Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi dan revolusi industry 4.0 telah mengantarkan para pelaku UKM untuk berbenah dalam mengelola usahanya. Digitalisasi pemasaran merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan kemajuan teknologi internet untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa kepada konsumen yang membutuhkan. Kegiatan PKM tentang digitalisasi pemasaran melalui sosial media adalah memberikan peningkatan pemahaman, dan ketrampilan pemasaran melalui sosial media untuk mendukung keberlangsungan usaha UKM. Metode: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan bagi para pelaku UKM yang ada di Desa Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Metode pelaksanaan menggunakan survey pendahuluan, observasi, game, diskusi interaktif dan kuesioner. Kegiatan diikuti oleh dua puluh lima pelaku UKM. Hasil: Pelaku UKM memperoleh pemahaman tentang konsep digitalisasi pemasaran dan implementasinya. Pelaku UKM memiliki ketrampilan untuk mendesain konten produk-produknya di sosial media. Pelaku UKM memiliki ketrampilan mengoperasionalkan sosial media untuk keperluan pemasaran produk usahanya. Kesimpulan: Pelaku UKM mampu meningkatkan penggunaan sosial media untuk pemasaran produk sehingga mendukung keberlangsungan usahanya.

Keywords

Digital Marketing Social Media Skills Keterampilan Media Sosial Pemasaran Digital

Article Details

How to Cite
Ardianingsih, A., & Sulistiyaningsih, R. (2023). Edukasi Digitalisasi Pemasaran: Keberlangsungan Usaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal SOLMA, 12(1), 113–121. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10336

References

Read More