Main Article Content

Abstract

Background: Aktivitas riset dan praktikum di bidang fisiologi hewan membutuhkan beberapa peralatan yang menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan tersebut. Pengetahuan tentang alat-alat terkait bidang fisiologi hewan, termasuk teknik menggunakan mutlak diketahui dan dipahami. Tujuan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop daring ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru sains SMP/SMA setingkat dan muridnya dalam mengetahui dan memahami peralatan-peralatan yang terkait bidang fisiologi hewan baik untuk keperluan penelitian atau praktikum. Sasaran kegiatan ini adalah guru sains dan siswa dari beberapa daerah di Indonesia. Metode: Kegiatan diadakan melalui media zoom meeting, video demo penggunaan alat dan diskusi interaktif yang diikuti oleh 60 peserta, terdiri dari guru dan murid. Materi yang disampaikan adalah alat-alat penunjang penelitian dan praktikum bidang fisiologi, teknik penggunaan, serta video demo live serta diskusi interaktif. Hasil: Untuk mengukur keberhasilan program pengabdian ini, peserta workshop daring melakukan pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan rata-rata 52,91 (pre-test) dan 72,86 (post-test). Terdapat peningkatan pengetahuan dan wawasan peserta workshop daring peralatan fisiologi hewan sebesar 19,95 poin. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta workshop daring tentang peralatan fisiologi hewan untuk menunjang penelitian dan praktikum.

Keywords

Fisiologi hewan Guru sains Pengabdian Workshop Animal physiology Devotion Science Teacher Workshop

Article Details

How to Cite
Nugroho, R., Patang, F., Yanti Puspita Sari, Linda Oktavianingsih, Dwi Susanto, Samsurianto, S., Rudianto, R., Widha Prahastika, Maya Dewi Norani, Nadhifa Aurelia Wirawan, & Nawwar Mardianto. (2021). Workshop Daring Peralatan Fisiologi Hewan Penunjang Penelitian dan Praktikum Bagi Guru Sains . Jurnal SOLMA, 10(2), 248–255. https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.6703

