Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: UKM "Nabil Collection” merupakan UKM yang terdampak akibat pembatasan aktifitas diluar rumah. UKM "Nabil Collection” selama ini menjual produk pakaian berupa kemeja secara konvensional sehingga ketika ada kebijakan pembatasan aktifitas diluar rumah penjualan produknya menjadi menurun. Literasi ini dilakukan agar UKM "Nabil Collection” memiliki kemampuan untuk melakukan pengemasan produk, pentingnya merk dagang dan memilih media pemasaran secara tepat sesuai dengan sasaran pasar produk. Metode: Literasi kepada pemilik UKM” Nabil Collection” dengan memberikan modul aspek-aspek pemasaran produk kemeja. Hasil: Peningkatan pengetahuan pemilik UKM” Nabil Collection” tentang pengemasan produk, merk dagang, dan media pemasaran secara online dengan sosial media. Kesimpulan: Literasi aspek pemasaran ini menambah pengetahuan pemilik UKM” Nabil Collection” mengetahui pengemasan produk yang lebih kreatif, menyadari pentingnya merk dagang, harga produk kemeja lebih bersaing dan mencoba alternatif media pemasaran berbasis sosial media untuk meningkatkan penjualan produk dimasa pembatasan aktifitas diluar rumah.
Kata Kunci
Rincian Artikel
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Alinegoro, I. H., Naibaho, H., & Oliandes, S. (2014). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (X) S.M.L di Surabaya. Jurnal GEMA AKTUALITA, 3(1), 32–43.
- BPS. (2020). Pekalongan dalam angka tahun 2020. BPSkotaPekalongan.go.id.
- Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi Dan Kreativitas). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 20(2), 142–149.
- Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
- Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
- Gugup, K. (2011). Bisnis Pengantar. BPFE.
- Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014
- Kominfo. (2021). Pengguna internet di Indonesia sebanyak 63 Juta orang. https://kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker
- Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip–Prinsip Manajemen Pemasaran. In Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.
- Lastianto, A., Pradhanawati, A., & Widiartanto. (2016). Pengaruh Promosi, intensitas persaingan dan kebijakan produk terhadap kinerja pemasaran Bandeng Presto pada sentra Usaha Bandeng Presto Kelurahan Tambakrejo Semarang. Ilmu Administrasi Bisnis, 1–7.
- Mangolda, W. G., & Faulds, D. J. (2009). No TitleSocial media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
- Mardiatmi, A. B. D., & Pinem, D. (2020). Literasi promotional mix pada UKM-UKM di kota Depok, Jawa Barat. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.35912/jpm.v1i2.89
- Monigir, L., Mandey, S. L., & W., O. I. (2016). Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Multi Mart Ranotana Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(4). https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14533
- Nurseto, S. (2018). Pengaruh saluran distribusi dan promosi terhadap kinerja pemasaran (Studi Kasus pada UKM furniture Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103. https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22695
- Silvana. (2012). Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix (Studi Kasus pada PT. Batik Danar Hadi). Jurnal Ilmiah Widya Teknika, 20(1), 55–62. https://doi.org/10.31328/jwt.v20i1.8
Referensi
Alinegoro, I. H., Naibaho, H., & Oliandes, S. (2014). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (X) S.M.L di Surabaya. Jurnal GEMA AKTUALITA, 3(1), 32–43.
BPS. (2020). Pekalongan dalam angka tahun 2020. BPSkotaPekalongan.go.id.
Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi Dan Kreativitas). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 20(2), 142–149.
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gugup, K. (2011). Bisnis Pengantar. BPFE.
Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014
Kominfo. (2021). Pengguna internet di Indonesia sebanyak 63 Juta orang. https://kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip–Prinsip Manajemen Pemasaran. In Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.
Lastianto, A., Pradhanawati, A., & Widiartanto. (2016). Pengaruh Promosi, intensitas persaingan dan kebijakan produk terhadap kinerja pemasaran Bandeng Presto pada sentra Usaha Bandeng Presto Kelurahan Tambakrejo Semarang. Ilmu Administrasi Bisnis, 1–7.
Mangolda, W. G., & Faulds, D. J. (2009). No TitleSocial media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
Mardiatmi, A. B. D., & Pinem, D. (2020). Literasi promotional mix pada UKM-UKM di kota Depok, Jawa Barat. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.35912/jpm.v1i2.89
Monigir, L., Mandey, S. L., & W., O. I. (2016). Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Multi Mart Ranotana Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(4). https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14533
Nurseto, S. (2018). Pengaruh saluran distribusi dan promosi terhadap kinerja pemasaran (Studi Kasus pada UKM furniture Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103. https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22695
Silvana. (2012). Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix (Studi Kasus pada PT. Batik Danar Hadi). Jurnal Ilmiah Widya Teknika, 20(1), 55–62. https://doi.org/10.31328/jwt.v20i1.8
