalam Pengelolaan Pembelajaran Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1):54-60. DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2318
Susetyarini, Eko., Rofieq, Ainur., Latifa, Roimil. (2021a) Pendampingan Lesson Study For Learning Community Sebagai Perwujudan Merdeka Belajar Di Sma Muhammadiyah Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 3(2):138-148. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.535
Susetyarini, Eko., R Latifa, E. Nurrohman, A K Ibrahim, S Wahyuni, dan Husamah, 2021b. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online Pada Materi Peredaran Darah Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi (9):2. 639-650. DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4640
Susetyarini, E., S Wahyuni, R Latifa, C.Putri dan F.J. Miharja, 2021c. Collaborative Learning Design: An Innovation through Sharing and Jumping Tasks. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan. (6):1. 39-49. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1321
Susetyarini, E, S. Wahyuni, Latifa, 2020.Pendampingan Guru Reflektif berbasis Lesson Study Learning Community di SMPM 8 Kota Batu. Laporan Pengabdian. DPPM-UMM.
Susetyarini, Eko., Miharja, Fuad Jaya. (2017). The Implementation of Lesson Study-Learning Community for Prospective Biology Teachers, Int. J. Adv. Res. 5(10), 1228-1235. DOI: https://doi.org/110.21474/IJAR01/5641
Sriyanto, Joko. (2007). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study, JPTK. 16(1): 95-116.
Sekar, Ratu Yunita., Kamarubiani, Nike. (2020). Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar Dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1):10-15.
Suparno. (2004). Peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Usman, Husaini. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Tangi, Hironimus., Mamulak, Natalia M., Tinenti, Yanti R. (2020). Pemberdayaan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Media Screencast Omatic Melalui Sistem LSLC. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 4(2):146-152. doi: https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2039
Triatna, Cepi. (2015). Membangun Komunitas Belajar Profesional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1):37-46