References

  1. Abidin, K. R., Astuti, P., Mufidah, Z., Sukandiarsyah, F., & Amalia, P. (2021). Edukasi secara daring tentang pemanfaatan moodle untuk guru dan dosen selama pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat 1: 24-28.
  2. Ameri, M., Schnaars, H. A., Sibley, J. R., & Honor, D. J. (2011). Stability of hematologic analytes in monkey, rabbit, rat, and mouse blood stored at 4 C in EDTA using the ADVIA 120 hematology analyzer. Veterinary clinical pathology 40: 188-193.
  3. Anindita, R., Soeprobowati, T. R., & Suprapti, N. H. (2012). Potensi teh hijau (Camelia sinensis L.) dalam perbaikan fungsi hepar pada mencit yang diinduksi monosodium glutamat (MSG). Anatomi dan Fisiologi 20: 15-23.
  4. Arantes-Rodrigues, R., Henriques, A., Pinto-Leite, R., Faustino-Rocha, A., Pinho-Oliveira, J., Teixeira-Guedes, C., Seixas, F., Gama, A., Colaco, B., & Colaco, A. (2012). The effects of repeated oral gavage on the health of male CD-1 mice. Lab animal 41: 129-134.
  5. Astuti, Y., & Suciati, R. (2017). Profil kemampuan mahasiswa calon guru biologi dalam mengomunikasikan hasil praktikum fisiologi hewan. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6: 115-124.
  6. Fukuda, T., Asou, E., Nogi, K., & Goto, K. (2017). Evaluation of mouse red blood cell and platelet counting with an automated hematology analyzer. Journal of Veterinary Medical Science: 17-0387.
  7. Hendrantoro, G., Mukti, P. H., Kuswidiastuti, D., Handayani, P., Mauludiyanto, A., Rahayu, S., & Setijadi, E. (2021). Implementasi Workshop Penyegaran bagi Dosen dan Sarjana Bidang Telekomunikasi di Luar Jawa dan Indonesia Timur dengan Kombinasi Metode Daring Sinkron dan Asinkron. SEWAGATI 4: 220-226.
  8. Maftuch, M., Andayani, S., Risjani, Y., Musa, M., Hertika, A. M. S., Supriatin, F. E., & Dailami, M. (2020). Improvement of teaching material and capacity building on laboratory of aquaculture, fish disease division, faculty of fisheries and marine science, Universitas Brawijaya. Journal of Innovation and Applied Technology 6: 1111-1117.
  9. Marina, E., Manurung, H., & Nugroho, R. A. (2015). Uji fitokimia dan antibakteri ekstrak etanol daun balangla (Litsea cubeba (Lour.) Pers.) terhadap bakteri Stapylococcus aureus dan Escherichia coli. In: Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, Samarinda. p 10-15.
  10. Nugroho, R. A., Aryani, R., Manurung, H., & Prameswari, D. (2019). Wound healing potency of Terminalia catappa in mice (Mus musculus). Eurasian Journal of Biosciences 13: 2337-2342.
  11. Nugroho, R. A., Meylianawati, M., Asokawati, O. F., Sari, Y. P., & Hardi, E. H. (2018). The effects of dietary Eleutherine bulbosa on the growth, leukocyte profile, and digestive enzyme activity of the striped catfish Pangasianodon hypophthalmus. Nusantara Bioscience 10: 47-52.
  12. Nugroho, R. A., Rahmadi, A., Islamiati, I., Mustari, A., Salim, M. E., Framita, E., Hidayat, P., Ulum, I. J., & Ismawati, B. M. (2021). Edukasi pencegahan stunting melalui program KKN KLB 46 Universitas Mulawarman di Desa Mulupan, Muara Bengkal, Kutai Timur, Indonesia. Intervensi Komunitas 2.
  13. Permatasari, S., Pujianto, D. A., & Teresa, A. (2020). Pengaruh hormon androgen terhadap ekspresi gen CD52 di epididimis mencit (Mus musculus). Jurnal Kesehatan Andalas 9: 182-188.
  14. Primiani, C. N., & Fitria, A. (2012). Potensi tepung kedelai yang dipaparkan secara berulang terhadap histologi testis mencit (Mus Musculus). In: Prosiding Seminar Biologi
  15. Primiani, N. (2012). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar pada perkuliahan fisiologi hewan. Prosiding Seminas 1.
  16. Quiros, P. M., Goyal, A., Jha, P., & Auwerx, J. (2017). Analysis of mtDNA/nDNA ratio in mice. Current protocols in mouse biology 7: 47-54.
  17. Saputro, R. H. (2021). Pemanfaatan gim edukasi untuk menunjang pembelajaran daring pada sekolah menengah pertama muhammadiyah di kecamatan Ngemplak. AUTOMATA 2.
  18. Setiyowati, P. A. I. (2020). Efek Pericarpium Manggis (Garcinia mangostana L.) Terhadap Protein Spermatozoa Epididimal Mencit Setelah Dipapar 2-Methoxyethanol. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 3: 69-77.
  19. Setyowati, D. L., Nugroho, R. A., & Wiranto, A. (2020). Edukasi cegah kelelahan mata dari pengaruh gadget selama Work From Home (WFH). In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. p 605-612.
  20. Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 5: 67-72.
  21. Walker, M. K., Boberg, J. R., Walsh, M. T., Wolf, V., Trujillo, A., Duke, M. S., Palme, R., & Felton, L. A. (2012). A less stressful alternative to oral gavage for pharmacological and toxicological studies in mice. Toxicology and applied pharmacology 260: 65-69.
  22. Widiastuti, E., Yulianti, Y., Sari, F. C., & Nurfitri, W. (2019). Ekstrak etanol Bauhinia purpurea dan taurine dalam pemulihan fertilitas hiperglikemik mencit jantan. In: Prosiding Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia Ke-55

Most read articles by the same author(s)